Inilah Tanaman Herbal Yang Dapat Mengatasi Insomnia

Tidur merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Saat tidur, tubuh dapat beristirahat dan sel-sel yang rusak pun dapat diregenerasi kembali. Untuk itu, tidur menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang. Lalu apa jadinya bila seseorang mengalami masalah sulit tidur atau insomnia? Hal itu tentu sangat mengganggu. Insomnia dapat mengakibatkan seseorang kurang tidur dan kurang beristirahat. Bila seseorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka kesehatannya akan menurun. Produktivitasnya disiang haripun akan ikut menurun. Untuk mengatasi insomnia biasanya dilakukan dengan cara terapi psikologis dan pengubahan pola hidup. Secara umum, kita bisa meminimalisir insomnia dengan rutin berolahraga, tidak mengonsumsi kafein sebelum tidur, tidak stress dan membiasakan tidur dengan teratur.

cara mengatasi insomnia

 

Bila cara-cara diatas tetap tidak bisa menghilangkan insomnia, maka seseorang biasanya akan mengonsumsi obat untuk mempermudah tidur dan memperlama durasi tidur. Namun, jika terlalu sering mengonsumsi obat kimia setiap hari, tentu hal itu tidak bagus bagi tubuh. Sebagai gantinya, daripada anda menggunakan obat hipnotik kimiawi, anda bisa menggunakan tanaman obat alami yang juga memiliki efek hipnotik agar insomnia anda menghilang. Adapun tanaman-tanaman obat yang memiliki efek hipnotik dan dapat digunakan sebagai herbal alami guna mengatasi insomnia yaitu sebagai berikut :

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Insomnia atau Susah Tidur

1. Tanaman Pala ( Myristica Fragrans Houtt )

Tanaman pala memang sejak lama telah dikenal sebagai tanaman obat yang dapat membantu seseorang mengatasi insomnia. Berdasarkan beberapa penelitian, diketahui bahwa buah pala memiliki senyawa yang berefek depresi Sistem Syaraf Pusat sehingga dapat membantu seseorang tidur dengan cepat dengan durasi tidur yang lama. Senyawa tersebut dikenal dengan nama terpenoid. Bagi kamu yang ingin menggunakan buah pala sebagai obat sulit tidur, persiapkanlah bahan-bahan sebagai berikut :

  • Buah Pala 1 buah
  • Air panas 1 gelas
  • Madu 1 sdm

Setelah semua bahan disiapkan, pertama-tama cuci buah pala sampai bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan pada 1 gelas air dan aduk hingga merata kemudian tambahkan 1 sdm madu. Ramuan ini diminum selagi masih hangat sebelum tidur.

2. Tanaman Kangkung ( Ipomea Reptans Poir. )

Telah menjadi rahasia umum bahwa sesaat setelah mengonsumsi kangkung, seseorang akan mengalami kantuk. Kangkung mengandung Kalium dan Natrium yang cukup tinggi yang mana dua senyawa ini merupakan bentuk persenyawaan garam beromida. Senyawa-senyawa tersebut diketahui dapat menekan susunan syaraf pusat sehingga cara kerjanya sama dengan obat tidur. Kangkung terutama kangkung air mengandung senyawa quercetin yang dapat mempercepat kantuk datang. Bagi anda yang ingin mengatasi insomnia dengan menggunakan kangkung, anda bisa mengolahnya seperti mengolah sayuran biasa. Sayuran ini dapat dikonsumsi 2 kali sehari. Namun ingat saat akan berkendara, jangan mengonsumsi kangkung dikarenakan akan cepat menyebabkan rasa kantuk.

Inilah Tanaman Herbal Yang Dapat Mengatasi Insomnia Inilah Tanaman Herbal Yang Dapat Mengatasi Insomnia
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidur merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Saat tidur, tubuh dapat beristirahat dan sel-sel yang rusak pun dapat diregenerasi kembali. Untuk itu, tidur menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang. Lalu...
Tanaman Obat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *