Inilah 9 Makanan Sumber Probiotik Untuk Kesehatan

Dalam tubuh manusia, terdapat dua jenis bakteri yaitu bakteri jahat dan bakteri baik. Sebenarnya, tidak semua bakteri merugikan bagi tubuh manusia. Sebagian bakteri bahkan dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan manusia. Ada banyak makanan sumber probiotik yang bisa didapatkan secara mudah untuk memenuhi kebutuhan baktei baik dalam tubuh kita. Bila bakteri yang salah terdapat pada area yang salah, maka hal inilah yang dapat menyebabkan masalah. Namun bila bakteri yang tepat berada di tempat yang tepat pula, maka hal ini akan sangat menguntungkan tubuh manusia. Saat tubuh terkena infeksi bakteri, biasanya penderita akan disarankan untuk meminum antibiotik. Antibiotik ini akan membunuh semua bakteri termasuk bakteri baik yang hidup dalam tubuh. Untuk mengembalikan keberadaan bakteri baik dan menormalkan metabolisme tubuh, maka akan dibutuhkan probiotik.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang menguntungkan bagi tubuh manusia bahkan sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan sebagian penyakit. Bakteri baik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik juga dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Untuk membuat sistem pencernaan sehat, anda juga bisa menggunakan solusi lain seperti penggunaan lidah buaya. Terdapat banyak Manfaat Lidah Buaya Baik Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan. Namun sekali lagi, probiotik juga sangat bermanfaat bagi pencernaan. Dalam istilah lain, probiotik sering dikenal sebagai bakteri baik. Sejumlah probiotik dapat didapatkan dari makanan sumber probiotik tertentu maupun dari suplemen tambahan.

Makanan – Makanan Sumber Probiotik

Dibalik jutaan manfaat yang ditawarkan oleh probiotik, probiotik juga memiliki efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping yang dapat timbul diantaranya perut kembung, adanya gas berlebuh dalam tubuh, dan berlebihan dalam menstimulasi sistem kekebalan tubuh manusia. Namun tetap saja probiotik dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Probiotik sendiri dapat didapatkan pada makanan-makanan tertentu seperti :

1. Yoghurt

youghurt

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan berfermentasi seperti youghurt mengandung banyak probiotik atau bakteri baik didalamnya. Bakteri baik ini dapat membantu menjaga kesehatan dan keseimbangan metabolisme usus dan tubuh. Bakteri baik juga dapat secara perlahan mengobati orang yang alergi pada laktosa. Makanan yang memiliki rasa asam manis ini dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan mulai dari diare, perut begah dan penyakit usus lainnya.

2. Kol Asam atau Sauerkraut

makanan sumber probiotik

Makanan yang kaya akan probiotik Leuconostoc, bakteri Lactobacillus dan juga Pediococcus ini merupakan makanan khas dari Jerman. Makanan ini merupakan hasil fermentasi dari sayuran kubis atau kol. Saat memilih makanan ini, usahakan jangan memilih sauerkraut yang telah dipasteurisasi. Sauerkraut yang telah dipasteurisasi akan kehilangan sejumlah probiotik baik yang terkandung didalamnya. Makanan sumber probiotik ini cukup mirip dengan makanan khas Negeri Ginseng yang bernama Kimchi. Makanan ini juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita.

3. Sup Miso

sup miso

Sup miso merupakan makanan yang umum ditemukan di masyarakat Jepang. Makanan ini merupakan hasil olah dari pasta kedelai yang telah difermentasi. Sup ini biasa digunakan sebagai menu sarapan. Sup yang memiliki rasa cenderung asin ini memiliki kandungan vitamin B dan sangat rendah kalori. Anti oksidan juga terdapat dalam kandungan sup miso ini.

4. Varian Keju Lunak

soft cheese

Keju pada umumnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu soft cheese dan hard cheese. Jenis keju yang mengandung banyak probiotik adalah varian keju lunak. Menurut penelitian yang telah dilakukan, beberapa probiotik tidak mampu bertahan dalam sistem pencernaan manusia sehingga cepat mati. Namun, dalam keju lunak dan difermentasi seperti keju gouda, probiotik dapat bertahan dalam usus. Keju dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyeimbangkan metabolisme tubuh kita.

5. Kefir

kefir

Kefir merupakan minuman olahan fermentasi yang berasal dari daerah Pegunungan Kaukasus Eurasia. Minuman olahan ini dapat dibuat dari susu kambing, sapi maupun yang lainnya. Kandungan bakteri baik pada kefir cukup berbeda dengan youghurt. Kefir juga memiliki sejumlah ragi didalamnya.

6. Roti Sourdough

roti sourdough

Jenis roti ini telah ditemukan ribuan tahun sebelum ditemukannya ragi. Sourdough sendiri merupakan istilah pembuatan ragi alami yang berasal dari campuran tepung dan air. Proses fermentasi menggunakan teknik ini memakan waktu yang cukup lama. Namun, tidak dapat dipungkiri bawa roti sourdough memiliki sejumlah bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

7. Susu Probiotik

susu probiotik

Bila sahabat Herbal TV menginginkan cara yang praktis untuk mendapatkan pangan yang mengandung probiotik, sahabat dapat mendapatkannya pada minuman susu probiotik. Minuman jenis ini banyak dijual di pasaran sehingga sangat mudah untuk mendapatkannya. Susu probiotik biasanya memang didesain untuk keperluan probiotik jadi kandungan bakterinya lebih banyak dari yang lain.

8. Tempe

tempe

Siapa yang tidak kenal tempe? Di Indonesia sendiri tempe merupakan makanan yang sangat populer. Tidak banyak yang tau bahwa tempe mengandung probiotik sekaligus merupakan antibiotik alami yang menyerang bakteri jahat tertentu. Selain mengandung probiotik, tempe juga kaya akan protein. Makanan hasil fermentasi kedelai ini dapat meningkatkan sistem imun anda.

9. Suplemen probiotik

suplemen probiotik

Selain terdapat di dalam makanan sumber probiotik yang difermentasi, probiotik juga dapat didapatkan melalui suplemen. Suplemen dapat berupa kapsul, serbuk maupun tablet. Suplemen ini cocok untuk seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Namun harus selalu diingat, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen ini, anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Itulah 9 makanan sumber probiotik yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Usahakan jangan dikonsumsi secara berlebihan. Probiotik memang memiliki banyak keuntungan mulai dari meningkatnya sistem kekebalan tubuh sampai sehatnya sistem pencernaan.

Inilah 9 Makanan Sumber Probiotik Untuk Kesehatan Inilah 9 Makanan Sumber Probiotik Untuk Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Dalam tubuh manusia, terdapat dua jenis bakteri yaitu bakteri jahat dan bakteri baik. Sebenarnya, tidak semua bakteri merugikan bagi tubuh manusia. Sebagian bakteri bahkan dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan manusia. Ada banyak makanan sumber...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *