Cara Cerdas Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Cara Cerdas Mengurangi Resiko Kanker Payudara  – www.herbaltv.co.id – Tidak ada wanita yang tidak takut saat mendengar kata kanker, terlebih kanker payudara yang hampir sebagian dialami oleh wanita, apalagi jika kita mengetahui penyakit ini telah berada dalam urutan teratas sebagai salah satu penyebab kematian pada wanita di Indonesia, dengan angka yang mencapai 40 per 100.000.

Pada dasarnya kanker payudara ini bukan salah satu penyakit yang tidak bisa kita cegah. Karena semua hal yang anda lakukan mulai dari kegiatan setelah bangun tidur sampai dengan sarapan bisa menjadi salah satu faktor yang akan memicu atau mengurangi resiko kanker payudara. Simak untuk selengkapnya berikut ini:

Cara Cerdas Mengurangi Resiko Kanker Payudara

1. Mengecek Kepadatan Payudara

Apakah anda sudah pernah mengecek kepadatan payudara anda ? Hal ini tentu tidak boleh dianggap remeh, dikarenakan akan lebih sulit untuk mendeteksi dengan mamogram bila payudara yang anda miliki jaringan halus yang ternyata lebih banyak ketimbang lemak. Ada baiknya anda juga mengetahui jikalau wanita yang mempunyai payudara yang padat ternyata bisa memiliki resiko kanker payudara lebih besar hingga mencapai 6 kali lipat, sehingga memerlukan lebih seringnya dicek menggunakan USG atau mamografi digital.

2. Aktif melakukan gerakan.

Apakah anda salah satu wanita yang yang sering sibuk dengan pekerjaan sampai tidak sempet melakukan olaharga ? Sepertinya sekarang adalah waktunya untuk anda mulai bergerak lebih aktif, setidaknya dengan berjalan kaki setengah jam perhari untuk menjaga berat badan ideal dan juga bantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh anda.

Penelitian dari American Cancer Society telah menemukan bahwa wanita yang berat badannya mengalami kenaikan 10 sampai 15 kilogram setelah usia 18 tahun, ternyata mempunyai peluang untuk mengindap kanker payudara lebih besar sebanyak 40%.

Dan ini dikarenakan lemak yang berlebih pada tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon estrogen dan tentunya bisa mendorong untuk pertumbuhan sel kanker payudara, terlebih bagi wanita yang mengalami menopause.

3. Berhenti merokok.

Cara Cerdas Mengurangi Resiko Kanker Payudara  yaitu dengan berhenti merokok. Anda perlu untuk mengetahui bahwa wanita perokok memiliki resiko mengindap kanker payudara invasif yang akan jauh lebih besar. Tidak hanya itu wanita yang terlanjur mengindap kanker dan berhenti untuk merokok juga bisa mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar dari kemoterapi dan terapi radiasi.

4. Cek riwayat kesehatan keluarga anda.

Ternyata hampir sekitar 5 sampai 10% kasus kanker payudara ini diturunkan secara genetik selama beberapa generasi. Dalam mengurangi resiko kanker dan penyakit berbahaya lainnya, maka coba dengan mulai mencari tahu riwayat kesehatan keluarga anda, baik itu dari sisi ayah atau ibu anda. Dengan semakin cepat anda tahu maka akan semakin baik, dikarenakan bisa segera untuk dilakukan langkah pencegahan.

5. Memberikan ASI Secara Eksklusif

Ini merupakan salah satu alasan tambahan untuk anda memberikan ASI secara eksklusif. Dengan kita konsisten menyusui bayi selama 6 bulan pertamanya, maka anda bisa menurunkan resiko kematian akibat kanker payudara sebesar 10%. Ini dapat terjadi karena saat anda menyusui, anda tidak mengalami menstruasi dan jumlah estrogen pada tubuh anda jauh berkurang.

Cara Cerdas Mengurangi Resiko Kanker Payudara Cara Cerdas Mengurangi Resiko Kanker Payudara
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cara Cerdas Mengurangi Resiko Kanker Payudara  – www.herbaltv.co.id – Tidak ada wanita yang tidak takut saat mendengar kata kanker, terlebih kanker payudara yang hampir sebagian dialami oleh wanita, apalagi jika kita mengetahui penyakit ini...
Gaya Hidup Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *