Kenali Penyebab Putih Mata Berdarah yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Putih Mata Berdarah – www.herbaltv.co.id – Saat kita mendengar mata berdarah, memang kerap kali membuat siapa saja yang mendengarnya merasa takut, karena pasalnya, mata ini merupakan salah satu organ yang sangat penting guna melihat kondisi disekitar kita. Akan tetapi penglihatan Anda bisa saja untuk terganggu oleh sejumlah kondisi medis yang mana salah satunya adalah putih mata berdarah.

Kenali Penyebab Putih Mata Berdarah yang Perlu Diwaspadai

Mata berbentuk seperti bola dengan adanya tonjolan sedikit didepan. Mata juga mempunyai tiga lapisan utama yang mana ketiga lapisan ini berbaring atau bertumpuk satu sama lain dan juga membentuk bola mata. Kondisi medis seperti putih mata berdarah dapat diakibatkan oleh 2 hal, yakni diantaranya pendarah subkonjungtiva (subconjunctival hemorrhage) dan juga hifema yang mana sangat memerlukan bantuan medis tentunya.

Penyebab Putih Mata Berdarah

Adanya gangguan putih mata berdarah bukanlah  sebuah hal yang bisa diabaikan, Anda dianjurkan untuk segera menghubungi dokter jika terdapat keluhan mengenai kesehatan pada mata Anda. Dan berikut ini diantaranya penyebab putih mata berdarah yang mungkin Anda alami, diantarnya :

1. Perdarahan subkonjungtiva (subconjunctival hemorrhage)

Putih mata yang berdarah bisa disebabkan oleh adanya Perdarahan subkonjungtiva (subconjunctival hemorrhage). Konjungtiva sendiri merupakan selaput transparan tipis dan juga lembap yang bisa menutupi sklera atau bagian putih mata dan kelopak mata. Konjungtiva ini bisa disebut sebagai lapisan pelindung terluar dari bola mata Anda. Dan bagian ini juga mengandung darah yang banyak pembuluh darah kecil.

Dikarenakan tidak terlihat pada saat normal, maka pembuluh darah dibagian konjungtiva ini bisa saja terlihat jelas apabila mata Anda meradang. Pembuluh darah ini menyebabkan pendarahan subkonjungtiva, yakni perdarahan yang terletak dibawah kongjungtiva, pada umumnya hal ini akan terjadi secara spontan dan tanpa penyebab yang jelas

Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan perdarah subkonjungtiva, seperti diantaranya adalah bersin, batuk, mengejan, muntah, tekanan darah tinggi, menggosok mata, atau juga terdapatnya iritasi karena penggunaan lensa kontak. Selian itu perdarah subkonjungtiva ini juga bisa diakibatkan dari adanya infeksi mata parah, trauma pada bagian kepala / mata, atau juga terjadinya setelah operasi mata atau kelopak mata.

Gejala dari putih mata berdarah ini biasanya ditandai dengan adanya perdarahan itu sendiri, pada bagian putih pada mata yang tertutupi oleh darah dan akan berangsur menghilang sengan sendirinya,. Kondisi perdarahan subkonjungtiva ini rupanya merupakan perdarahan yang tidak serius dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa dialakukan pengobatan. Akan tetapi hal tersebut tergantung pada seberapa besarnya perdarahan itu terjadi. Pendarahan ini mungkin saja akan sembuh dalam beberapa hari atau minggu. Namun Anda juga harus segera kedokter, apabila Anda mengalami rasa sakit yang terkait dengan perdarahan tersebut, kemudian adanya perubahan pada penglihatan Anda, seperti pandangan kabur, penglihatan ganda dan juga kesulitan untuk melihat secara manual. Adanya riwayat dari tekanan darah tinggi, gangguan perdarahan, serta adanya cedera dari taruma pada mata itu sendiri.

2. Hifema

Apabila putih mata berdarah yang diakibatkan oleh perdarahan subkonjungtiva maka bisa membuat bagian putih pada mata ini berwaran merah, lain halnya dengan hifema. Hifema ini merupakan perdarahan yang terjadi pada ruangan  mata bagian depan antara bagian yang berwarna dari mata (iris) dan juga kornea. Hal ini adalah keadaan medis darurat dan sangat membutuhkan penangan dokter, dikarenakan kondisi hifema tidak akan sembuh dengan sendirinya seperti perdarahan subkonjungtiva.

Putih mata yang berdarah karena hifema ini bisa disebabkan oleh adanya trauma benda tumpul, seperti cedera atletik dari tongkat, bola, atau sikutan pemain lain saat sedang berolahraga. Tidak hanya itu kecelakaan industri, jatuh, dan juga perkelahian yang bisa menyebabkan putih mata berdarah hifema.

Hifema juga bisa untuk terjadi dikarenakan adanya infeksi mata yang disebabkan oleh virus herpes, gangguan pembekuan darah seperti hemofilia dan anemia sel sabit, serta kanker mata. Hifema juga biasanya sangat menyakitkan dan jika tidak untuk diobati maka bisa menyebabkan masalah penglihatan permanen. Gejala utama dari putih mata berdarah karena hifema ini adalah darah terlihat didepan mata, berkabur, atau mengalami penglihatan terhalang, dan juga darah bisa saja untuk terlihat jika darah yang keluar ini hanya sedikit

Kondisi putih mata berdarah yang diakibatkan oleh perdarahan hifema sangat memperlukan penangan medis, dan jika dibandingan dengan perdarahan subkonjungtiva. Oleh karena itu, Anda tidak boleh untuk mengabaikan kondisi mata berdarah yang Anda alami. Dengan kita mengetahui penyebab putih mata berdarah, maka penangan yang tepat oleh dokter akan bisa dilakukan sedini mungkin. Dan juga segeralah konsultasikan pada dokter mata Anda jika mempunyai keluhan lainnya pada bagian mata.

Kenali Penyebab Putih Mata Berdarah yang Perlu Diwaspadai Kenali Penyebab Putih Mata Berdarah yang Perlu Diwaspadai
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyebab Putih Mata Berdarah – www.herbaltv.co.id – Saat kita mendengar mata berdarah, memang kerap kali membuat siapa saja yang mendengarnya merasa takut, karena pasalnya, mata ini merupakan salah satu organ yang sangat penting guna...
Berita Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *