6 Makanan Sehat Untuk Jantung dan Kolesterol

Tahukah kamu bahwa kesehatan jantung juga dapat diperoleh dari kebiasaan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan kolesterol. Secara umum, buah-buahan dan sayu-sayuran merupakan makanan yang menyehatkan jantung, namun diantaranya ada beberapa makanan yang paling menyehatkan bagi jantung diantaranya yaitu sebagai berikut :

makanan sehat untuk jantung dan kolesterol

1. Sayur-Sayuran

Diantara banyaknya jenis sayuran yang ada, sayuran berikut ini mengandung senyawa-senyawa yang menyehatkan jantung dan juga dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung. Sayuran tersebut diantaranya ialah brokoli,bayam, sawi dan kol daun. Brokoli mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin E, folat dan juga serat. Sedangkan bayam juga mengandung vitamin K dan vitamin A serta folat, magnesium, zat besi dan juga serat. Kol daun mengandung vitamin A, C, K dan juga serat. Kubis juga dikenal mengandung vitamin B6, C dan juga vitamin K serta kalsium dan serat yang tinggi.

2. Ikan Lemak

Fatty fish atau ikan lemak banyak terdapat dilaut seperti halnya ikan tuna dan ikan salmon. Ikan tuna dan ikan salmon mengandung omega-3 yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ikan tuna mengandung berbagai senyawa yang diperlukan untuk memiliki jantung sehat seperti vitamin B12, vitamin D, niasin, selenium dan tentu saja omega 3. Ikan salmon juga tidak kalah, ikan ini mengandung banyak omega 3 serta vitamin A dan juga vitamin K. Ikan salmon juga mengandung folat, magnesium, zat besi dan serat larut yang sangat ,emyehatkan jantung.

3. Buah-Buahan

Dari sekian banyak buah-buahan, yang paling menyehatkan untuk jantung diantaranya ialah beri dan apel. Kedua buah ini mengandung serat larut air yang dapat meluruhkan kolesterol dari dalam tubuh sehingga mencegah datangnya penyakit-penyakit kardiovaskular.

4. Kedelai

Kedelai dan semua makanan olahan dari kedelai seperti susu kedelai, tempe dan tahu merupakan makanan yang dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi 25gram protein kedelai dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 6 persen. Dengan menurunnya kadarkolesterol jahat, maka kesehatan jantungpun akan meningkat.

5. Oats

Sudah sejak lama, oats dikenal sebagai makanan yang dapat menyehatkan jantung anda. Oats mengandung serat larut yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan jantung. Oats juga mengandung magnesium, mangan, potasium dan juga zat besi.

6. Walnut ( Kacang Kenari ) dan Almond

Kacang kenari dan almond memiliki kadar lemak sehat yang tinggi. Kacang kenari dan Almond juga memiliki kandungan sterol alami yang dapat menghentikan penyerapan kolesterol. Selain bagus untuk menurunkan kolesterol, walnut dan almond juga merupakan makanan yang dapat menyehatkan jantung anda.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung anda. Lebih lengkapnya simak video berikut ini :

 

6 Makanan Sehat Untuk Jantung dan Kolesterol 6 Makanan Sehat Untuk Jantung dan Kolesterol
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tahukah kamu bahwa kesehatan jantung juga dapat diperoleh dari kebiasaan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan kolesterol. Secara umum, buah-buahan dan sayu-sayuran merupakan makanan yang menyehatkan jantung, namun diantaranya ada beberapa makanan yang paling...
Makanan Sehat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *