Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Penderita diabetes memang memiliki masalah terhadap makanan yang mengandung glukosa. Seorang penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan sejumlah makanan yang ia konsumsi agar kandungan gula darahnya tetap stabil. Hal yang paling mengerikan dari penyakit diabetes adalah komplikasinya. Seseorang yang menderita diabetes beresiko tinggi mengalami berbagai macam penyakit komplikasi seperti penyakit kardiovaskular dan lain sebagainya. Makanan yang paling beresiko membuat seseorang terkena diabetes ialah makanan yang mengandung tinggi kandungan lemak. Bila seseorang mengkonsumsi makanan berlemak dalam jumlah banyak, maka dikhawatirkan hal tersebut akan membuat lemak pada tubuh mengendap. Lemak tubuh diketahui dapat menghambat penyerapan gula darah oleh sel-sel tubuh.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Adapun macam-macam makanan yang harus dihindari penderita diabetes yaitu sebagai berikut :

1. Permen

Permen merupakan makanan kesukaan banyak orang. Namun sayangnya, cemilan yang satu ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan permen mengandung jenis karbohidrat berkualitas rendah sehingga saat masuk kedalam tubuh akan menginkatkan jumlah darah secara signifikan.

2. Bacon

Jenis daging yang satu ini merupakan makanan yang tinggi sekali akan lemak jenuh. Lemak jenuh ini bisa memperparah resiko komplikasi dan inflamasi pada seorang penderita diabetes. Dibandingkan mengkonsumsi jenis daging ini, daging ayam tanpa kulit ataupun ikan jauh lebih baik untuk para penderita diabetes.

3. Susu Murni / Whole Milk

Meski tidak sebanyak yang terdapat pada bacon, namun whole milk juga memiliki kandungan lemak yang cukup. Seorang penderita diabetes harus menjauhi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh karena hal ini hanya akan memperparah penyakitnya. Produk turunannya dari whole milk seperti keju dan fat yoghurt juga sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya, pilihlah jenis susu skim ataupun yang rendah lemak.

4. Junk Food

Mayoritas junk food seperti kentang goreng, donat, keripik kentang mengandung tinggi kalori dan karbohidrat. Selain itu, makanan tersebut juga banyak mengandung minyak yang tidak sehat. Makanan yang berjenid gorengan juga tidak baik untuk kesehatan penderita diabetes karena minyaknya dapat meningkatkan resiko komplikasi diabetes.

5. Sirup dan Pancake

Sirup merupakan minuman manis yang tinggi gula dan kalori. Pancake juga merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bila kedua bahan ini digabungkan maka akan sangat merugikan bagi tubuh. Pancake juga sering diolesi butter yang tidak baik untuk kesehatan.

6. Kismis

Kismis sebelumnya merupakan anggur yang telah mengalami proses pengeringan. Dalam proses pengeringan ini, kandungan gula dalam kismis terkonsentrasi dengan kuat. Bila jenis gula ini  masuk kedalam tubuh maka akan beresiko meningkatkan kadar gula darah anda.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Baca Juga : Ternyata Ini Manfaat Sehat Dari Ubi Jalar Untuk Penderita Diabetes

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penderita diabetes memang memiliki masalah terhadap makanan yang mengandung glukosa. Seorang penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan sejumlah makanan yang ia konsumsi agar kandungan gula darahnya tetap stabil. Hal yang paling mengerikan dari penyakit diabetes...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *