5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia bahkan di dunia. Berdasarkan data yang dimiliki oleh organisasi WHO ( World Health Organization ) disebutkan bahwa satu dari tiga orang dewasa didunia mengalami tekanan darah tinggi. Seseorang disebut memiliki tekanan darah tinggi bila tekanan darahnya melebihi 140/90 mmHg. Seperti yang telah diketahui secara umum bahwa hipertensi atau darah tinggi dapat menjadi pemicu penyakit serius lainnya. Untuk itu, kita akan membutuhkan tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anda bisa mengonsumi makanan-makanan berikut ini :

1. Bawang Putih

Salah satu bumbu masakan dapur yang dikenal sebagai obat herbal yang dapat diandalkan bernama bawang putih. Bawang putih memiliki nama latin Allium Sativum. Bawang putih sudah dimanfaatkan sebagai herbal sejak 5000 tahun yang lalu. Ada lebih dari 200 komponen kimiawi yang terdapat pada bawang putih seperti flavonoid, sulfur, selenium, allicin dan masih banyak lagi. Senyawa allicin yang didapatkan dari bawang putih terbukti secara ilmiah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Adapun dosis yang disarankan ialah sekitar 4 gram per hari.

2. Belimbing Wuluh

Saat ini, telah dilakukan berbagai penelitian mengenai khasiat belimbing wuluh untuk mengatasi hipertensi. Belimbing wuluh atau yang biasa juga disebut belimbing sayur mengandung beberapa zat dan senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Zat-zat tersebut diantaranya ialah kalium dan juga flavonoid. Senyawa flavonoid dalam belimbing wuluh dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Daun Seledri

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa daun seledri mampu untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena daun seledri dikenal mengandung banyak senyawa apiin.

4. Daun Alpukat

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi ialah daun alpukat. Daun alpukat yang memiliki nama latin Persea Americana M. Daun alpukat memiliki senyawa flavonoid, alkaloid, kalium dan juga saponin. Senyawa-senyawa tersebut dikenal mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa tips alami menurunkan tekanan darah tinggi.

5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami 5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia bahkan di dunia. Berdasarkan data yang dimiliki oleh organisasi WHO ( World Health Organization ) disebutkan bahwa satu dari tiga...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *