Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Gigi

Gigi merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan memiliki banyak kegunaan. Selain digunakan untuk melembutkan makanan, gigi juga dapat menjadi penunjang kecantikan seseorang. Memiliki gigi yang sehat dan kuat merupakan dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan gigi idaman tersebut, diperlukan beberapa usaha perawatan dan pencegahan. Demi mendapatkan gigi yang indah, kuat dan sehat maka kamu harus menghindari berbagai kebiasaan yang dapat merusak gigi. Dengan menghindarinya, maka kamu akan dapat merawat gigimu lebih baik lagi. Sebenarnya apa saja kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi ?

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Gigi

1. Mengunyah Es Batu

Kebiasaan mengunyah es batu terkadang memang terasa menyenangkan. Mengunyah es batu juga terlihat tidak berbahaya untuk gigi secara kasat mata. Namun, tahukah kamu bahwa kegiatan ini dapat merusak enamel gigi. Kerusakan yang terjadi biasanya dimulai dari kerusakan kecil. Kerusakan kecil tersebut dapat menjadi besar apabila kebiasaan ini terus berlanjut. Bila mengunyah es batu telah menjadi kebiasaanmu, maka kamu harus belajar untuk menghindarinya. Cobalah mengganti es batu dengan air dingin biasa.

2. Latihan Olahraga/Bela Diri Tanpa Pelindung Mulut

Beberapa orang sangat menyukai olahraga bela diri. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengabaikan keamanan mulut. Saat berolahraga atau berlatih bela diri seperti tinju atau karate, banyak seseorang akan kehilangan giginya dan merusak giginya bila tidak menggunakan pelindung mulut.

3. Tindik Lidah

Beberapa orang telah memutuskan untuk melakukan tindik pada lidah mereka. Namun ternyata tindik lidah dapat menyebabkan masalah serius pada gigi terutama daerah sekitar mulut. Tindik ini dapat membuat gigi sekitar menjadi rusak dan dapat membuat mulut penuh dengan bakteri.

4. Sering Menggertak-gertak Gigi

Seseorang yang sering melakukan gertak terhadap gigi dikenal sebagai bruxism.  Ada banyak orang didunia ini yang sering melakukan gertak gigi. Kebiasaan ini dapat muncul tanpa disadari dan juga dapat muncul akibat dari stres yang dialami. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang buruk karena dapat menyebabkan gigi menjadi rusak. Enamel gigi dapa terkikis secara perlahan dan juga struktur gigi dapat berubah.

5. Sering Mengonsumsi Permen Bertekstur Kenyal

Ada banyak jenis permen yang terdapat di dunia ini. Salah satunya ialah permen yang bertekstur kenyal seperti permen jelly, permen karamel, dan Jelly Beans. Secara umum, permen memang tidak baik untuk gigi namun permen bertekstur kenyal ini berakibat lebih fatal pada gigi. Permen jelly maupun karamel dapat menempel pada lubang gigi dan selanjutnya menjadi sarang bakteri. Permen-permen jenis ini akan sulit dibersihkan hanya dengan meminum air saja.

Baca juga : Macam-Macam Kelainan Perilaku Makan

Kebiasaan buruk lain yang dapat merusak gigi diantaranya adalah sering meminum soda, sering membuka bungkus plastik menggunakan gigi, terlalu banyak makan cemilan, meminum kopi, meminum minuman keras dan sering merokok.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Gigi Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Gigi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gigi merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan memiliki banyak kegunaan. Selain digunakan untuk melembutkan makanan, gigi juga dapat menjadi penunjang kecantikan seseorang. Memiliki gigi yang sehat dan kuat merupakan dambaan setiap orang. Untuk...
Gaya Hidup - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *