Macam-Macam Serangga dan Bahaya Gigitannya Pada Tubuh

Gigitan serangga merupakan hal yang kerap dialami oleh banyak orang. Serangga sendiri merupakan binatang yang sering kita temui di berbagai macam tempat. Ada banyak jenis serangga yang ada di dunia ini. Di Indonesia sendiri, serangga bertebaran dimana-mana terutama karena faktor iklim tropis yang relatif disukai oleh para serangga tersebut. Bila serangga ini menggigit, maka biasanya akan menimbulkan reaksi khusus pada tubuh seperti merah-merah, gatal-gatal dan juga perih serta bengkak. Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang berbagai macam serangga dan efek gigitannya pada tubuh manusia. Berikut ini beberapa jenis serangga dan juga efek gigitannya pada tubuh kita.

1. Serangga Caplak

Serangga yang satu ini masih ada kaitannya dengan tungau. Caplak dapat ditemukan di semak-semak maupun beberapa pepohonan. Serangga yang satu ini dapat menggigit manusia maupun hewan. Gigitannya bisa menyebabkan gatal dan merah-merah sedemikian rupa. Gigitannya cenderung tidak berbahaya namun, pada kasus teburuk, caplak ini bisa menyebabkan penyakit lyme dan juga demam rocky mountain pada manusia maupun hewan.

2. Kutu Rambut

Bila dibandingkan dengan caplak, maka kutu rambut jauh lebih sering ditemukan. Di dunia ini masih ada banyak orang yang terkena kutu rambut di kepalanya. Kutu rambut lebih banyak menyerang anak-anak daripada orang dewasa. Kutu ini biasanya ditularkan dengan cara kontak langsung antar manusia. Jenis serangga yang satu ini memang tidak berbahaya, namun kutu rambut bisa menimbulkan gatal-gatal pada kepala. Pada kasus terburuk, bekas garukan kepala dapat menimbulkan infeksi bila kepala tidak dibersihkan secara rutin. Untuk mengobati kutu rambut saat ini cukup mudah karena sudah banyak beredar sampo khusus untuk membasi kutu rambut.

3. Kutu Pinjal

Jenis serangga yang satu ini dapat ditemukan pada hewan khususnya hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Namun, meski kutu ini lebih banyak menyerang hewan, pinjal juga bisa menyerang manusia. Bila pinjal menggigit manusia, maka akan terasa luar biasa gatal dan bekasnya akan sulit hilang selama beberapa bulan. Pinjal ini bisa meloncat-loncat dan cenderung menggigit manusia yang memiliki suhu tubuh yang cenderung panas.

4. Lebah, Tawon dan Tabuhan ( Hornet )

Serangga yang dikenal akan gigitannya yang menyakitkan ialah lebah, tawon dan juga tabuhan. Selain menyakitkan, gigitam serangga tersebut dapat menyebabkan bengkak dan merah-merah. Untuk mengobatinya, penyengat lebah yang ada dikulit sebaiknya dilepaskan supaya kulit tidak terus menerus menerima racun lebah. Pada beberapa orang yang alergi sengatan, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter terdekat.

5. Semut Api

Jenis semut ini agak mirip dengan semut merah namun sedikit berbeda. Semut merah memiliki warna merah coklat yang sedikit buram sedangkan semut api memiliki warna merah marun yang cenderung mengkilap. Gigitan semut api bisa bertahan hingga satu minggu dan menimbulkan nanah pada daerah bekas gigitan. Pada jangka waktu 1 minggu, nanah tersebut akan pecah. Saat nanah pecah, maka harus dijaga tetap bersih supaya tidak terkena infeksi yang berbahaya.

6. Scabies

Serangga yang satu ini merupakan jenis tungau yang dapat menyusup kedalam kulit. Sebelum menimbulkan gejala gatal-gatal, scabies masuk dahulu kedalam lapisan kulit dan menyebabkan jaringan kulit sekitarnya rusak. Scabies dapat menular dengan mudah dengan kontak secara langsung seperti pemakaian handuk bersamaan, dan lain sebagainya.

7. Kutu Busuk / Tumila

Kutu busuk ini sering sekali bersembunyi di tempat-tempat seperti kasur, bantal, sprei dan lain sebagainya. Terutama tempat-tempat yang cenderung lembab. Maka dari itu, sangat penting untuk sering menjemur kasur dan bantal serta mencuci spreinya untuk menghindari kutu jenis ini. Gigitannya sangat gatal dan dapat menimbulkan ruam-ruam pada kulit. Untuk meredakan gatalnya, bisa digunakan gel lidah buaya.

Serangga lain yang memiliki gigitan berbahaya diantaranya adalah chikungunya, kalajengking, nyamuk dan juga kecoa.

Macam-Macam Serangga dan Bahaya Gigitannya Pada Tubuh Macam-Macam Serangga dan Bahaya Gigitannya Pada Tubuh
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gigitan serangga merupakan hal yang kerap dialami oleh banyak orang. Serangga sendiri merupakan binatang yang sering kita temui di berbagai macam tempat. Ada banyak jenis serangga yang ada di dunia ini. Di Indonesia sendiri,...
Gaya Hidup - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *