Cara Mengenali Penyakit Dari Warna Lidah

Mengenali penyakit dari warna lidah dapat dilakukan dengan cara melihat skema warnanya. Normalnya, lidah memiliki warna merah muda dan memiliki permukaan yang tidak rata. Namun, bila kondisi kesehatan anda sedang terganggu, maka warna lidah bisa saja berubah dan memiliki warna yang lain. Warna lida saat terserang penyakit dapat beruba menjadi warna lain yang bervariasi seperti warna putih pekat, warna hitam bahkan warna merah menyala. Warna lidah dapat berubah karena lidah merupakan salah satu organ tubuh yang sangat peka teradap apapun perubaan yang terjadi pada tubuh baik itu karena penyakit, hormon maupun faktor lingkungan. Lidah memiliki selaput lendir yang dilengkapi oleh tonjolan-tonjolan bernama papilla. Semakin banyak papila yang terdapat pada lidah maka lidah tersebut akan semakin peka terhadap rasa.

Mengenali Penyakit Dari Warna Lidah

Adapun warna-warna lidah yang dapat mengindikasikan adanya penyakit dan mengenali penyakit dari warna lidah yaitu ;

1. Warna Lidah Putih

mengenali penyakit dari warna lidah

Warna lidah putih menunjukan adanya ketidakberesan dalam tubuh anda dikarenakan warna ini bukan merupakan warna lidah yang sehat. Ketika lidah anda berwarna putih, kemungkinan penyakit yang diderita yaitu ;

  • Sariawan Karena Jamur
    Warna lidah yang berwarna putih dapat disebabkan oleh penyakit sariawan yang terkena infeksi jamur atau yang disebut juga dengan kandiasis oral atau trush. Infeksi ini disebabkan oleh suatu jamur yang bernama jamur candida albicans. Ciri-cirinya yaitu, lidah dipenuhi warna putih yang berbentuk seperti gundukan atau lapisan keju. Selain itu, penyakit ini juga menyebabkan rasa terbakar dan tidak nyaman pada lidah dan mulut anda. Orang-orang yang beresiko terkena penyakit ini diantaranya adalah anak-anak, orang tua, para pemakai gigi palsu dan orang yang memiliki riwayat diabetes atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penggunaan antibiotik jangka panjang juga dapat mempertinggi resiko terkena penyakit ini. Sariawan ini dapat disembukan pula menggunakan bahan alami. Anda dapat menyembukan sariawan menggunakan kunyit.
  • Penyakit Leukoplakia
    Salah satu penyebab lidah putih pada orang dewasa yaitu terkena penyakit leukoplakia. Penyakit ini merupakan bentuk kelainan yang dapat terjadi di bagian rongga mulut khususnya di bagian mukosa mulut. Penyakit leukoplakia dapat meluas dengan cepat seperti penyakit tumor. Adapun ciri-ciri terkenanya penyakit ini pada lidah dapat diketahui dengan munculnya bercak putih maupun plak-plak yang tidak normal pada lidah. Penyakit ini seringkali disebabkan oleh terjadinya iritasi. Seringkali disebabkan oleh pengguna tembakau atau perokok. Bila anda melihat bercak putih pada lidah anda, setelah anda mengenali penyakit dari warna lidah anda segeralah periksa pada dokter karena meski penyakit ini tidak berbahaya namun bisa jadi indikasi awal penyebab kanker.

2. Warna Lidah Merah

lidah berwarna putih dan bintik merah

Warna lidah yang normal umumnya berwarna cenderung pink atau merah muda. Bila warnanya berubah menjadi merah menyala atau malah berbintik bintik maka kemungkinan kesehatan anda sedang terganggu. Berikut ini penyakit yang dapat dideteksi dengan timbulnya warna merah pada lidah.

  • Kekurangan Vitamin
    Kekurangan vitamin pada tubuh dapat mengganggu kondisi kesehatan anda. Lidah dapat berubah warnanya menjadi warna merah yang tak biasa. Ini biasanya disebabkan karena kekurangan asam folat dan vitamin B-12
  • Lidah Geografis
    Kondisi lidah geografis merupakan suatu kondisi dimana warna lidah anda berpola seperti peta. Permukaan lidah nampak seperti kumpulan pulau-pulau pada sebuah peta. Ciri-cirinya yaitu adanya tambalan halus merah atau lesi merah pada permukaan lidah. Kemudian lidak terasa tidak nyaman dan terasa terbakar. Penyakit ini dapat bertahan hingga beberapa bulan dan juga bisa hilang timbul.
  • Demam Scarlet dan atau Penyakit Kawasaki
    Demam scarlet merupakan penyakit demam yang disertai ruam-ruam merah pada kulit. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Sedangkan penyakit kawasaki merupakan penyakit inflamasi serius pada dinding pembuluh darah yang cukup langka. Kedua penyakit ini menyebabkan lidah berwarna semerah strawberry dan memiliki tekstur benjolan seperti strawberry juga. Kedua jenis penyakit ini menyebabkan demam yang sangat tinggi. Oleh karena itu harus secepat mungkin ditangani oleh dokter agar tidak terjadi komplikasi.

3. Warna Lidah Hitam

warna lidah hitam

Warna lidah hitam sangatlah tidak normal. Adapun penyebabnya diantaranya adalah infeksi bakteri dan jamur. Lidah yang hitam ini selain berwarna hitam pekat juga sedikit terlihat berambut. Bisa terjadi karena pertumbuhan indera pengecap rasa yang terlalu berlebihan. Orang yang merokok beresiko sangat tinggi untuk terkena lidah berwarna hitam ini, selain itu penyakit diabetes, penggunaan antibiotik dan kurangnya menjaga kebersihan mulut juga dapat menyebabkan warna lidah menjadi hitam. Warna lidah tidak normal ini biasanya tidak mengindikasikan penyakit yang serius. Ini bisa dihilangkan menggunakan sikat lidah dan dental floss atau benang gigi.

Cara Mengenali Penyakit Dari Warna Lidah Cara Mengenali Penyakit Dari Warna Lidah
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengenali penyakit dari warna lidah dapat dilakukan dengan cara melihat skema warnanya. Normalnya, lidah memiliki warna merah muda dan memiliki permukaan yang tidak rata. Namun, bila kondisi kesehatan anda sedang terganggu, maka warna lidah...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *