Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan momok yang menakutkan bagi banyak orang. Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu kolesterol jahat ( Low Density Lipoprotein ) dan kolesterol baik (High Density Lipoprotein). Bila seseorang memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi maka hal tersebut dapat membahayakan kesehatan dikarenakan kelebihan kolesterol dapat menimbulkan plak di dalam darah seseorang. Di Indonesia sendiri, prevalensi penyebaran penderita kolesterol sangat tinggi. Hal ini dikarenakan faktor kebiasaan dan makanan sehari-hari yang kurang dijaga dengan baik. Namun, apabila anda sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol yang tinggi, anda harus dengan cepat mengobatinya.

Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Pengobatan kolesterol secara umum biasanya menggunakan statin maupun obat kimia lainnya. Tapi tahukah kamu ternyata ada banyak makanan enak yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Adapun makanan-makanan yang baik bagi penderita kolesterol sekaligus dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yaitu sebagai berikut :

Kedelai

Kedelai merupakan bahan makanan yang sering dijumpai. Olahan makanan dari kedelai bermacam-macam mulai dari tahu, tempe, edamame, susu kedelai dan lain sebagainya. Isoflavon dan protein yang terdapat pada kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

 Alpukat

Siapa yang tidak suka alpukat? Buah alpukat sering digunakan sebagai campuran sop buah dan sering pula dibut jus. Buah berwarna hijau dengan tekstur lembut ini mengandung banyak kandungan beta-sitosterol yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sembari menaikkan kadar kolestrol baik ( HDL). Alpukat juga mengandung lemak yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin pada alpukat juga sangat baik untuk kulit.

 Coklat

Coklat merupakan makanan sejuta umat. Namun siapa sangka bahwa coklat memiliki kandungan flavonoid tinggi yang dapat membantu melancarkan aliran sel-sel darah sehingga dapat mencegah timbulnya plak dalam darah. Namun tentu saja makanan manis ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

 Bayam

Sayur Bayam merupakan jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia. Bayam memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu kandungan penting pada bayam yang dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol ialah Lutein. Bayam memiliki banyak sekali lutein didalamnya. Dengan rutin mengkonsumsi bayam, maka resiko terkena kolesterol dan penyakit jantung akan berkurang drastis.

 Bawang Putih

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol lainnya dapat dijumpai di dapur rumah anda dengan sangat mudah. Bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang wajib ada pada setiap dapur rumah. Bawang putih telah digunakan sejak dahulu kala untuk mengatasi darah tinggi dan kolesterol. Baca juga, Cara Alami Mengobati Penyakit Jantung.

 

Itulah makanan yang dapat menurunkan kolesterol yang sangat mudah dijumpai dalam keseharian kita. Adapun makanan lainnya dapat dijumpai pada video berikut ini :

 

Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kolesterol merupakan momok yang menakutkan bagi banyak orang. Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu kolesterol jahat ( Low Density Lipoprotein ) dan kolesterol baik (High Density Lipoprotein). Bila seseorang memiliki kadar kolesterol jahat yang...
Gaya Hidup - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *