3 Tanaman Alami Obat Penghancur Batu Empedu

Obat Penghancur Batu Empedu Tanpa Operasi

Gangguan yang terjadi pada saluran empedu harusnya ditangani secara serius. Pasalnya penyakit ini juga dapat berdampak pada peradangan kantung empedu yang mengakibatkan komplikasi dikemudian hari. Masih banyak orang yang diam dengan penyakit yang di derita nya dan alasannya lain tak bukan karena keterbatasan biaya untuk menjalani tindakan operasi. Hal inilah yang akhirnya mendorong penderita mencari obat penghancur batu empedu tanpa operasi.

Bastu empedu yang mengedap sebenarnya adalah kristal kristal kolesterol yang terdapat dalam tubuh dan ukurannya sendiri bervariasi ada yang sebesar butiran pasir dan adapula yang sebesar bola pingpong. Pada kondisi normal atau masih kecil, batu empedu memang tak menimbulkan keluhan dan penderitanya sendiri terkadang tidak menyadari jika ada endapan batu di saluran kantung empedunya.

Penyakit ini baru menunjukkan taringnya ketika ukuran batu telah lebih besar dari 8 m atau sebelah kanan yang disertai nyeri. Dan nyeri ini dapat menjalar atau merembet ke bagian punggung kanan dan atas atau lengan penderita.

Untuk lebih jelasnya, gejala batu empedu lebih menyerupai penyakit kuning. Sebab sipenderita memang mengeluarkan feses berwarna lebih pekat dari pada biasanya, mata serta kulit berubah warna mengikuti warna kuning pekat , dan kebanyakan orang akan mengira ini akibat kadar bilirubin atau hepatitis yang sedang di derita tetapi perlu diketahui batu empedu juga terkadang memiliki gejala yang layaknya sakit maag yang mengakibatkan perut terasa mual yang disertai dengan muntah.

Namun sekarang anda jangan khawatir anda pasti sudah cukup familiar dengan daun sirsak (dari pohon sirsak), temulawak, dan kulit buah manggis (dari pohon manggis). Ketiga jenis tanaman ini cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Ternyata ke tiga tanaman tersebut memiliki khasiat luar biasa untuk berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit batu empedu.

Tanaman Alami Obat Penghancur Batu Empedu

Mari kita pelajari dari karakterisitik ke tiga tanaman tersebut, dan senyawa apa saja yang terkandung di dalamnya sehingga mampu mencegah dan menyembuhkan banyak penyakit akut maupun kronis.

  • Daun sirsak

Daun-Sirsak-Obat-Kanker-Kelenjar-Getah-Bening-Herbal-300x148

Salah satu tanaman tradisional ini memiliki kandungan senyawa fitokimia yang efektif menstabilkan kondisi tubuh. Daun sirsak juga ternyata bisa dijadikan untuk penambah nafsu makan, mereka yang menderita batu empedu bisa menjadikan daunsirsak sebagai obat tradisional untuk menghamcurkan batu empedu. Dengan mengonsumsi ramuan sirsak batu empedu kan hancur dan terbuang bersama kotoran.

Beragam senyawa kimia yang terkandung di dalam daun sirsak efektif sebagai pertahanan tubuh. Dan sistem imunitas atau kekebalan yang meningkat tentunya berbanding lurus dengan penyakit yang enggan datang. Disamping itu mengonsumsi secara rutin obat penghancur batu empedu tanpa operasi berupa daun sirsak bisa menghilangkan rasa sakit dan bisa dibilang daun sirsak berkhasiat sebagai analgesik maupun menghambat pertumbuhan tumor jinak dan ganas di dalam tubuh.

  • Kulit Manggis

Gambar terkait

Kulit buah dalam manggis sering digunakan sebagai pewarna alami dan bahan baku obat obatan dalam dunia farmasi. Beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalamnya xanthon yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin.

Dalam kulit manggis terdapat senyawa anthone yang tergolong tertinggi dari pada buah yang lain. Dengan kandungan xanthone 123,97 mg/ml, kulit manggis dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. Xanthone adalah subtansi kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. Anda dapat menemukan ekstrak kulit manggis dengan mudah di pasaran.

  • Temu Lawak

Turmeric-500x267

Selama ini temulawak dikenal sebagai bahan alami yang digunakan sebagai obat secara turun menurun dan tak sedikit masyarakat yang menanam temulawak di pekarangan obat dan menjadikan apotek hidup.

Kandungan Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam temulawak inilah yang berperan penting untuk mengobati batu empedu, minyak astiri dapat dijadikan cholagum yang sangat bermanfaat untuk menstimulasi pengeluaran air empedu.

Cara Membuat Ramuan dari Temu Lawak sendiri tidak sesulit yang anda bayangkan bahan bahan yang dibutuhkan oub cukup mudah seperti 30 gram temulawak, 500 cc air. Cuci bersih rimpang temulawak dan kupas kulitnya,  Iris-iris rimpang temulawak menjadi bagian-bagian kecil, Rebus air kurang lebih 500 cc hingga mendidih, kemudian masukkan irisan temulawak yang telah di sediakan sebelumnya, Setelah air tersisa kira-kira 200 cc, angkat, kemudian air rebusan disaring, Sajikan selagi hangat, dan minum sekali sehari secara rutin.

Demikian 3 jenis tanaman obat yang memiliki banyak khasiat terutama untuk mengobati atau menghancurkan batu empedu. Bagi yang sedang menjalani pengobatan dokter, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan herbal.

3 Tanaman Alami Obat Penghancur Batu Empedu 3 Tanaman Alami Obat Penghancur Batu Empedu
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gangguan yang terjadi pada saluran empedu harusnya ditangani secara serius. Pasalnya penyakit ini juga dapat berdampak pada peradangan kantung empedu yang mengakibatkan komplikasi dikemudian hari. Masih banyak orang yang diam dengan penyakit yang di...
Informasi Kesehatan Penyakit Tanaman Obat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *