Makanan – Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal

15 Makanan – Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal – Para peneliti menemukan hubungan erat antara penyakit kronis dan peradangan dengan makanan yang dapat mencegah atau melindungi tubuh terhadap oksidasi yang tidak diinginkan.

Makanan - Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal

Oksidasi merupakan proses normal untuk produksi energi dan berbagai reaksi kimia dalam tubuh. Oksidasi berlebihan dari lemak dan kolesterol menciptakan molekul yang dikenal sebagai radikal bebas yang dapat merusak protein anda, membran sel dan gen.

Penyakit jantung, kanker, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson dan kondisi kronis dan degeneratif lainnya telah dikaitkan dengan kerusakan oksidatif.

Makanan yang mengandung oksidan dapat membantu menetralisir dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Sangat banyak makanan yang dapat melindungi tubuh dari oksidasi yang biasanya dimasukkan dalam menu diet dan pilihan terbaik untuk dialisis pasien atau orang dengan penyakit ginjal kronis.

Maknan makanan yang sehat bekerja dengan ahli diet ginjal dan mengikuti diet ginjal sangat penting bagi penderita penyakit ginjal. Pasien penyakit gunjal kronis akan mengalami peradangan dan memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit kardiovaskular.

Berikut adalah beberapa maknan untuk pengidap penyakit ginjal, diantaranya sebagi berikut :

  • Kubis

Kubis merupakan sayuran cruciferous, kubis memiliki kandungan yang banyak fitokimia dan senyawa kimia dalam buah atau sayuran yang memecah radikal bebas. Kubis juga memiliki kandungan phytochemical yang berfungsi melawan penyakit ginjal, kanker serta kesehatan jantung.

Sulforaphane, fitokimia dalam sayuran, dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan sel kanker di paru-paru, usus besar, payudara, kandung kemih, prostat dan kanker ovarium.

  • Bawang

Bawang memiliki kandungan senyawa sulfur yang memberikan bau yang tajam dan selain itu juga bawang bisa membuat kita menangis, bawang juga kaya akan flavonoid dan khususnya quercetin, antioksidan kuat yang bekerja untuk mengurangi penyakit jantung dan melindungi terhadap berbagai penyakit kanker.

Bawang yang rendah akan kalium dan sumber yang baik dari kromium, mineral juga membantu metabolisme karbohidrah, lemak dan protein.

  • Apel

Apel juga dikenal untuk mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, melindungi terhadap penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker. Tinggi serat dan senyawa anti-inflamasi dan membuat apel dapat benar benar menjauhkan anda dari penyakit/dokter.

  • Bawang Putih

Bawang putih juga membantu mencegah pembentukan plak pada gigi juga menurunkan kolesterol, dan mengurangi peradangan.

  • Paprika Merah

Paprika merah rendah kalium dan tinggi dalam rasa, dan paprika juga sayuran yang lezat yang merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan vitamin A serta vitamin B6, asam folat dan serat. Paprika merah juga mengandung lycopene, antioksidan yang dapaat melindungi tubuh terhadap kanker tertentu.

  • Bunga Kol

Kembang kol memiliki tinggi akan vitamin C dan merupakan sumber yang baik dari folat dan serat. Bunga kol juga tinggi akan indoles, glucosinolates dan tiosianat, dan senyawa yang membantu hati menetralkan zat zat beracun yang dapat merusak membran sen dan DNA.

  • Ikan

Ikan memiliki protein yang berkualitas dan mengandung lemak anti-inflamasi yang disebut omega-3. Lemak sehat dalam ikan membantu memerangi penyakit seperti [enyakit jantung dan kanker.

Omega-3 juga dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein atau kolesterol LDL yang merupakan kolestrol jahat dan dapat meningkatkan  high-density lipoprotein atau kolesterol HDL, yang merupakan kolesterol baik.

  • Anggur Merah

Anggur merah meiliki kandungan flavonoid yang memberikan warna kemerahan. Flavonoid juga membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dengan mencegah oksidasi dan mengurangi pembentukan bekuan darah.

Resveratrol, sebuah flavonoid yang ditemukan dalam anggur juga dapat merangsang produksi oksida nitrat yang membantu relaksasi sel-sel otot di pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah. Flavonoid ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dan mencegah peradangan.

  • Stawberry

Strowbeey memiliki kaya akan dua jenis fenol yaitu anthocyanin dan ellagitannins. Anthocyanin bisa memberikan warna merah stowberry dan merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi struktur sel tubuh dan dapat mencegah kerusakan oksidatif.

Stowberry juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, serta sumber yang sangat baik dari serat. Stowberry juga memberi perlindungan terhadap jantung serta anti-kanker komponen anti-inflamasi.

  • Blueberry

Bluberry memiliki tinggi akan antioksidan fitonutrien yang disebut anthocyanidins yang dapat memberikan mereka warna biru, dan penuh dengan senyawa alami yang mengurangi peradangan blueberry juga merupakan sumber yang baik dati vitamin C, mangan dan senyawa yang melindungi otak dari beberapa efek apapun. Antioksidan dalam blueberry dan berry lainnya telah ditunjukan untuk membantu kerusakan pada tulang.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

Makanan – Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal Makanan – Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
15 Makanan – Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal – Para peneliti menemukan hubungan erat antara penyakit kronis dan peradangan dengan makanan yang dapat mencegah atau melindungi tubuh terhadap oksidasi yang tidak diinginkan. Oksidasi...
Informasi Kesehatan Makanan Sehat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *