Ciri-Ciri Diabetes Tipe 2 serta Penanganannya

Ciri-ciri diabetes tipe 2 perlu untuk kita ketahui bersama mengingat lebih dari 12 juta orang penduduk Indonesia menderita penyakit ini. Penyakit diabetes tipe 2 dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai orang tua. Gaya hidup minim aktivitas dan pola makan yang buruk menjadi salah satu faktor resiko tertinggi penyebab diabetes. Banyak orang yang sebenarnya menderita penyakit ini tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan kurangnya informasi yang beredar.

ciri-ciri diabetes

Penyakit diabetes sendiri muncul akibat ketidak seimbangan hormon insulin pada tubuh dengan kadar gula dalam darah. Hormon insulin berfungsi untuk mengendalikan jumlah glukosa dalam darah sehingga tetap seimbang. Pada penderita diabetes, jumlah hormon insulin sangat kurang bila dibandingkan jumlah gula darahnya sehingga terjadi ketidakseimbangan. Terlalu banyak glukosa dalam darah dapat merusak pembuluh darah, otak dan organ lainnya.

Ciri-Ciri Diabetes Tipe 2

Adapun ciri-ciri yang biasanya menandakan terkenanya penyakit diabetes tipe 2 yaitu sebagai berikut :

1. Sering Merasa Haus

Salah satu ciri yang dapat menandakan seseorang terkena diabetes tipe 2 yaitu sering merasa haus. Saat seseorang sering merasa haus, ia akan sering minum dan selanjutnya sering buang air kecil. Penderita juga akan merasa lapar yang tidak biasa serta menderita mulut kering dan kehilangan/kelebihan berat badan.

2. Sakit Kepala

Gejala lain yang dapat menandakan seseorang terkena diabetes adalah sering merasa sakit kepala. Sakit kepala ini disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Selain sakit kepala, gejala lain saat gula darah terlalu tinggi ialah pandangan menjadi kabur serta merasa kelelahan.

3. Sering Mengalami Infeksi

Ciri lain yang dapat menyertai diabetes tipe 2 adalah sering mengalami infeksi sehingga luka tidak mudah sembuh. Tanda ini merupakan ciri yang cukup kuat dalam menandakan adanya diabetes tipe 2. Gejala lain diantaranya sering terkena infeksi jamur. Mengalami masalah pada sistem urine juga bisa merupakan salah satu tanda penyakit ini.

4. Disfungsi Seksual

Diabetes tipe 2 dapat merusak pembuluh darah pada organ intim penderita. Oleh karena itu, penderita dapat mengalami disfungsi seksual. Komplikasi dari gejala ini diantaranya adalah impoten dan keringnya vagina pada penderita.

Itulah ciri-ciri yang biasanya menandakan seseorang terkena diabetes tipe 2. Adapun orang-orang yang beresiko tinggi terkena penyakit ini diantaranya adalah :

  1. Orang yang kurang beraktivitas dan kurang berolahraga
  2. Obesitas
  3. Perokok dan Pemabuk
  4. Orang dengan pola makan buruk
  5. Orang yang memiliki triglycerid tinggi

Faktor keluarga juga tinggi dalam hal faktor resiko diabetes tipe 2. Saat anda mengalami ciri-ciri diatas, jangan lupa untuk memeriksakan diri pada dokter terpercaya anda. Kemudian jalani hidup sehat untuk menyeimbangkan kadar hormon insulin dan gula darah anda. Adapun perawatan yang dapat dilakukan ialah :

  1. Mengatur pola makan khusus penderita diabetes 2
  2. Rutin berolahraga
  3. Kurangi faktor-faktor penyebab stres
  4. Konsumsi obat secara rutin
  5. Tes kadar gula darah secara berkala
  6. Suntik Insulin

Melakukan perawatan seperti diatas sangat penting untuk menghindari komplikasi berbahaya akibat diabetes 2 seperti serangan jantung, kerusakan mata, luka gangren dan sakit urat syaraf. Untuk mencegah tingginya gula darah, cobalah ramuan alami berikut ini :

 

Ciri-Ciri Diabetes Tipe 2 serta Penanganannya Ciri-Ciri Diabetes Tipe 2 serta Penanganannya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ciri-ciri diabetes tipe 2 perlu untuk kita ketahui bersama mengingat lebih dari 12 juta orang penduduk Indonesia menderita penyakit ini. Penyakit diabetes tipe 2 dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai orang tua....
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *