3 Tanaman Obat Kanker Berdasarkan Penelitian Ilmiah

Gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya olahraga dan banyaknya polusi membuat masyarakat generasi sekarang rentan terkena berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang menghantui saat ini ialah penyakit kanker. Penyakit kanker merupakan penyakit yang cukup sulit disembuhkan. Obat-obat kanker yang saat ini digunakan memiliki cukup banyak efek samping. Maka dari itu, banyak praktisi keilmuwan yang mulai meneliti alternatif dari obat-obat tersebut yaitu tanaman obat kanker. Kanker sendiri disebabkan oleh perilaku abnormal sel yang berubah menjadi sel kanker. Sel-sel kanker ini bila tidak segera ditangani maka akan menyebar ke jaringan sel sehat yang lain.

Tanaman Obat Kanker

Adapun tanaman-tanaman obat yang telah diteliti dan terbukti dapat mencegah sekaligus mengobati kanker ialah sebagai berikut :

1. Daun Benalu

3 Tanaman Obat Kanker Berdasarkan Penelitian Ilmiah

Tanaman benalu selama ini dikenal sebagai parasit pada suatu pohon. Ternyata, tanaman benalu memiliki khasiat menakjubkan dalam menghambat laju perkembangan penyakit kanker. Hal ini dikarenakan daun benalu mengandung senyawa bernama kuersetin. Senyawa kuersetin ini secara umum telah diteliti oleh berbagai ilmuwan. Mereka menyebutkan bahwa kuersetin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker atau tumor. Kuersetin juga memiliki anti oksidan yang baik. Selain kuersetin, daun benalu juga mengandung alkaloid yang dapat menghambat enzim DNA Topoismerase sehingga DNA sel kanker akan rusak. Daun benalu juga mengandung senyawa terpenoid, saponin dan tannin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Adapun daun benalu yang dimaksud diantaranya daun benalu teh, daun benalu duku dan daun benalu kersen.

2. Daun Pepaya

3 Tanaman Obat Kanker Berdasarkan Penelitian Ilmiah

Berdasarkan penelitian oleh Sukardiman pada tahun 2000 disebutkan bahwa daun pepaya memiliki esktrak metanol yang dapat melakukan proses inhibisi pada enzim DNA Topoismerase II. Dengan terhambatnya enzim tersebut, maka sel kanker akan mati dengan sendirinya. Ekstrak etanol daun pepaya juga dapat menghambat perkembangan sel tumor MCA-B1.

3. Daun Sambiloto

3 Tanaman Obat Kanker Berdasarkan Penelitian Ilmiah

Tanaman obat kanker lainnya yang mudah didapat di Indonesia ialah daun sambiloto. Sejak jaman dahulu, sambiloto sudah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun sambiloto memiliki senyawa andrografolida yang bekerja menghambat enzim DNA Topoisomerase II. Bila enzim ini terhambat, maka DNA sel kanker akan rusak dan akhirnya sel kanker akan mengalami kematian.

Itulah beberapa tanaman obat tradisional yang dapat digunakan untuk melawan sel-sel kanker.

3 Tanaman Obat Kanker Berdasarkan Penelitian Ilmiah 3 Tanaman Obat Kanker Berdasarkan Penelitian Ilmiah
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya olahraga dan banyaknya polusi membuat masyarakat generasi sekarang rentan terkena berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang menghantui saat ini ialah penyakit kanker. Penyakit kanker merupakan penyakit yang...
Tanaman Obat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *