Bagaimana Dampak Minuman Keras Bagi Otak ?

Selain membuat peminumnya menjadi mabuk, ternyata alkohol bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Alkohol juga dapat merusak fungsi hati dan menyebabkan berbagai macam kerugian lainnya. Bila alkohol dikonsumsi secara terus menerus maka hal ini akan berbahaya bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Selain dapat merusak tubuh, alkohol juga dapat merubah perangai seseorang. Lalu kira-kira apasaja dan bagaimana dampak minuman keras bagi otak akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Alkohol dikenal memiliki zat psikoaktif yang dapat membuat peminumnya kecanduan. Zat psikoaktif ini dapat merubah kondisi kimiawi pada otak untuk beberapa waktu.

pengaruh alkohol pada otak

Bila alkohol dikonsumsi oleh ibu hamil pada kadar tertentu, maka hal ini akan membuat janinnya memiliki resiko cacat yang tinggi. Alkohol yang diminum oleh ibu hamil dapat masuk kedalam plasenta sang ibu sehingga sang bayi akan terkena dampaknya. Hal ini tentu saja akan menjadi pengganggu dalam tumbuh kembang janin tersebut sehingga saat lahir sang bayi memiliki kemungkinan besar terkena berbagai masalah yang cukup serius. Selain hal tersebut, menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa seorang bayi yang terlahir dari Ibu pemabuk, maka IQnya cenderung lebih rendah bila dibandingkan dengan bayi yang lahir dari Ibu yang normal.

Seorang pecandu alkohol biasanya berdampak pada kehidupan sosialnya. Pecandu bisa mengalami berbagai gangguan pada perkembangan otaknya. Seseorang yang memiliki kecanduan alkohol juga memiliki resiko tinggi kecelakaan. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan tubuh dan jiwa, kita disarankan untuk menjauhi konsumsi alkohol. Dilansir dari halaman Harvad Health disebutkan bahwa semakin banyak dan semakin sering seseorang mengkonsumsi alkohol maka semakin banyak pula sel otak yang rusak. Itulah kira kira bagaimana dampak minuman keras bagi otak. Otak sendiri merupakan pusat pengendalian semua aktifitas pada tubuh. Bila kinerja otak terganggu maka bagian-bagian tubuh yang lain terutama hormon dan syaraf juga akan terganggu.

Kerusakan otak tersebut tidak hanya berlaku pada pecandu alkohol berat. Seseorang yang sering mengonsumsi minuman keras dalam skala medium juga beresiko mengalami perusakan dan penyusutan pada otak.

Bagaimana Dampak Minuman Keras Bagi Otak ? Bagaimana Dampak Minuman Keras Bagi Otak ?
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selain membuat peminumnya menjadi mabuk, ternyata alkohol bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Alkohol juga dapat merusak fungsi hati dan menyebabkan berbagai macam kerugian lainnya. Bila alkohol dikonsumsi secara terus menerus maka hal ini akan...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *