Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

manfaat bawang putih bagi kesehatan

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal. Selain karena kemampuannya dalam memperkaya rasa masakan, bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Manfaat bawang putih bagi kesehatan ada bermacam-macam. Ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa-senyawa yang diperlukan oleh tubuh. Bawang putih mengandung sejumlah nutrisi yang tinggi pun rendah kalori. Dalam 1 ons bawang putih kita dapat menemukan beragam vitamin dan mineral seperti vitamin C, selenium, vitamin B6 dan masih banyak lagi. Bawang putih telah sejak lama dimanfaatkan oleh manusia untuk kesehatan maupun kecantikan.

Khasiat & Manfaat Bawang Putih

Allicin merupakan satu senyawa yang dimiliki oleh bawang putih. Senyawa ini sangat berguna bagi dunia kesehatan. Berdasarkan banyak penelitian, bawang putih memiliki manfaat yang luar biasa diantaranya yaitu :

Bawang Putih Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menambahkan konsumsi bawng putih dalam keseharian dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan yaitu kekebalan tubuh akan meningkat. Berdasarkan beberapa penelitian, disebutkan bahwa bawang putih dapat membunuh sel kanker. Jadi orang yang mengkonsumsi bawang putih atau menambahkannya pada makanan akan memiliki resiko terkena penyakit berbahaya lebih rendah daripada orang yang tidak mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih sendiri dapat dikonsumsi secara mentah maupun sebagai bumbu masakan.

Bawang Putih Dapat Menyembuhkan Batuk Pilek

Dimusim penghujan biasanya banyak orang akan terkena penyakit ringan seperti flu, batuk dan pilek. Untuk mengatasinya cukup mudah. Kini bawang putih dapat digunakan sebagai terapi pengobatan penyakit-penyakit tersebut. Hal ini telah diteliti oleh beberapa ilmuwan diberbagai belahan dunia.

Bawang Putih Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah tinggi merupakan hal yang berbahaya. Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan datangnya penyakit lain yang lebih berbahaya seperti stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. Bawang putih dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif. Kemampuan bawang putih bahkan setara dengan obat kimia penurun tekanan darah tinggi.

Bawang Putih Sebagai Antioksidan

Tingginya kandungan antioksidan yang dimiliki oleh bawang putih membuat bawang putih dapat digunakan untuk mencegah penyakit alzheimer dan demensia.

Detoksifikasi Dengan Bawang Putih

Sulfur dalam bawang putih cukup tinggi. Oleh karena itu bawang putih dapat digunakan untuk mengeluarkan racun-racun berat dalam tubuh.

Selain manfaat-manfaat diatas, bawang putih juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, sebagai suplemen kesehatan dan lain sebagainya. Namun perlu diingat, meskipun bawang putih memiliki sejuta manfaat, tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan efek samping yang tak terduga. Terlebih lagi bagi ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi dahulu pada dokter sebelum memutuskan akan rutin mengkonsumsi bawang putih. Baca juga Makanan-Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Itulah manfaat-manfaat bawang putih bagi kesehatan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal. Selain karena kemampuannya dalam memperkaya rasa masakan, bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Manfaat bawang putih bagi kesehatan ada bermacam-macam....
Tanaman Obat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *