14 Fakta Tentang Tidur Malam Yang Sangat Menarik

Tidur merupakan kebutuhan umum yang dibutuhkan oleh semua manusia. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, segala macam cara dilakukan. Mulai dari Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur sampai dengan penggunaan suplemen dan vitamin demi menjaga tidur tetap berkualitas. Meskipun tidur merupakan rutinitas alami harian, namun hanya sedikit yang tahu mengenai fakta tentang tidur malam. Fakta-fakta ini menarik untuk dibahas karena selain dapat menambah pengetahuan juga dapat membantu kita memaksimalkan kualitas tidur kita.

fakta tentang tidur malam

14 Fakta Tentang Tidur Malam

Adapun fakta tentang tidur malam yang menarik itu diantaranya :

1. Tidur & Bulan

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang menarik yang menghubungkan antara kualitas tidur manusia dengan fase bulan. Saat terdapat bulan baru yang masih berbentuk sabit, kualitas tidur kita akan baik dan semakin dalam. Namun jika bulan sudah berbentuk full moon, kualitas tidur kita akan memburuk. Hal ini cukup menarik dan para penelitipun belum menemukan apa sebabnya hal itu bisa terjadi

2. Kekurangan Tidur

Normalnya bayi tidur sekitar 16 jam, remaja sekitar 9 jam dan orang dewasa sekitar 7-8 jam. Namun, adakalanya kita mengalami saat-saat kekurangan tidur. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi aktivitas di siang hari. Kita akan merasa cepat lelah dan mengantuk. Saat menjelang tidur pun, orang yang menderita kekurangan tidur akan terlelap dalam waktu kurang dari 5 menit sedangkan orang normal membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit untuk terlelap. Kekurangan tidur juga sangat berbahaya bagi orang-orang yang terbiasa membawa kendaraan setiap harinya.

3. Siklus Kelelahan

Setiap harinya, ada saat-saat kita merasa sangat lelah. Ternyata, manusia akan mengalami kelelahan pada puncaknya pada pukul 2.00 pagi dan pukul 2.00 sore. Itulah sebabnya kita sering merasa lelah dan mengantuk setelah jam istirahat siang.

4. Social Jet Lag ( Sindrom Cepat Lelah Paska Liburan )

Banyak dari kita kesulitan untuk bangun pagi pada hari senin. Ini diakibatkan oleh sindrom cepat lelah setelah liburan akhir pekan. Diakhir pekan orang-orang biasanya menghabiskan waktu sampai larut malam sehingga ia akan merasa lelah pada awal pekan. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk tidak merubah pola tidur pada hari libur anda.

5. Manusia Itu Unik

Manusia merupakan satu-satunya makhluk mamalia yang memiliki keinginan untuk menunda tidur. Mereka akan dengan mudah menunda waktu tidurnya jika ia tidak mau tidur.

6. Insomnia

Insomnia merupakan suatu kondisi dimana penderita kesulitan untuk tertidur. Hal ini disebabkan oleh banyak hal seperti manajemen stres yang buruk, kesedihan yang mendalam, faktor keturunan, sakit, diet dan olahraga berlebihan.

7. Dysania

Apakah kamu orang yang sangat sulit mengangkat tubuh dari kasur di pagi hari? Mungkin kamu terkena penyakit dysania. Dysania sendiri merupakan keadaan dimana seseorang sangat kesulitan untuk bangun dari tempat tidur. Hal ini dikarenakan faktor stres, kekurangan nutrisi dan penyebab lainnya.

8. Bangun Tengah Malam

Pada sebagian orang, terbangun pada tengah malam adalah hal yang biasa. Bahkan, pada abad ke-17, bangun tengah malam adalah hal yang normal bagi semua orang dikarenakan mereka membagi waktu tidur mereka kedalam dua bagian.

9. Bekerja Tanpa Tidur

Bila anda memaksa untuk bekerja tanpa tidur terlebih dahulu sebelumnya, maka anda akan merasa sangat lapar saat anda bekerja.

10. Tidur & Berduka

Saat seseorang mengalami duka yang cukup dalam, maka biasanya ia akan mengalami insomnia. Insomnia ini merupakan hal yang alami terjadi pada tubuh saat kita berduka. Meminum pil tidur akan merusak proses alamiah ini.

11. Tidur & Olahraga

Untuk mendapatkan siklus tidur yang baik maka olahraga rutin adalah jawabannya. Namun, jika anda berolahraga tidak konsisten atau selang seling, ini akan merusak pola tidur anda. Berolahraga sebelum tidur juga malah akan membuat anda terjaga sepanjang malam.

12. Mimpi Tidur

Setelah adanya televisi dan monitor berwarna, sekitar 3 dari 4 orang bermimpi dengan warna didalamnya. Pada zaman dahulu, hanya sedikit saja orang yang dapat bermimpi dengan warna.

13. Pengganggu Tidur

Ada banyak sekali pengganggu dalam tidur. Namun, ada satu pengganggu tidur yang sangat buruk diantara lainnya. Pengganggu tersebut bernama sinyal internet. Sinyal internet yang terus menyala sepanjang malam akan merusak kualitas tidur anda. Oleh karena itu, matikanlah sinyal tersebut sebelum anda tidur. Jangan lupa juga untuk menjauhkan barang-barang elektronik ketika anda tidur supaya kualitas tidur tetap terjaga.

14. Cahaya Saat Tidur

Semakin banyak cahaya saat anda tertidur, makan tidur anda akan semakin buruk dan tidak berkualitas.

Itulah 14 fakta tentang tidur malam yang sangat menarik.

14 Fakta Tentang Tidur Malam Yang Sangat Menarik 14 Fakta Tentang Tidur Malam Yang Sangat Menarik
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidur merupakan kebutuhan umum yang dibutuhkan oleh semua manusia. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, segala macam cara dilakukan. Mulai dari Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur sampai dengan penggunaan suplemen dan vitamin demi menjaga tidur...
Gaya Hidup - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *