Inilah Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Yang Luar Biasa

Sejak jaman dahulu, bawang putih sudah dikenal sebagai bumbu dapur yang dapat digunakan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Pemanfaatan khasiat bawang putih masih digunakan sampai sekarang. Bahkan ada lebih dari 3000 penelitian ilmiah tentang khasiat bawang putih yang telah dilakukan diseluruh dunia. Untuk mendapatkan khasiat bawang putih terbaik, sebaiknya pilih yang berbentuk ekstraksi. Karena bawang putih mentah dan yang telah dimasak rawan terkena oksidasi. Namun, bawang putih mentah maupun matang pun masih memiliki khasiat yang luar biasa.

Bawang putih atau yang memiliki nama latin Allium Sativum L. telah benar-benar melalui serangkaian penelitian yang panjang. Adapun kandungan yang dimiliki oleh bawang putih diantaranya sulfur, enzim dan mineral seperti zat besi, selenium, zinc, pottasium, kalsium, germanium. Vitamin yang terkandung pada bawang putih diantaranya isalah vitamin A, B1 dan vitamin C. Bawang putih juga mengandung sedikit air dan serat didalamnya. Selain kandungan diatas, bawang putih juga mengandung banyak sekali asam amino seperti lysine, histidine, arginine, aspartic acid threonine, swine, glutamine, proline, glycine, alanine, cysteine, valine, methionine, isoleucine, leucine, tryptophan dan phenylalanine. 

Khasiat Bawang Putih

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang putih mengakibatkan bawang putih memiliki bau yang menyengat. Adapun menurut banyak penelitian yang sudah dilakukan, bawang putih memiliki manfaat dan khasiat sebagai berikut :

Obat Tekanan Darah Tinggi ( Hipertensi)

Sudah semenjak lama diketahui bahwa bawang putih dapat digunakan untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Bawang putih diketahui memiliki kandungan sulfur dan allicin. Kandungan tersebutlah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk pemakaian bawang putih sebagai obat darah tinggi, dapat dilakukan cara-cara seperti dibawah ini.

Baca Juga : Cara Alami Menurunkan Kolesterol

Bawang Putih Untuk Mencegah Diabetes

Telah dilakukan berbagai penelitian kepada tikus percobaan bahwa bawang putih dapat benar-benar menurunkan kadar glukosa dalam darah. Untuk orang-orang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka anda tidak perlu khawatir lagi karena anda dapat mengontrolnya dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Memiliki imun atau kekebalan tubuh yang kuat sangat diperlukan agar kita terhindar dari berbagai jenis penyakit menular, virus dan infeksi. Bawang putih mengandung asam amino dan senyawa lain seperti sulfur yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Khasiat bawang putih untuk meningkatkan kekebalan tubuh sangat baik jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki sistem imun yang lemah seperit penderita HIV/AIDS.

Bawang Putih Sebagai Anti Virus dan Anti Bakteri

Kandungan sulfur pada bawang putih menyebabkan bawang putih memiliki antivirus yang baik. Bawang putih dapat digunakan untuk menangkal virus influenza, virus HIV, virus herpes, stomatitis, virus rhino dan lain sebagainya. Selain dapat menangkal berbagai jenis virus, bawang putih juga dapat digunakan untuk menangkal berbagai jenis bakteri seperti bakteri Staphylococcus, bakteri Streptococcus, bakteri Micrococcus, bakteri Enterobacter, bakteri Escherichia Coli, bakteri Klebsiella, bakteri Lactobacillus, bakteri Pseudomonas, bakteri Shigella, bakteri Salmonella, bakteri Proteus, dan juga bakteri Helicobacter pylori. Hal ini disebabkan bawang putih memiliki enzim sperti allicin.

Khasiat bawang putih lain yang tidak kalah penting diantaranya ialah sebagai obat penyakit kardiovaskular, sebagai antiparasit dan antimikroba, sebagai antikanker, sebagai antijamur, sebagai obat penyakit kulit, sebagai anti penyakit Tubercolusis dan masih banyak lagi. Itulah berbagai manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan pada bawang putih.

Inilah Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Yang Luar Biasa Inilah Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Yang Luar Biasa
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sejak jaman dahulu, bawang putih sudah dikenal sebagai bumbu dapur yang dapat digunakan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Pemanfaatan khasiat bawang putih masih digunakan sampai sekarang. Bahkan ada lebih dari 3000 penelitian ilmiah tentang...
Tanaman Obat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *