Ketahui Makanan Sumber Vitamin B12 dan Fungsinya

Kobalamin atau Vitamin B12 merupakan satu dari sekian banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat seseorang mengalami defisiensi vitamin B12, maka hal ini akan berdampak buruk bagi tubuh terutama sel darah. Seseorang yang mengalami kekurangan asupan vitamin B12 akan beresiko tinggi terkena penyakit anemia. Selain anemia, seseorang yang tidak mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup juga beresiko terkena penyakit-penyakit yang berhubungan dengan syaraf. Adapun mengenai sumber vitamin B12, vitamin ini hanya bisa didapatkan dari pangan hewani. Vitamin B12 sangat sulit didapatkan dari pangan nabati kecuali makanan yang telah melalui proses fermentasi seperti tempe dan juga produk-produk algae, itupun jumlahnya tidak terlalu mencukupi.

Manfaat & Fungsi Vitamin B12

Vitamin B12 atau kobalamin sendiri memiliki banyak manfaat dan fungsi bagi tubuh. Selain dibutuhkan oleh fungsi syaraf dan sel darah merah, vitamin B12 juga bisa membantu produksi energi dalam tubuh. Jenis vitamin ini juga dibutuhkan dalam hal produksi material genetik RNA dan juga DNA. Selain itu, kobalamin juga bermanfaat dalam hal menjaga kesehatan otak, mencegah datangnya penyakit Alzheimer dan juga membantu menjaga kesehatan jantung. Vitamin B12 juga dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif pada orang-orang yang lanjut usia.

Makanan Sumber Vitamin B12

1. Telur

Makanan ini merupakan makan kesukaan banyak orang. Selain murah dan nikmat, telur ternyata juga merupakan sumber vitamin B12 yang ideal. Selain mengandung vitamin B12 yang ideal, telur juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

2. Kerang

Selain menjadi sumber vitamin dan mineral, ternyata kerang juga memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup banyak. Kerang juga mengandung asam lemak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jenis makanan ini juga bisa mencegah datangnya berbagai penyakit kardiovaskular lainnnya.

3. Susu

Minuman yang satu ini telah dipercaya banyak orang sebagai sumber vitamin dan mineral yang ideal. Susu dan berbagai jenis olahannya juga mengandung vitamin B12 yang bermanfaat bagi tubuh kita. Susu dapat dicampur dengan sereal yang telah difermentasi. Sereal tersebut juga merupakan makanan yang kaya akan vitamin B12.

4. Ikan

Ikan merupakan sumber vitamin B12 yang sudah tidak diragukan lagi baik itu ikan laut maupun ikan tawar. Selain kaya akan vitamin B12, ikan juga tinggi omega 3 dan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Daging

Berbagai jenis daging seperti daging sapi, daging ayam dan daging kambing merupakan makanan yang kaya akan vitamin B12. Selain dagingnya, jeroannya pun merupakan sumber vitamin B12 yang sangat banyak.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Diabetes dan Jantung

 

Ketahui Makanan Sumber Vitamin B12 dan Fungsinya Ketahui Makanan Sumber Vitamin B12 dan Fungsinya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kobalamin atau Vitamin B12 merupakan satu dari sekian banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat seseorang mengalami defisiensi vitamin B12, maka hal ini akan berdampak buruk bagi tubuh terutama sel darah. Seseorang yang mengalami...
Makanan Sehat - by ,
4 / 5 stars

One response to “Ketahui Makanan Sumber Vitamin B12 dan Fungsinya”

  1. putri says:

    hidup sehat pilihan semua orang. makan makanan yang mengandung banyak vitamin, saya juga setiap pagi selalu minum susu agar badan sehat dan bisa jadi penunda lapar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *