Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Bagi penderita asam urat, menjaga pola makan dan pola hidup sehat sangatlah penting. Biasanya penderita asam urat diharuskan untuk menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung purin tinggi. Kandungan purin dalam makanan jika masuk kedalam tubuh maka akan dipecah menjadi asam urat dan secara otomatis membuat kadar asam urat meningkat secara drastis. Adapun makanan yang harus dihindari penderita asam urat sangat beragam mulai dari jenis sayuran hingga daging-dagingan. Bila makanan-makanan ini dibatasi konsumsinya dan bahkan dihindari, maka anda bisa mencegah asam urat berulang serta bisa menjaga kesehatan sendi. Adapun makanan pantangan penderita asam urat yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

1. Makanan Laut / Seafood

Ada banyak sekali makanan laut yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Oleh karena itu, penderita asam urat diharapkan menghindari berbagai jenis makanan laut seperti ikan teri, kerang-kerangan, kepiting, udang, sarden, ikan kembung dan juga lobster. Kesemua jenis ikan tersebut memiliki kandungan purin yang cukup tinggi sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat supaya kadar asam urat dalam tubuhnya tidak meningkat secara drastis.

2. Organ Jeroan

Beberapa orang sangat menyukai makanan jeroan baik itu jeroan sapi maupun kambing. Makanan jeroan seperti hati, ginjal, kikil dan juga ampela diketahui memiliki kandungan purin tertinggi diantara jenis makanan yang lain. Maka dari itu, seorang penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi makanan dari jeroan.

3. Daging Merah

Makanan dari jenis daging-dagingan terutama daging merah juga memiliki kandungan purin didalamnya. Kandungan purin dalam daging memang tidak sebanyak yang terdapat dalam jeroan, namun alangkah baiknya jika penderita asam urat membatasi untuk mengkonsumsi jenis daging ini. Daging putih memiliki kandungan purin yang lebih sedikit dibandingkan dengan daging merah.

4. Minuman Yang Mengandung Gula

Jauhi minuman yang mengandung kadar fruktosa yang tinggi karena bisa menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh naik. Konsumsi makanan yang mengandung gula juga harus dibatasi karena gula mengandung purin  yang rendah.

5. Sayuran Jenis Tertentu

Selain daging, beberapa jenis sayuran juga memiliki kandungan purin yang tinggi seperti asparagus, bayam, kembang kol dan jamur. Namun jenis purin dalam sayuran tidak berbahaya bagi penderita asam urat. Pun begitu, mengkonsumsi sayuran jenis ini harus tetap dibatasi.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bagi penderita asam urat, menjaga pola makan dan pola hidup sehat sangatlah penting. Biasanya penderita asam urat diharuskan untuk menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung purin tinggi. Kandungan purin dalam makanan jika masuk kedalam...
Berita - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *