Cara Penyembuhan Keloid dengan Mudah dan Cepat

Apa itu Keloid ?

Keloid merupakan istilah untuk bekas luka yang tidak kunjung berhenti. Bekas luka keloid biasanya berbentuk benjolan yang memiliki warna merah muda maupun keunguan. Bekas luka biasa pada dasarnya semakin hari akan semakin menyusut namun berbeda dengan bekas luka keloid, ia tidak akan kunjung sembuh dan malah semakin melebar. Pada dasarnya, jaringan fibrosa tumbuh saat kulit mengalami luka namun pada beberapa kasus, jaringan ini tumbuh berlebihan sehingga terbentuklah keloid. Keloid memiliki bentuk benjolan yang tidak umum. Untuk mengetahui seperti apa keloid dan cara penyembuhan keloid, berikut ciri-ciri keloid yang tampak pada gambar.

cara penyembuhan keloid

Apa Penyebab Keloid ?

Penyebab pasti terbentuknya keloid sampai saat ini belum diketahui namun ada beberapa faktor resiko yang dapat dijadikan pertimbangan. Faktor resiko pertama yang dapat meningkatkan resiko terjadinya keloid adalah warna pigmen kulit. Semakin gelap warnanya, maka resiko keloid ini muncul lima belas kali lebih besar dari yang berwarna kulit cerah. Namun tidak menutup kemungkinan orang berkulit putih juga mengalami keloid. Keloid sendiri lebih sering terjadi pada orang yang berusia produktif dan jarang menyerang orangtua beserta anak-anak. Faktor resiko selanjutnya yaitu faktor genetik keturunan. Bekas luka keloid sendiri paling sering tumbuh dibagian dada, kedua telinga, bagian bahu dan punggung.

Cara Penyembuhan Keloid

Apakah keloid itu  berbahaya? Pasti banyak diantara kita yang bertanya apakah keloid ini membahayakan tubuh anda. Berbagai macam keloid termasuk keloid bekas operasi caesar memang tidak membahayakan nyawa tetapi akan cukup mengganggu penampilan. Selain itu, keloid juga membuat penderitanya tidak nyaman karena gatal-gatal. Namun jika dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik maka beresiko menimbulkan komplikasi kerusakan jaringan.

1. Melakukan Suntikan Cortisone

Cara ini merupakan cara yang aman dan tidak menyakitkan. Cortisone biasanya disuntikkan setiap satu atau dua bulan sekali pada keloid. Suntikan ini akan membantu meratakan benjolan keloid namun akan menyisakan noda warna merah pada kulit.

2. Perawatan Keloid dengan Laser

Salah satu cara untuk menghilangkan keloid adalah dengan menggunakan treatment laser. Cara ini mungkin lebih mahal tapi akan meninggalkan warna merah kulit yang lebih sedikit dibandingkan suntikan cortisone. Penyembuhan dengan laser juga mudah, cepat dan tidak terlalu terasa sakit.

3. Teripang Emas

Cara penyembuhan keloid lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan cairan teripang emas. Teripang emas sendiri memiliki eicosapentaenat (EPA) dan juga docosahexaenat (DHA) yang berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel yang rusak. Cara ini merupakan cara yang terbilang mudah, murah dan aman.

4. Cryotherapy dengan Nitrogen Cair

Cara ini terbilang cukup mahal dan harus rutin dilakukan. Terapi ini dilakukan menggunakan nitrogen cair untuk meratakan keloid yang ada.

Adapun cara penyembuhan keloid lain selain operasi yaitu penggunaan silikon pada keloid, radiasi pada kulit dan suntikan kemoterapi. Untuk menghilangkan bekas luka keloid memang diperlukan usaha yang keras dan pantang menyerah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelembapan kulit dan melindunginya menggunakan tabir surya. Untuk masalah kulit lainnya, baca juga : Kebiasaan Buruk Yang Bisa Mempercepat Penuaan Dini

 

Cara Penyembuhan Keloid dengan Mudah dan Cepat Cara Penyembuhan Keloid dengan Mudah dan Cepat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Apa itu Keloid ? Keloid merupakan istilah untuk bekas luka yang tidak kunjung berhenti. Bekas luka keloid biasanya berbentuk benjolan yang memiliki warna merah muda maupun keunguan. Bekas luka biasa pada dasarnya semakin hari...
Berita - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *