8 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Empedu

8 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Empedu – Penyakit batu empedu cenderung menyerang kelompok orang orang yang berusia diatas empat puluh tahun. Laki laki dua kali berisiko terkena batu empedu dari pada wanita. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat terkena penyakit batu empedu karena kolesterol yang tinggi. Ibu hamil dan ibu yang pernah melahirkan juga memiliki resiko terkena batu empedu karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan

8 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Empedu

Batu empedu yang parah akan menyebabkan rasa sakit pada perut bagian kanan. Maka diperlukannya upaya untuk mengatasinya dan pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tindakan operasi untuk mengatasinya. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tindakan operasi pengankatan kantong empedu. Meski empedu cairan yang penting namun ternyata tubuh manusia dapat tetap hidup tanpa kantong empedu dan fungsi kantong empedu dapat ditopang oleh cairan yang diproduksi oleh hati.

Batu empedu juga memperlihatkan beberapa gejala seperti demam tinggi, mual dan muntah, detak jantung meningkat, sakit kuning, nafsu makan menurun atau bahkan hilang, dan kulit terasa gatal-gatal. Namun untuk mengetahui secara pasti, pemeriksaan oleh dokter tetap diperlukan. Jika anda mengalami gejala seperti yang disebutkan ini, ada baiknya anda segera menemui dokter untuk langkah terbaik.

Berikut ini adalah 8 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Empedu :

  • Unggas

Beberapa jenis unggas memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi, karena kolesterol merupakan faktor penyebab mengerasnya cairan empedu dan bagian kulit unggas dan telurnya adalah bagian paling banyak mengandung kolesterol. Telur ayan juga tidak terlalu baik untuk batu empedu.

  • Gorengan

Segala jenis gorengan mengandung lemak jauh yang didapat dari proses pengolahannya. Tidak ada gorengan yang benar-benar sehat. Oleh karena itulah sebaiknya tidak mengonsumsi gorengan terlalu sering. Mungkin kita akan sulit untuk menghindari gorengan dan segala jenis makanan yang digoreng. Menggoreng adalah salah satu cara memasak yang paling praktis dan mudah. Banyak pula jenis lauk-pauk yang bisa dimasak dengan cara digoreng. Jika memang harus menggoreng, sebaiknya hindarilah menggunakan minyak yang mengandung kelapa, lemak hewan, dan margarin. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng sehingga lebih sehat.

  • Daging

Mengonsumsi daging terutama dengan bagian yang berlemak dapat memicu pengerasan cairan empedu. Konsumsi daging memang diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan protein. Namun untuk menjaga kesehatan tubuh kita sendiri, sebaiknya menghindari daging yang berlemak dan menggantinya dengan bagian daging yang tanpa lemak.

  • Makanan Yang Mengandung Kalsium

Sebelumnya kita telah membahas mengenai susu dan produk susu yang dapat menyebabkan batu empedu. Ternyata tubuh hanya akan menyerap kalsium sesuai dengan kadar yang dibutuhkan. Kelebihan kalsium yang masuk ke dalam tubuh akan dibuang melalui ginjal bersama dengan urin. Selain susu dan produk susu, jenis sayuran hijau seperti bayam memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

  • Garam

Konsumsi garam berlebih memang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Garam dapat menyebabkan darah tinggi serta peradanga pada usus. Namun ternyata, selain itu, konsumsi garam yang berlebihan juga dapat menyebabkan pengerasan batu empedu semakin parah. Sebaiknya batasilah konsumsi makanan mengandung garam dalam keseharian anda.

  • Susu dan produk Olahan Susu

Susu memang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Namun di samping itu susu terutama yang tinggi akan kandungan lemak serta berbagai produk susu seperti keju, krim keju, dan es krim sangat dianjurkan untuk dihindari. Beberapa jenis makanan tersebut memiliki kandungan lemak hewan yang tinggi sehingga dapat memperparah kondisi batu empedu.

Sebagai gantinya, anda bisa memilih untuk mengonsumsi produk susu yang rendah lemak. Kini beberapa produsen susu kemasan sudah menyediakan jenis produk tersebut sehingga anda tetap dapat memenuhi kebutuhan kalsium. Salah satu makan produk olahan susu yang tetap aman dikonsumsi adalah yoghurt karena mengandung lemak tak jenuh.

  • Maknaan Yang Mengandung Oksalat

Oksalat merupakan sejenis asam yang dapat dengan mudah membentuk kristal sehingga dapat menjadi penyebab batu ginjal. Batasilah konsumsi akan makanan yang mengandung oksalat. Batas aman konsumsi makanan yang mengandung oksalat adalah sekira 50mg per hari. Jenis makanan yang mengandung oksalat di antaranya biji-bijian, teh, cokelat, dan gandum. Buah strawberry juga mengandung oksalat.

  • Maknaan olahan

Ternyata jenis makanan ini mengandung lemak jenuh yang dapat memperburuk kondisi batu empedu. Terlebih ketika pengolahannya dengan cara digoreng seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan jenis ini untuk tetap menjaga kesehatan tubuh anda.

 

8 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Empedu 8 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Empedu
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
8 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Empedu – Penyakit batu empedu cenderung menyerang kelompok orang orang yang berusia diatas empat puluh tahun. Laki laki dua kali berisiko terkena batu empedu dari pada wanita. Orang...
Gaya Hidup Informasi Kesehatan Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *