3 Tips Penting Mencegah Resiko Terkena Stroke

Mencegah Resiko Terkena Stroke – Adanya jumlah penderita stroke yang terus meningkat setiap tahunnya membuat stroke ini tergolong dalam salah satu penyakit mematikan didunia saat ini. Akan tetapi, para ahli percaya bahwa stroke bisa untuk dicegah dengan kita mengurangi resiko dari penyebab stroke, tersumbat atau pecahnya pembuluh darah.

3 Tips Penting Mencegah Resiko Terkena Stroke

Stroke pada umumnya akan terjadi karena dua penyebab utama yaitu disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak teratur atau dikenal juga dengan fibrasi atrial. Resiko stroke otomatis bisa meningkat pada saat berusia 45 tahun hal ini dikarenakan pembuluh arteri akan semakin keras dan lebih mungkin akan tersumbat.

Akan tetapi banyak penelitian juga telah menunjukan bahwa stroke bisa untuk dicegah. Kita tahu apabila Anda kelebihan berat badan, atau terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, merokok, tidak berolahraga dan juga mempunyai pola makan yang tidak sehat, maka resiko terkena stroke akan meningkat, jadi akan sangat penting untuk mengatasi masalah ini.

Mencegah Resiko Terkena Stroke

Dan berikut ini tips penting untuk mencegah resiko terkena stroke:

1.Mengatasi tekanan darah tinggi Anda

Tekanan darah sendiri merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab utama stroke. Oleh karena itu, penting untuk selalu rajin memeriksakan tekanan darah Anda. Dengan kita mengetahui kondisi tekanan darah, maka tindakan cepat bisa segera diambil guna menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah pada umumnya bisa berubah sesuai dengan usia, akan tetapi rata ratanya tekanan darah yang kurang dari 120/80 mmHg ini dianggap darah normal. Dan sedangkan diatas 120/90 mmHg tergolong tinggi.

2. Memeriksakan detak jantung

Pemeriksaan detak jantung bisa mengetahui kondisi jantung. Orang dengan detak jantung yang tidak teratur maka lima kali lebih mungkin untuk terkena stroke. Detak jantung yang tidak teratur ini sering kali ditandai dengan kelelahan, sesak napas dan nyeri pada dada. Mengatasi detak jantung yang tidak teratur ini bisa untuk dilakukan dengan kita berolahraga yang teratur.

3. Menjalani Gaya Hidup yang Sehat

Gaya hidup mengambil peranan besar sebagai salah stau penyebab stroke. Karena gaya hidup ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan juga fibrilasi atrial. Dengan memulai gaya hidup yang sehat maka bisa diawali dengan kita berhenti merokok. Merokok ini bisa merusak arteri dan membuat darah cenderung menggumpal, sekaligus juga bisa meningkatkan tekanan darah. Penelitian telah menyebutkan tekanan darah ini otomatis akan meningkat 10 menit setelah seseorang merokok.

Dengan kita mengurangi konsumsi alkohol maka bisa menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi minuman beralkohol yang banyak dalam satu waktu bisa meningkatkan untuk terjadinya tekanan darah dengan cepat.

Dari pada merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, maka sebaiknya konsumsilah asupan yang sehat dan seimbang. Perbanyak juga buah dan sayuran, membatasi daging merah ini bisa mengurangi resiko untuk terkena stroke. Asupan garam dan juga lemak jenuh juga akan lebih baik untuk dibatasi. Ini banyak terkandung dalam makanan cepat saji.

Asupan yang bergizi mesti dilakukan dengan kita berolahraga secara teratur. Tidak harus dengan olahraga yang berat, para ahli juga telah menyarankan cukup dengan kita beraktivitas sekitar 30 menit selama lima kali dalam sepekan. Aktifitas fisik ini bisa berupa apa saja mulai dari kita naik turun tangga, berjalan dan berkebun. Perlu untuk diingat juga aktifitas fisik ini harus bisa meningkatkan detak jantung.

Akan lebih baik bila kita mengurangi berat badan yang berlebih, guna menurunkan resiko stroke. Selain itu, mengurangi stress juga terbukti bisa mencegah stroke.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal January 7, 2019
  • Baru-baru ini :

    Ini Gaya Hidup yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

    Gaya Hidup yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi  – www.herbaltv.co.id –...

    Waspadai Mulut yang Terasa Asam Bisa Jadi Pertanda Penyakit

    Waspadai Mulut yang Terasa Asam Bisa Jadi Pertanda Penyakit ...

    Bingung Cara Menambah Berat Badan, Ini Tipsnya

    Cara Menambah Berat Badan – Tahukah Anda, dimana sebagaian...

    Mengapa Haid Datang Lebih Awal, Ini Kata Dokter

    Penyebab Haid Datang Lebih Awal – www.herbaltv.co.id – Bagi...

    Makanan Untuk Penderita Diabetes Tipe-2

    Seorang penderita diabetes, terutama penderita diabetes tipe-2 tidak bisa...