10 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung

10 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung – Sistem pencernaan anda mengikuti aliran tertentu. Makanan akan mulai di cerna di mulut kemudian pindah ketenggorokan dan kemudian ke kerongkongan dan perut, kemudian usus kecil dan besar, lalu dikeluarkan dari tubuh anda. Ketika makanan ke arah yang berlawanan, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit. Heartburn alias Maag adalah salah satu kondisi yang menyebabkan makanan dari lambung kembali lagi ke kerongkongan. 

10 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung

10 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung

Permasalah pada lambung rasanya sering dialami oleh banyak orang, dan ada bermacam macam masalah pada lambung , seperti perut kembung, mulas, mual, dan muntah dan masalah seperti itu banyak yang telah mengalaminya, jika anda mengalaminya bisa jadi anda mengalami masalah dengan refluks asam lambung, yaitu saat asam lambung yang berlebih naik dari lambung ke tenggorokan. Beberapa penyebab refluks asam lambung bisa jadi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, beberapa makanan yang dapat menyebabkan asam lambung diantaranya :

1. Cokelat

Bagi anda yang tidak menyukai cokelat tidak masalah untuk menghindari makanan yang satu ini. Namun jika anda sangat menyukai coklat maka anda harus menghindar dari namanya cokelat. Karena coklat dikenal sebagai pemicu gejala asam lambung . Berikut beberapa alasan coklat adalah pemicu lambung.

  • Cokelat mengandung kafein dan stimulan lainnya yaitu theobromine, yang dapat menyebabkan refluks
  • Coklat juga mengandung lemak yang sangat tinggi, dan makanan yang tinggi lemak akan menyebabkan refluks asam lambung
  • Coklat juga tinggi akan cocoa, hal ini juga menyebabkan refluks

Dark chocolate mungkin tidak seburuk milk chocolate yang tinggi akan lemak, namun dua cokelat tersebut  tetap bisa memicu asam lambung.

2. Susu Berlemak Tinggi

Semua makanan yang tinggi lemak sangat besar berpotensi terkena asam lambung baik itu makanan dari susu, mentega, atau keju semua makanan itu memiliki kandungan lemak yang kurang lebih sama tinggi. Dan jika anda adalah penggemar keju dan mentega, serta memiliki asam lambung sebaiknya anda harus berhenti memakan makanan yang tinggi serat. Tetapi anda juga memiliki alternatif menggunakan bahan tersebut sebagai perasa untuk makanan saja, bukan untuk makanan utama.

3. Daging Tinggi Lemak

Anda harus menghindari makanan daging dagingan yang memiliki lemak tinggi secara berlebihan , karena daging yang kita makan akan lama berada dalam lambung sehingga dapat meningkatkan refluks asam lambung. Tetapi anda juga masih membutuhkan nutrisi untuk tubuh, maka dri itu anda bisa memakan daging yang tanpa lemak dan tidak sedikitpun ada lemaknya, dan makan daging cuma satu minggu sekali untuk menghindari dari penyakit asam lambung.

4. Makanan yang digoreng

Makanan makanan yang digoreng juga terbukti dapat menyebabkan refluks asam lambung, karena makanan ini dikaitkan dengan panas lambung dan gejala yang mungkin dialami penderita adalah nyeri di bagian dada, dan selain itu makanan yang di goreng juga dikenal sebagai pemicu kolesterol.

5. Bawang Bombay

Orang yang mengidap asam lambung dan mengonsumsi bawang dapat mengalami pengurangan pH lambung dalam waktu yang cepat dan semakin rendah pH, asam pun semakin tinggi. Efek dari itu akan membuat seseorang dapat menyebabkan sendawa dan mual.

6. Makanan Asam

Meskipun semua buah mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, kadang kadang buah buahan juga dapat memicu asam lambung. Banyak buah yang mengandung kadar asam yang tinggi. Beberapa buah yang dapat menybabkan asam lambung, diantaranya. Lemon, jeruk, dan tomat adalah buah yang dapat asam lambung karena memiliki kandungan asam yang dapat mengganggu keseimbangan pH di perut. Buah dan sayuran yang dapat menambah keasaman dan dapat menyebabkan maag / asam lambung.

7. Makanan dalam porsi besar

Makan dengan berlebihan bisa menyebabkan perut menghasilkan lebih banyak asam lambung yang dapat menumpuk dan mengiritasi kerongkongan anda. Dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering dibandingkan dengan makan sekaligus dalam posi besar karena dapat menyebabkan asam lambung.

8. Kopi dan minuman berkarbonasi

Bagi anda yang suka ngopi sebaiknya anda yang berlebihan dalam mengonsumsi kopi, karena bisa menyebabkan anda terkena asam lambung. Selain kopi juga minuman berkarbonasi seperti soda juga bisa merangsang naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan perut atas.

9. Makanan Pedas

Bagi anda yang sangat menyukai pedas namun anda memiliki maag, sebaiknya anda mengurangi posri ke pedasan anda terhadap makanan karena makanan pedas dapat menambah penumpukan asam dan naiknya asam lambung. Sebaiknya untuk menghindari sakit maag / asam lambung maka anda haarus menghindari makanan dari cabai dan saus pedas.

10. Alkohol

Sama seperti minuman soda, bir, anggur dan minuman keras lainnya dapat menyebabkan peningkatan refluks pada asam lambung. Alkohol di percaya dapat menyebabkan asam lambung dan beberapa minuman yang beralkohol yang tidak terlalu memiliki kandungan asam tinggi. Anda bisa mngonsumsi cukup segelas cocoltail atau anggur tetapi hindari jus jeruk atau soda dalam satu hari tersebut.

Baca Juga : 7 Makanan Sehat Untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Itulah makanan yang dapat menyebabkan terkena asam lambung, dan dari itu mulai sekarang kita harus menghindari makanan dan minuman tersebut agar terhindari dari penyakit asam lambung sebelum terlambat.

10 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung 10 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
10 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung – Sistem pencernaan anda mengikuti aliran tertentu. Makanan akan mulai di cerna di mulut kemudian pindah ketenggorokan dan kemudian ke kerongkongan dan perut, kemudian usus kecil dan...
Berita Gaya Hidup Informasi Kesehatan Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *