10 Makanan Tinggi Protein Dari Golongan Sayur-sayuran

Bagi orang-orang yang menjalani gaya hidup vegan, alternatif protein selain daging sangat diperlukan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai sayuran dan makanan berbasis sayuran yang tinggi protein dan bisa menjadi alternatif sumber protein harian anda. Protein sendiri merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan protein, sel-sel tubuh bisa beregenerasi dengan baik. Daftar makanan ini juga baik bagi mereka yang menghindari makanan tinggi lemak dan kolesterol. Berikut ini 10 makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.10 Makanan Tinggi Protein Dari Golongan Sayur-sayuran

1. Edamame

Di Indonesia, edamame biasanya dikenal sebagai kedelai dari Jepang. Edamame merupakan salah satu superfood dimana sayuran ini memiliki banyak nutrisi didalamnya. Dalam satu sajian edamame yang telah dimasak, ada sekitar 18g protein yang bisa kita dapatkan. Edamame yang paling baik adalah edamame yang ditanam secara organik.

2. Tempe

Siapa yang tidak kenal tempe? Makanan yang berbasis kedelai yang telah difermentasi ini benar-benar populer di masyarakat Indonesia. Tempe juga mengandung banyak sekali protein. Dalam 3 ons sajian tempe, kita bisa mendapatkan hingga 16g protein didalamnya. Kandungan protein pada tempe lebih banyak dari tahu.

3. Tahu

Selain tempe, tahu juga merupakan panganan favorit di Indonesia. Tahu juga memiliki banyak kandungan protein meski masih dibawah tempe. Dalam 3 ons sajian tahu, kita bisa mendapatkan sekitar 8 sampai 15 gram protein.

4. Lentil

Kacang lentil memang dikenal memiliki banyak kandungan protein. Selain itu, kacang lentil diklaim dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Dalam takaran 50gram sajian, kita bisa mendapatkan sekitar 9g protein.

5. Kacang Hitam

Kacang-kacangan memang dikenal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, kacang-kacangan terutama kacang hitam merupakan makanan yang dapat menyehatkan jantung dan juga kaya akan nutrisi. Dalam sekitar 50gram sajian matang kacang hitam, bisa didapatkan sekitar 7.6g protein didalamnya.

6. Kacang Tanah

Golongan kacang-kacangan memang kaya akan protein. Selain kacang lentil dan kacang hitam, kacang tanah dan olahannya juga dikenal mengandung banyak protein. Dalam takaran seperempat cup sajian saja, kita bisa mendapatkan 7 gram protein.

7. Kacang Almond

Almond merupakan kacang yang juga kaya akan protein. Selain kaya akan vitamin E, kacang almond juga kaya akan magnesium dan nutrisi lainnya. Dalam seperempat cup sajian dari kacang almond, kita bisa mendapatkan hingga 6g protein.

8. Kentang

Selain menjadi sumber karbohidrat, ternyata kentang juga kaya akan protein. Dalam 1 buah kentang berukuran sedang, kita bisa mendapatkan hingga 4g protein didalamnya.

9. Bayam

Sayuran hijau memang jarang yang menjadi sumber protein yang memadai, namun tidak halnya dengan bayam. Dalam setengah cup sajian kita bisa mendapatkan hingga 3g protein.

10. Jagung

Salah satu sumber karbohidrat lainnya yang memiliki kandungan protein cukup tinggi ialah jagung. Didalam setengah cup sajian jagung , kita bisa mendapatkan hingga 2.5g protein didalamnya.

Itulah 10 sayuran yang dikenal memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi alternatif dari daging.

10 Makanan Tinggi Protein Dari Golongan Sayur-sayuran 10 Makanan Tinggi Protein Dari Golongan Sayur-sayuran
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bagi orang-orang yang menjalani gaya hidup vegan, alternatif protein selain daging sangat diperlukan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai sayuran dan makanan berbasis sayuran yang tinggi protein dan bisa...
Makanan Sehat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *