9 Ciri-Ciri Kanker Payudara Yang Harus Kamu Ketahui

ciri-ciri kanker payudara

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pihak Kementrian Kesehatan, disebutkan bahwa kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita di Indonesia (baca juga tentang jenis kanker yang jarang diketahui ). Dimana 12 dari 100.000 wanita menderita penyakit serius ini. Kanker payudara sendiri tidak hanya menyerang kaum wanita. Kaum laki-laki juga bisa terkena penyakit mengerikan ini. Diperkirakan 1% penderita kanker payudara di Indonesia adalah laki-laki. ntuk mencegah penyakit ini ke tahap yang lebih serius, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kanker payudara tersebut. Kanker ini juga dapat menyebabkan kematian pada penderitanya jika tidak segera ditangani. Ada beberapa jenis kanker payudara berdasarkan cara penyebarannya. Untuk penyebab pasti kanker payudara sampai saat ini belum dapat diketahui namun ada beberapa faktor resiko yang dapat dipertimbangkan guna mencegah penyakit ini datang dikemudian hari.

Pada prinsipnya, kanker payudara merupakan tumor ganas pada payudara yang merupakan kumpulan dari sel-sel kanker. Ada banyak faktor resiko yang diduga dapat menimbulkan kanker payudara mulai dari faktor keturunan, memiliki histori menstruasi dini dibawah 12 tahun, faktor hormon, tidak pernah menyusui, infertilitas, obesitas pengaruh lingkungan sekitar sampai dengan penggunaan alkohol dalam kesehariannya. Untuk mencegah penyakit ini datang, kita dapat menjauhi faktor-faktor resiko yang telah disebutkan sebelumnya. Kita juga dapat melakukan tes SADARI atau periksa payudara sendiri secara rutin untuk memastikan tidak ada benjolan pada payudara.

Penyakit kanker payudara sendiri terdapat beberapa macam. Saat ini, diketahui ada lebih dari 10 jenis penyakit kanker payudara mulai dari yang paling mudah penanganannya sampai yang sangat sulit disembuhkan. Kanker payudara sendiri dapat terdeteksi secara mudah dengan pemeriksaan fisik biasa namun untuk hasil yang lebih detail disarankan untuk melakukan skrining mamografi. Adapun skrining atau pemeriksaan dini ini bertujuan untuk meminimalisir kematian pada pendertia kaner payudara. Bila penyakit telah dideteksi sejak awal maka kemungkinan untuk dapat disembuhkan semakin besar. Ada berbagai jenis macam skrining dari mulai SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri, SADANIS atau pemeriksaan payudara klinis, mammografi skrining, USG, MRI, CT-Scan dan prevensi skrining.

Ciri-Ciri Kanker Payudara

Adapun keluhan awal yang menandakan adanya kanker payudara (ciri-ciri kanker payudara)  diantaranya adalah :

  1. Adanya benjolan disekitar payudara maupun daerah sekitar ketiak
  2. Payudara terasa bengkak sebagian maupun seluruhnya
  3. Kulit payudara terdapat luka maupun peradangan
  4. Kulit payudara berkerut seperti kulit jeruk
  5. Payudara terasa nyeri dan tidak nyaman
  6. Puting teras nyeri
  7. Puting payudara seperti tertarik kedalam
  8. Kulit payudara menebal maupun memerah
  9. Keluar cairan (bukan ASI) dari payudara

Kanker payudara memiliki stadium dari stadium 0 sampai stadium 4. Semakin tinggi stadium dan telatnya penanganan maka akan semakin sulit disembuhkan. Oleh karena itu setiap wanita harus waspada bila menemukan kondisi seperti ciri-ciri kanker payudara diatas. Penyembuhan dilakukan dengan cara terapi, radiasi sampai pembedahan. Selalu jaga kesehatan, keseimbangan gizi dan rajin-rajinlah berolahraga supaya kita dapat terhindar dari penyakit ini.

9 Ciri-Ciri Kanker Payudara Yang Harus Kamu Ketahui 9 Ciri-Ciri Kanker Payudara Yang Harus Kamu Ketahui
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pihak Kementrian Kesehatan, disebutkan bahwa kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita di Indonesia (baca juga tentang jenis kanker yang jarang diketahui ). Dimana 12...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *