Makanan Terbaik Untuk Penderita Nyeri Sendi

Nyeri sendi merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya merasakan sakit pada persendian tulang-tulang. Bila seseorang terkena penyakit ini, maka hal ini akan membuatnya sulit bergerak dan melakukan aktifitas penting lainnya. Penyakit nyeri sendi dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari cedera fisik ringan hingga asam urat dan rematik. Selain penyakit tersebut, infeksi virus seperti hepatitis dan rubella juga bisa mengakibatkan penderitanya mengalami radang sendi. Meski jarang, efek samping obat-obatan juga bisa mengakibatkan hal ini.

nyeri sendi

Makanan Pereda Nyeri Sendi

Untuk pengobatan nyeri sendi biasanya pasien akan disarankan untuk beristirahat yang cukup, melakukan perawatan luar pada sendi-sendi yang sakit dan juga mengonsumsi obat-obatan anti inflamasi. Namun sebenarnya, selain hal-hal diatas, faktor makanan juga bisa mempercepat kesembuhan radang sendi anda. Berikut ini makanan-makanan yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi anda.

1. Minyak Ikan

Salah satu makanan yang dapat membantu meredakan sakit persendian ialah minyak ikan. Minyak ikan mengandung omega-3 yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi alami. Hal ini membuat minyak ikan dapat membantu meredakan nyeri sendi anda.

2. Sayuran Golongan Cruciferous

Dalam sayuran yang termasuk golongan cruciferous, ditemukan senyawa sulphoraphane. Senyawa ini merupakan senyawa antioksidan yang mampu menghambat enzim penyebab nyeri sendi. Senyawa ini juga dapat mencegah pembengkakan pada sendi. Adapun sayuran yang dimaksud ialah sayuran brokoli, kangkung, kubis dan lain sebagainya.

3. Kunyit dan Jahe

Dua rempah-rempah ini memang dikenal sebagai rempah yang multikhasiat. Kedua rempah ini mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri sendi. Kunyit bahkan sangat baik untuk mencegah penyakit rematik. Untuk penggunaannya bisa menggunakan dua cara yaitu diminum maupun dioleskan pada sendi yang terasa nyeri.

4. Teh Hijau

Minuman yang menjadi banyak favorit orang di berbagai belahan dunia ini memiliki senyawa polifenol yang bersifat anti-inflamasi. Minuman ini diklaim dapat mengurangi rasa sakit pada persendian.

Makanan Pantangan Nyeri Sendi

Selain ada banyak makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada sendi, ternyata selain itu ada juga makanan yang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi oleh penderita nyeri sendi. Makanan pertama ialah gula tebu, gula ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita nyeri sendi.  Selain gula, makanan yang tidak disarankan dikonsumsi penderita nyeri sendi ialah daging. Lemak jenuh yang terdapat dalam daging dapat memicu peningkatan radang.  Makanan yang mengandung omega-6 juga tidak baik untuk penderita nyeri sendi. Makanan yang tinggi omega-h diantaranya ialah minyak kacang tanah, minyak bunga matahari, minyak esensial biji-bijian dan lain sebagainya.

Makanan Terbaik Untuk Penderita Nyeri Sendi Makanan Terbaik Untuk Penderita Nyeri Sendi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Nyeri sendi merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya merasakan sakit pada persendian tulang-tulang. Bila seseorang terkena penyakit ini, maka hal ini akan membuatnya sulit bergerak dan melakukan aktifitas penting lainnya. Penyakit nyeri sendi dapat disebabkan...
Makanan Sehat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *