5 Kebiasaan Gaya Hidup Yang Dapat Menyebabkan Sembelit

5 Kebiasaan Gaya Hidup Yang Dapat Menyebabkan Sembelit – www.herbaltv.co.id – Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. ada orang yang buang air besar setiap hari, tapi ada juga yang setiap dua hari. Namun jika sulit atau jarang buang air besar, berarti kamu mengalami sembelit.

Ketika sembelit, tinja tetap dalam usus besar menciptakan ketidaknyamanan dan kesulitan dalam buang air besar. Makanan tertentu, perubahan gaya hidup, dan suplemen dapat menyebabkan sembelit.

5 kebiasaan gaya hidup yang dapat menyebabkan sembelit :

1. Penyalahgunakan obat penghilang rasa sakit

Analgesik atau obat penghilang rasa sakit untuk gangguan saraf dan otot biasanya adalah ibuprofen, paracetamol, dan celebrex. Ketiga jenis analgesik tersebut merupakan obat yang biasa dikonsumsi untuk penderita nyeri sekaligus pereda rasa sakit.

Penggunaan konstan obat seperti Ibruprofen dan aspirin, menurut studi dapat menyebabkan sembelit karena sifat obat; reseptor biasanya di saluran pencernaan yang mengganggu sistem / daerah meninggalkan pengguna terus sembelit.

2. Tidak minum air dengan cukup

Air penting bagi kelancaran fungsi isi perut dan sistem pencernaan secara keseluruhan. Air selain membersihkan racun juga memastikan tubuh mempertahankan kelembaban untuk berfungsi dengan baik melalui sistem terutama pencernaan. Jadi penting untuk minum air yang cukup setiap hari.

3. Penggunaan pencahar yang berlebihan

Laksatif atau pencahar adalah makanan atau obat-obatan yang diminum untuk membantu mengatasi sembelit dengan membuat kotoran bergerak dengan mudah di usus. Dalam operasi pembedahan, obat ini juga diberikan kepada pasien untuk membersihkan usus sebelum operasi dilakukan. Laksatif merupakan obat bebas. obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Biasanya obat ini hanya digunakan saat mengalami konstipasi atau sembelit saja karena mempunyai efek samping.

Banyak orang telah menyalahgunakan pencahar dengan menggunakannya secara terus menerus sehingga sistem pencernaan tergantung pada ini. Hal ini membuat tubuh tidak mampu untuk membersihkan diri dari kotoran dalam waktu lama.

4. Makan makanan berlemak/banyak susu

susu juga telah dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan olahan makan dan minuman, seperti kue, mentega, yogurt, es krim, dan bahkan di era modern ini susu di kembangkan sebagai bahan baku untuk kecantikan. Namun memakan makanan berlemak dan banyak susu dapat menyebabkan sembelit. Makanan rendah serat dan lemak yang dikenal untuk memperlambat pencernaan yang mengakibatkan sembelit.

5. Kurang olahraga

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) dan menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein). HDL menguntungkan karena dapat mengumpulkan kolesterol dari arteri-arteri dan memindahkan ke hati untuk dibuang . Sementara itu LDL berbahaya, dan dapat ditemukan dalam plak yang dapat menyumbat arteri koroner.

Berolahraga tidak hanya bikin bugar tapi membantu nemperlancar pencernaan. Kurang olahraga atau tidak bergerak aktif studi mengungkapkan merupakan penyebab sembelit.

5 Kebiasaan Gaya Hidup Yang Dapat Menyebabkan Sembelit 5 Kebiasaan Gaya Hidup Yang Dapat Menyebabkan Sembelit
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
5 Kebiasaan Gaya Hidup Yang Dapat Menyebabkan Sembelit – www.herbaltv.co.id – Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. ada orang yang buang air besar setiap hari, tapi ada juga yang setiap dua...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *