7 Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Insomnia merupakan salah satu penyakit tidur yang banyak diderita. Penderita insomnia bervariasi mulai dari anak-anak sampai orang tua dari berbagai macam kalangan. Hampir semua orang pernah mengalami insomnia minimal sekali dalam hidupnya. Maka dari itu perlu untuk mengatahui cara mengatasi insomnia. Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari factor fisik hingga factor psikologis. Durasi terkena penyakit ini juga beragam. Ada yang mengalami insomnia berbulan-bulan dan bahkan ada yang mengalaminya bertahun-tahun. Tolak ukur insomnia sendiri berbeda dari satu orang dan orang lainnya. Hal ini dikarenakan jumlah waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Pedoman untuk mengetahui anda terkena insomnia atau tidak adalah dengan membandingkannya dengan waktu tidur normal harian anda.

cara mengatasi insomnia

Tips Mengatasi Insomnia

Insomnia sendiri dapat dihindari dengan menjauhi factor-faktor resikonya. Berikut ini tips agar kita semua terhindar dari insomnia :

1. Jauhi hal-hal yang membuat anda stres.

Berbagai penyakit muncul dimulai dengan pikiran yang tidak sehat. Begitu juga dengan insomnia, ada hampir setengah kasus insomnia dipicu oleh factor kesehatan mental. Stress dan depresi benar-benar akan membuat seseorang terkena insomnia karena ini merupakan hal yang alami. Membuang segala ikiran yang membuat anda depresi sangat baik agar anda dapat terhindar dari insomnia. Menurut seorang praktisi kesehatan di Amerika, usahakan agar kita menghitung nikmat hidup yang kita peroleh setiap hari. Menghitung semua nikmat yang Tuhan berikan lebih ampuh daripada menghitung domba sebelum tidur. Sebisa mungkin, kosongkanlah beban yang ada di pundak dan jangan terlalu memikirkan esok hari. Nikmati hari ini, perbanyak bersyukur dan tenangkan hatimu

2. Minum segelas susu

Sejak jaman dahulu, sudah menjadi rahasia umum bahwa segelas susu hangat dapat membantu seseorang tertidur lelap dan merupakan salah satu cara mengatasi insomnia. Hal ini dikarenakan susu mengandung tryptophan yang oleh tubuh akan diubah menjadi serotin. Serotin ini akan membantu tubuh mengatur sikus tidur yang baik. Jadi saat anda meminum susu, itu berarti anda telah memerintahkan tubuh untuk segera tidur

3. Cobalah suplemen melatonin

Melatonin merupakan senyawa kimia alami yang dapat membantu memasang jam internal tidur anda. Memiliki melatonin yang cukup akan membuat siklus tidur anda menjadi lebih baik. Suplemen ini dapat didapatkan di apotik atau dokter terpercaya anda.

4. Minumlah teh herbal

Meminum the herbal juga diyakini dapat membantu mangatasi insomnia. Pilihlah the herbal yang berbahan dasar valerian maupun chamomile. Aroma the yang khas dapat menenangkan pikiran dan membuat anda cepat terlelap. Namun jangan pilih the hitam karena the ini mengandung kafein.

5. Mandi air hangat

Berendam air hangat selepas pulang kantor akan membuat tubuh anda rileks dan pikiran menjadi lebih tenang. Setelah mandi hangat, banyak orang akan merasa mengantuk.

6. Buatlah siang hari lebih produktif

Menjadi lebih produktif di siang hari dan melakukan banyak aktivitas dapat membuat anda terhindar untuk terjaga pada malam hari. Namun ingat, jangan berlebihan. Sebagai contoh, melakukan hal produktif seperti olahraga pada malam hari akan membuat anda terjaga semalaman

7. Jauhi alkohol

Alcohol dapat merusak kualitas tidur bahkan kualitas hidup seseorang. Dengan menjauhi alcohol, berarti anda telah membuang satu factor resiko yang dapat membuat anda terkena insomnia.

Itulah 7 tips cara mengatasi insomnia. Menerapkan gaya hidup sehat dan memiliki pikiran yang positif akan sangat membantu. Baca Juga 14 Fakta Tentang Tidur Malam Yang Sangat Menarik.

7 Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur 7 Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Insomnia merupakan salah satu penyakit tidur yang banyak diderita. Penderita insomnia bervariasi mulai dari anak-anak sampai orang tua dari berbagai macam kalangan. Hampir semua orang pernah mengalami insomnia minimal sekali dalam hidupnya. Maka dari...
Gaya Hidup Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *