5 Tips Cara Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu

Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsuwww.herbaltv.co.id – Madu merupakan salah satu bahan pemanis alami yang mampu lebih menyehatkan tubuh dari pada dengan gula. Serta kandungan dan manfaat madu bagi kesehatan tentunya sangat beragam. Akan tetapi patut untuk disayangkan tidak semua madu yang sering kita jumpai dipasaran itu asli merupakan madu murni. Supaya kita tidak salah memilih maka sebagainya bekali pengetahuan anda dengan Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu

Tidak perlu untuk khawatir karena begitu banyak cara yang bisa kita gunakan guna membedakan antara madu murni asli atau palsu. Salah satu hal penting sebaiknya anda ketahui bahwa madu ini tidak mengenal yang namanya kadaluarsa. Dan berbeda jadinya apabila madu palsu yang pada umumnya dicampuri dengan bahan tambahan lainnya. Jadi apabila produk madu yang hendak anda beli memuat tanggal kadaluarsanya pada kemasanan maka besar kemungkinan madu tersebut tidak asli melainkan palsu.

Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu

Warna madu asli yang cenderung terlihat coklat keemasan memang sudah tidak bisa lagi kita jadikan patokan madu asli atau palsu. Karena madu yang palsu juga kerap dibuat dengan warna yang serupa. Namun tentunya anda bisa membedakan mana madu asli atau palsu dengan beberapa uji coba berikut ini

1. Menguji Dengan Air

Anda bisa mencoba menuangkan air kedalam gelas kaca, selanjutnya anda masukan 1 sdm madu. lantas anda amati dengan reaksi yang terjadi. Apabila madu itu asli, maka madu tersebut tidak mudah untuk larut didalam air, dan berbeda halnya dengan madu yang palsu akan sangat mudah untuk larut setelah kita aduk.

2. Berdasarkan dari Endapan Kristal

Mengenali madu asli maka biasanya tidak mengandung air karena bila setelah diolah maka madu tersebut yang tertinggal hanyalah sebuah enzim yang tidak akan rusak walaupun kita simpan dalam waktu yang lama. Maka dari itu anda coba amati madu yang tersimpam dalam botol kemasanan kaca, dan apakah ada bagian yang mengental dan mengkristal didalamnya. Bila memang ada maka madu tersebut bisa dikatakan asli.

3. Tekstur yang Lengket

Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu  yang ketiga yaitu dari teksturnya. Tekstur dari madu yang asli seharusnya lengket, bahkan sering kali sangat susah untuk dibilas saat menempel pada kulit anda. Namun dengan madu palsu  juga ada yang memiliki tekstur yang sama. Dan untuk mengujinya, maka colek saja sedikit madu dan anda biarkan untuk beberapa menit.

Madu yang asli mungkin akan meleleh, namun tekstur dari madu ini tetap kuat sehingga tidak mudah untuk menetes. Dan bila madu palsu akan lebih mudah untuk dipisahkan dari kawanannya

4. Menggunakan Kertas

Bila tidak ada air, maka kertas juga bisa anda pakai guna mengetahui apakah madu yang diamati asli atau palsu. Anda bisa mencoba menuangkan madu keatas kertas, dan tunggu untuk beberapa menit. Madu yang asli maka takkan membuat kertas berlubang, dikarena kadar airnya yang sedikit bahkan nol. Dan berbebda dengan madu palsu yang kemungkinan besar bisa terserap dan membuat kertas menjadi berlubang.

5. Madu Asli Tidak Disukai Semut

Coba untuk meneteskan madu kedalam wadah, lalu anda tunggu apakah ada semut yang menghampirinya ? Untuk madu yang asli maka tidak akan ditemukan semut, karena hewan ini tidak menyukai aroma enzim dari madu asli. Dan lain halnya dengan madu palsu yang tentunya akan disukai dengan semut. Hewan ini biasanya akan tenggelam dalam madu dan akan mati karena selain mengandung pemanis tambahan, madu sintesis juga cenderung beracun.

Waspadai Bahaya dari Madu Palsu

Tidak sedikiit beberapa diantaranya alasan yang menyebutkan mengapa anda sebaiknya untuk tidak sembarangan membeli madu karena madu yang palsu bisa menyebabkan hal hal berikut ini

  • Untuk madu yang palsu, maka sudah dibubuhi dengan gula tambahan atau yang disebut dengan pemanis buatan lainnya sehingga bisa untuk memicu kenaikan berat badan, seperti diabetes, ginjal, bahkan juga kanker bila anda konsumsi secara terus menerus.
  • Proses pembuatan madu sintesis maka tidak menjamin kebersihannya sehingga rawan untuk terkontaminasi dengan berbagai kuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan guna mengatasi keaslian dari madu asli atau palsu dengan Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu. Sebaiknya anda lebih cermat lagi untuk memilih madu, karena jika salah dalam memilih keaslian madu, bukan khasiat sehat yang didapatkan melainkan dampak buruk lain yang bisa anda anda dapatkan.

Baca Juga : Waspada Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Sering Makan Jeroan

5 Tips Cara Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu 5 Tips Cara Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu – www.herbaltv.co.id – Madu merupakan salah satu bahan pemanis alami yang mampu lebih menyehatkan tubuh dari pada dengan gula. Serta kandungan dan manfaat madu bagi kesehatan tentunya...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *