Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya

Bahaya Bergadang dan Cara Untunk Mengurangi Resikonya – herbaltv – Bergadang merupakan keadaan dimana seseorang yang berjaga dan tidak tidur sampai larut malam. Manusia normalnya harus tidur minimal 8 jam sehari, Orang yang terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap harinya akan beresiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda karena serangan stroke.

Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi ResikonyaSedangkan orang yang tidur lebih dari sembilan jam setiap harinya merupakan gejala awal terjadinya gangguan kesehatan, jadi lebih baik anda tidur secara seimbang antara tujuh sampai delapan jam dan tidak kurang dan tidak lebih karena sangat berpengaruh bagi kesehtan tubuh anda. Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya

Kebiasaan bergadang tentu saja akan berakibat negatif dan pada saat tidur tubuh kita membuang semua racun dari dalam tubuh dan proses tersebut membutuhkan tubuh dalam keadaan rileks yaitu pada saat kita tidur. Organ yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh adalah hati jika anda bergadang maka anda mencegah hati melakukan fungsinya untuk membersihkan racun dalam tubuh. Bahaya bergadang dapat merusak kerja organ hati dan selain itu juga bagian organ tubuh yang bisamendapat implikasi bahaya bergadang adalah kelenjar getah bening, kandung kemih, usus, paru paru, dan organ tubuh yang lainnya.

Faktor Penyebab, Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya

Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya

Biasanya ada beberapa faktor yang yang dapat menyebabkan seseorang harus bergadang dan menerapkan pola hidur tidur larut malam, dan berikut Bahaya Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya:

  • Kerja Shift Malam

Kerja shift anda akan membalik pada pola tidur dan hidup anda karena bangun pada malam hari dan tidur pada siang hari, pola hidup seperti ini sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak semua sistem tubuh dan membuat anda rentan terserang penyakit juga dapat menurunnya daya tahan dan kesehatan anda.

  • Terlalu Asik Bermain

Alasan seseorang jadi kurang tidur dan bergadang adalah lupa waktu tidur dan selalu melulu soal pekerjaan yang menunpuk atau tugas ekstra. Lupa waktu juga dapat disebabkan karena anda terlalu asing bermain dan secara tidak sadar anda akan bergadang dan berakibat kurang tidur atau istirahat.

  • Jet Lag

Jika anda sering menggunakan transportasi pesawat terbang maka dapat timbul dampak jet lag atau disebut juga sebagai mabuk pasca terbang. Jet lag dapat timbul ketika anda sudah turun dari penerbangan dengan menggunakan pesawat maka salah satu dampaknya adalah membuat anda susah tidur dan jet lag dapat muncul pada saat anda melakukan perjalanan panjang dan lama menggunakan pesawat terbang.

  • Kerja Lembur

Kerja lembur secara perlahan akan membuat anda memforsir kerja otak dan tubuh anda melebihi limit tubuh manusia setiap harinya dan akibatnya anda kurang tidur dan membuat kerja jantung lebih berat dan tidak mengistirahatkan tubuh anda dengan lebih baik dan sangat mungkin dengan kerja lembur anda tidur kurang dari enam jam sehari dan jauh di bawah anjuran tidur minimal 8 jam.

  • Makan Terlalu Banyak

Makan yang terlalu banyak akan membuat anda susah tidur dan hal ini terjadi karena tubuh belum selesai melakukan pencernaan secara sempurna dan setelah makan tubuh akan terisi energi kembali. Tidur dalam keadaan kenyang tidak akan membuat tidur anda tenang dan lelap namun cenderung akan gelisah dan mudah terbangun. Dengan bergadang banyak orang salah menafsirkan akan berakibat badan menjadi kurus anggapan tersebut sangat salah, malah akan terjadi sebaliknya anda akan menjadi gemuk dan obesitas karena seseorang yang kurang tidur akan cenderung tubuhnya akan memproduksi glukosa secara cepat sehingga menimbulkan diabetes.

  • Insomnia

Insomnia bukan lah penyakit tetapi insomnia merupakan kelainan emosional, kelainan fisik, dan pemakaian obat obatan dan juga terkadang seseorang merasa insomnia karena merasa tubuh dan pikirannya tidak merasa capek atau lelah dan insomnia sering kali diobati dengan cara obat obatan seperti obat penenang dan obat tidur yang memudahkan anda untuk membantu meringankan gejala stres dan membantu anda supaya dapat tidur dan hal ini kalau bisa anda hindari karena efek pemakaian dalam jangka waktu lama akan merusak kesehatan anda serta menimbulkan ketergantungan terhadap obat obatan.

Baca JugaInilah Tanaman Herbal Yang Dapat Mengatasi Insomnia 

Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya

Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya

Adapun beberapa Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya:

  • Muka Pucat dan lingkaran hitam di bawah mata. Dalam hal ini Ciri fisik yang sering muncul dan terlihat jika Anda sering begadang adalah muka Anda yang terlihat lebih pucat, tidak cerah, sayu, lelah, serta muncul lingkaran hitam di bawah mata. Dapat pula terlihat mata merah dan mata yang berkantung.
  • Pusing dan susah konsentrasi. Dalam keadaan ini akan cenderung bangun dalam keadaan pusing dan tidak bergairah dan juga akan mengakibatkan anda sulit berkonsentrasi dan akan menjadi pelupa.
  • Daya tahan menurun. Dalam hal ini tubuh akan diforsir untuk terus beraktifitas atau bekerja sampai larut malam dan otomatis kerja tubuh juga tidak sempurna sehingga efek sampingnya adalah daya tahan tubuh anda menurun.
  • Pola makan tidak teratur. Hal ini mengakibatkan pola makan anda menjadi terganggu dan tidak teratur untuk menerapkan pola hidup sehat dan salah satunya adalah menjaga pola makan secara teratur dan bergizi.
  • Mudah mengantuk. Hal ini terjadi akibat kebutuhan istirahat anda belum tercukupi secara baik dan sempurna selama tujuh sampai delapan jam sehari.

Mengurangi Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya

Secara alami tubuh manusia tidak mengalami permasalahan jika anda begadang hanya satu hari dan hal ini dikarenakan dalaam proses tidur selanjutnya sel sel manusia dapat beradaptasi dan mendobel proses regenerasi untuk sel yang rusak, namun jika anda ternyata diharuskan bergadang lebih sering maka berikut pencegahaannya, diantaranya :

  • Perbanyak minum air putih. Saat begadang tubuh manusia cenderung mengalami dehidrasi dan air putih jauh lebih diperlukan tubuh daripada minuman lain seperti kopi,teh dan soda
  • Hindari maknan yang berminyak dan cepat saji. Minyak yang diserap oleh tubuh dapat mengganggu kinerja organ hati. Pada umumnya proses detoxin pada hati berlangsung pada pukul 23.00 malam sampai 03.00 pagi jika ditambah berkurangnya sistem imun karena kurang tidur, pada kasus yang lebih parah dapat membuat organ hati ini tidak berfungsi.
  • Konsumsi vitamin dan biji nabati. Untuk menghindari rasa lapar di saat begadang, Anda dapat mengganti camilan atau makanan cepat saji Anda dengan makanan dari biji-bijian. Kacang merah, kacang hijau, kacang kuning dan lainnya mampu memberikan kalori yang cukup saat begadang.
  • Olahraga sore. Olahraga di sore hari juga membantu mengurangi insomnia dan mengembalikan jam teratur tidur Anda. Dengan mengeluarkan energi di sore hari membuat tubuh lebih cepat mengantuk dan lebih pulas saat tidur.
  • Mandi air hangat di pagi hari. Jika Anda tidak mengetahui akan kondisi jantung Anda, kami sarankan untuk mandi dengan air hangat. Hal ini akan mengurangi efek adanya angin duduk.
Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bahaya Bergadang dan Cara Untunk Mengurangi Resikonya – herbaltv – Bergadang merupakan keadaan dimana seseorang yang berjaga dan tidak tidur sampai larut malam. Manusia normalnya harus tidur minimal 8 jam sehari, Orang yang terbiasa tidur kurang...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *