Cara Menghentikan Kecanduan Gula atau Makanan Manis

Saat ini, ada banyak orang yang merasa kecanduan atau ketagihan terhadap makanan manis. Secara ilmiah, manusia memang bisa mengalami kecanduan terhadap gula. Namun tidak perlu khawatir karena kecanduan ini dapat diatasi dengan kemauan yang sungguh-sungguh selama sepuluh hari. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan selama sepuluh hari demi terlepas dari kecanduan gula. Adapun cara menghentikan kecanduan gula yang akan dibahas harus dilakukan dengan rutin selama 10 hari berturut-turut.

cara menghentikan kecanduan gula

Banyak dari kita sangat menyukai rasa manis yang berasal dari gula. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi gula sangat tidak baik untuk kesehatan. Untuk menghentikan rasa candu tersebut, maka harus dilakukan cara menghentikan kecanduan gula yang akan dibahas selanjutnya. Secara bioligis, gula memang dapat menyebabkan seseorang mengalami kecanduan. Di era serba instan ini, banyak orang mulai makan sembarangan tanpa memperhatikan kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Saat ini, orang dewasa rata-rata mengkonsumsi lebih dari 20 sendok teh gula padahal batas yang disarankan yaitu 5 sendok teh untuk wanita dan 9 sendok teh untuk pria. Batas konsumsi gula untuk anak-anak adalah 4 sendokteh setiap harinya namun pada kenyataannya, anak-anak mengkonsumsi lebih dari 30 sendok teh gula setiap harinya.

Cara Menghentikan Kecanduan Gula

Banyak gula terdapat pada makanan dan minuman cepat saji seperti minuman bersoda. Satu kaleng minuman bersoda dapat memiliki 10 sendok teh gula didalamnya. Terlebih jika kita juga mengkonsumsi es krim, kue dan makanan kaya gula lainnya. Untuk itu, tubuh kita perlu untuk dibersihkan dari kelebihan konsumsi gula ini. Ada banyak manfaat dari mengikuti cara menghentikan kecanduan gula selama 10 hari ini. Manfaat tersebut itu antara lain :

  1. Dapat mengurangi resiko terkena penyakit degeneratif
  2. Mengurangi depresi dan kelelahan berlebih
  3. Menyehatkan lambung
  4. Menyehatkan persendian
  5. Menghindari migrain

Pada 10 hari diet gula, lakukanlah 8 cara menghentikan kecanduan gula ini :

1. Tekadkan Niat

Hal yang penting sebelum melaksanakan diet gula adalah memiliki tekad yang kuat karena hal ini harus dilakukan selama 10 hari berturut-turut tanpa berselang. Detox gula ini akan me-reset kembali tubuh dan otak kita terhadap gula.

2. Membatasi Beberapa Makanan

Pada waktu sepuluh hari ini, kita harus berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dalam bentuk apapun. Kita harus berhenti mengkonsumsi Monosodium Glutaman (MSG), pemanis kimia buatan, cemilan kemasan, lemak terhidrogenasi seperti margarin dan makanan lain yang mengandung pemanis.

3. Minum Minuman Tawar

Jangan tambahkan pemanis apapun pada minuman anda selama detox gula sepuluh hari ini.

4. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Untuk mengimbangi diet gula ini, tambahkan lebih banyak protein pada makanan utama anda seperti daging, kacang-kacangan, telur dan ikan segar.

5. Konsumsi Sayuran Rendah Karbohidrat

Untuk memaksimalkan diet gula anda, batasi konsumsi karbohidrat dengan menyediakan makanan rendah karbohidrat seperti asparagus, kacang-kacangan seperti buncis, bawang, merica, tomat dan jamur.

6. Tambahkan Lemak Yang Baik Untuk Kesehatan

Makanan yang dapat disediakan selama diet gula diantaranya, buah alpukat, kacang-kacangan, ikan dan biji-bijian.

7. Kendalikan Stres

Jauhi hal-hal yang dapat membuat anda stres selama sepuluh hari ini karena stres dapat mempengaruhi hormon kortisol dalam tubuh anda.

8. Cukupi Kebutuhan Tidur

Memiliki tidur yang cukup sangatlah penting dalam proses detox gula ini. Jika anda kekurangan tidur, maka tubuh anda akan meminta lebih banyak asupan kalori dan gula.

Setelah melakukan diet gula ini, tubuh dan otak anda akan me-reset kembali dan anda dapat mengontrol asupan gula anda selanjutnya. Baca juga Mengenal 3 Penyebab Umum Kegemukan yang Jarang Disadari.

Cara Menghentikan Kecanduan Gula atau Makanan Manis Cara Menghentikan Kecanduan Gula atau Makanan Manis
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Saat ini, ada banyak orang yang merasa kecanduan atau ketagihan terhadap makanan manis. Secara ilmiah, manusia memang bisa mengalami kecanduan terhadap gula. Namun tidak perlu khawatir karena kecanduan ini dapat diatasi dengan kemauan yang...
Gaya Hidup - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *