5 Tips Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat – Nyeri haid atau nyeri menstruasi disebut dengan kondisi dismenore yang mana ini merupakan rasa sakit yang jadi langanan wanita setiap kali menstruasi. Jadi jika Anda mengalami sakit dan kram saat menstruasi, Anda tidak sendirian kok, karena setidaknya ada 3 dari 4 wanita mengalami kondisi ini mulai yang ringan dan 1 dari 10 nya mengalami kondisi yang lebih parah.

Anda atau teman Anda mungkin biasanya mengatasi hal ini menggunakan obat nyeri seperti halnya ibuprofen. Namun sebelum terburu buru dengan mengambil obat, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini guna mengurangi rasa nyeri haid tersebut.

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

5 Tips Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

1.Beraktifitas Fisik

Saat menstruasi Anda mungkin akan cenderung lebih ingin untuk bermalas malasanan ditempat tidur. Akan tetapi olahraga ringan sebenarnya bisa untuk membantu mengurangi rasa sakit yang Anda alami ini.

Saat berolahraga, peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan hormon endrofin yang dihasilkan bisa membantu menyeimbangan kerja dari hormon prostaglandin sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang tidak nyaman tersebut

2. Mengompres perut Anda.

Anda juga bisa mencoba mengompres perut Anda dengan botol berisikan air hangat. Pasalnya panas yang dihasilkan ini bisa membantu merelaksasi otot uterus yang mana berkontraksi sehingga meminimalisir rasa sakit tersebut. Atau Anda juga bisa mencoba mandi dengan berendam air hangat guna merelaksasi seluruh bagian tubuh.

3. Minum Teh

Nah jika Anda belum pernah mencoba minum teh chamomile, mungkin ini saatnya untuk Anda mencoba teh beraroma bunga tersebut. Karena dalam jurnal yang dirilis oleh Journal of Agriculture and Chemistry, terdapat kandungan terentu dalam teh ini yang bisa bantu mengurangi rasa sakit.

4. Memastikan asupan vitamin D yang cukup

Sebuah studi di Italia yang telah dilansir oleh Health.com telah menunjukan adanya pengaruh dari vitamin D terhadap rasa sakit saat menstruasi. Dan pada penelitian tersebut 40 wanita dibagi menjadi 2 grup, yang mana grup pertama mengkonsumsi vitamin D3 dengan dosis 300.000 IU sedangkan untuk grup yang kedua mendapat perlakuan plasebo

Konsumsi suplemen ini dilakukan selama 5 hari sebelum jadwal para peserta memulai periode menstruasi mereka. Dan setelah dua bulan, terdapat adanya sebuah penurunan keluhan rasa sakit hingga 41% pada gurp yang mengkonsumsi vitamin D3 sementara pada grup plasebo dilaporkan tidak ada perbedaan terkait nyeri menstruasi tersebut.

5. Menghindari minuman dan makanan tertentu

Makanan berlemak, soda, alkohol sendiri merupakan jenis makanan dan minuman yang harus Anda hindari. Makanan dan minuman ini bisa menyebabkan kembung dan resistansi air dalam tubuh Anda sehingga memperparah nyeri haid.

Selain itu, kafein juga termasuk dalam salah satu yang perlu dihindari. Kafein yang terdapat pada kopi, teh, soda dan cokelat bisa memperparah kram dan tegang pada perut. Begitu juga konsumsi gula yang mana ini biasanya terdapat pada makanan dan minuman yang berkafein.

Anda juga bisa mengganti kopi dan teh dengan minuman jahe atau lemon hangat. Jahe dan lemon ini bisa membantu mengurangi rasa sakit perut dan memberikan efek menenangkan.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Berita, Penyakit, tanggal December 17, 2018
  • Baru-baru ini :

    Cara Buat Warna Bibir Cerah Alami dengan Buah-buahan

    Cara Buat Warna Bibir Cerah Alami – www.herbaltv.co.id –...

    Inilah Beberapa Penyebab Keringat Berlebih Pada Bayi

    Inilah Beberapa Penyebab Keringat Berlebih Pada Bayi – Pada...

    Tips Cara Ampuh Membuat Gigi Lebih Putih Dan Bersih

    Cara Ampuh Membuat Gigi Lebih Putih Dan Bersih  –...

    Ini Gaya Hidup yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

    Gaya Hidup yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi  – www.herbaltv.co.id –...

    Mewaspadai Bahaya Bakteri Staphylococcus Aureus

    Bahaya Bakteri Staphylococcus Aureus  – www.herbaltv.co.id – Salah satu...