Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

tips menurunkan kolesterol

Herbal TV – Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Untuk memiliki tubuh yang sehat, banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari pola makanan sehari-hari sampai dengan rutinitas harian. Sebagian orang dianugerahi kesehatan yang luar biasa sedangkan sebagiannya lagi memiliki berbagai macam keluhan penyakit. Salah satu penyakit yang kerap muncul dikalangan masyarakat Indonesia adalah hipertensi dan tingginya kolesterol dalam tubuh. Memiliki kolesterol yang terlalu tinggi tentu tidak baik bagi kesehatan oleh karena itu diperlukan tips menurunkan kolesterol yang alami dan aman. Dengan doa dan usaha maka bukan tidak mungkin kadar kolesterol akan turun dengan cepat.

Tidak semua kolesterol membahayakan bagi tubuh kita. Kolesterol sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu High-Density Lipoprotein (HDL) dan Low-Density Lipoprotein (LDL). Kolestrol LDL seringkali juga disebut sebagai kolestrol jahat. Kolestrol LDL dapat membentuk plak dalam darah yang nantinya akan sangat membahayakan aliran darah ke otak maupun jantung. Jika plak dalam darah ini tidak segera ditangani makan akan beresiko terkena stroke dan bahkan kematian mendadak. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa kolesterol jahat dapat diturunkan kadarnya dengan mengikuti 10 tips menurunkan kolesterol dibawah ini :

Tips Menurunkan Kolesterol

1. Hindari Makanan Berlemak

Menerapkan gaya hidup sehat melalui pola makanan yang baik sangatlah penting. Untuk menurunkan kolesterol jahat, maka pola makanan rendah lemak harus dilakukan setiap hari. Hindarilah mengkonsumsi terlalu banyak makanan-makanan berlemak seperti daging merah, kulit daging ayam, susu, keju dan lain sebagainya. Bila ingin mengkonsumsinya, konsumsilah dalam jumlah yang terbatas

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung serat memang baik untung tubuh. Makanan berserat juga baik bagi penderita kolesterol dikarenakan serat dapat mengikat kolestrol dalam usus dan menghancurkannya. Oleh karena itu penderita kolesterol disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat setiap harinya.

3. Perhatikan Asupan Karbohidrat

Karbohidrat memang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi pada tubuh kita. Namun mengkonsumsi banyak karbohidrat dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular dan mengingkatkan kadar kolesterol. Untuk itu, pilihlah makanan yang rendah karbohidrat namun tinggi serat seperti gandum utuh, kacang-kacangan dan oatmeal. Jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi sayuran supaya lebih sehat.

4. Rutin Berolahraga

Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga dapat menunjang kesehatan kita secara luar biasa. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga juga dapat menurunkan kolesterol jahat secara signifikan. Bila sedang tidak ada waktu untuk berolahraga, cobalah untuk sering bergerak di lingkungan sekitar supaya tubuh menjadi lebih sehat.

5. Konsistensi

Semua kebiasaan baik diatas harus dilakukan secara konsisten supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Bila tidak dilakukan secara rutin maka kemungkinan kolesterol akan kembali lagi dan lagi. Oleh karena itu anda dapat menggunakan bantuan aplikasi smartphone atau orang terdekat untuk memastikan anda melakukannya secara konsisten.

Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Herbal TV – Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Untuk memiliki tubuh yang sehat, banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari pola makanan sehari-hari sampai dengan rutinitas harian. Sebagian orang dianugerahi kesehatan...
Berita Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *