Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Herbal TV – Potensi macam macam tanaman obat dan khasiatnya di Indonesia sangatlah besar. Pasalnya, negara kita memiliki banyak sekali potensi tanaman obat. Masyarak Indonesia juga secara turun temurun telah mengenal berbagai macam macam tumbuhan dan manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan ada istilah yang dikenal sebagai apotek hidup. Beberapa jenis tumbuhan tertentu memang memiliki senyawa-senyawa yang setara obat kimia dalam hal penyembuhannya. Ada banyak sekali penelitian yang meneliti tentang tanaman obat tersebut dan dalam banyak penelitian tersebut, terbukti bahwa alam memang telah menyediakan berbagai macam obat untuk kita. Berikut ini akan kami bahas beberapa daftar tanaman obat dan khasiatnya.

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

1. Bandotan

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Tanaman bandotan dapat kita temukan di berbagai daerah terutama di daerah yang masih asri. Bandotan biasanya dianggap gulma oleh sebagian masyarakat. Tanaman yang memiliki nama latin ageratum conyzoides ini memiliki banyak khasiat yang telah terbukti diantaranya ialah sebagai obat oles luka, sebagai protektan terhadap radiasi, sebagai suatu antibakteri dan bahkan juga bisa digunakan sebagai insektisida alami. Selain itu, bandotan dikenal memiliki senyawa anti-inflamasi dan juga analgesik.

2. Bunga Mawar

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Jenis bunga ini memiliki nama latin Rosa Sp. Mungkin terdengar asing bahwa bunga mawar dapat dijadikan sebagai tanaman obat. Bunga mawar ini selain dapat dijadikan bahan baku parfum ternyata juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Jenis bunga mawar dari spesies R.chinensis diketahui dapat dimanfaatkan daunnya sebagai terapi pengobatan untuk kanker payudara. Hal ini disebabkan karena mawar mengandung senyawa bernama Rubanthron A. Selain bermanfaat untuk mengobati kanker payudara, mawar juga berkhasiat untuk melancarkan haid yang tidak teratur, mengobati kaki bengkak dan juga mengurangi sakit pada radang sendi.

3. Meniran

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Daun meniran memiliki banyak sekali khasiat dan telah diteliti oleh banyak kalangan. Meniran sendiri dapat digunakan untuk pereda nyeri yang amat sangat dikarenakan meniran mengandung senyawa yang bernama corilagin. Penyakit kuning dan malaria juga bisa diobati menggunakan ramuan daun meniran. Selain itu, daun meniran juga bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka serta mengempiskan jerawat.

4. Akar Kuning

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Untuk kamu yang ingin merawat organ hati atau kamu memiliki masalah pada hati, maka kamu bisa menggunakan tanaman ini sebagai obat. Akar kuning sendiri dikenal sebagai hepatoprotektor. Nah, sebenarnya apa itu hepatoprotektor? Hepatoprotektor tidak lain ialah aktivitas penjaga fungsi liver atau hati. Jadi secara umum tanaman akar kuning ini bisa kamu gunakan untuk pengobatan hepatitis, penyakit liver lain, malaria bahkan penyakit kanker.

5. Temulawak

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Sejak jaman dahulu tidak diragukan lagi bahwa rimpang temulawak dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorrhiza Roxb ini memiliki aktivitas antibakteri, antioksidan dan juga antikolesterol. Hal ini menyebabkan temulawak dapat digunakan untuk berbagai macam jenis penyakit yang diakibatkan oleh bakteri.

6. Serai Dapur

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Cymbopogon Citratus atau serai dapur memiliki minyak atsiri yang cukup banyak. Hal ini menjadikannya sebagai antibakteri dan antijamur yang efektif. Tanaman ini juga bisa digunakan untuk mencegah kerusakan sel. Bila kamu memiliki riwayat diabetes, kamu juga bisa mengandalkan rebusan serai dapur untuk menurunkannya. Selain itu, serai juga memiliki khasiat sebagai obat darah tinggi, peradangan dan juga gangguan-gangguan syaraf.

7. Daun Suji

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Selain serai dapur, ternyata daun suji juga termasuk tanaman obat yang berkhasiat. Daun suji memiliki klorofil yang cukup banyak sehingga menjadikannya antioksidan yang hebat. Pleomele Angustifolia atau suji dapat digunakan untuk membantu mengobati penyakit gonorhhea, penyakit disentri dan juga penyakit beri-beri.

8. Honje/Kecombrang

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Tanaman honje (Etlingera Elatior) merupakan bumbu dapur yang memiliki bau yang sangat khas. Honje dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Bahkan, honje juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan serta melancarkan ASI.

9. Kayu Manis

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Khasiat dari kayu manis memang tidak perlu diragukan lagi. Selain bermanfaat dibidang kecantikan, kayu manis juga sangat bermanfaat dibidang kesehatan. Hebatnya, kayu manis ini tinggi antioksidan sehingga sangat berpotensi untuk mengobati penyakit seperti diabetes melitus, penyakit jantung bahkan kanker. Manfaat lainnya diantaranya untuk mengobati berbagai penyakit ringan seperti hipertensi, gastritis, sakit kuning, asma dan masih banyak lagi.

10. Manggis

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Diantara tanaman obat yang lainnya, manggis merupakan salah satu tanaman obat yang multikhasiat. Hal ini dikarenakan manggis mengandung banyak senyawa antioksidan seperti senyawa katekin, senyawa stilbenes dan juga polifenol yang disebut-sebut sebagai antioksidan yang paling kuat. Selain itu, manggis juga mengandung polisakarida yang sangat ampuh sebagai antibakteri dan juga sebagai antikanker. Manggis juga dapat mencegah penyakit serius seperti alzheimer, parkinson, kanker dan juga tumor.

Itulah beberapa tanaman obat dan khasiatnya beserta gambarnya, sebenarnya ada banyak sekali tanaman obat lainnya.

Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya Macam Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Herbal TV – Potensi macam macam tanaman obat dan khasiatnya di Indonesia sangatlah besar. Pasalnya, negara kita memiliki banyak sekali potensi tanaman obat. Masyarak Indonesia juga secara turun temurun telah mengenal berbagai macam macam tumbuhan...
Tanaman Obat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *