Manfaat Serat Yang Mengagumkan Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat serat yang dapat kita peroleh bila kebutuhan serat harian tercukupi dengan baik. Serat benar-benar menakjubkan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Orang yang rutin mengonsumsi makanan berserat, maka ia akan terhindar dari berbagai jenis penyakit kronis. Serat juga mencegah tubuh menjadi obesitas karena serat membuat seseorang kenyang lebih lama. Berdasarkan penelitian, sebuah negara yang masyarakatnya rutin mengonsumsi serat maka di negara tersebut kasus penyakit kronis sangat sedikit. Begitupun sebaliknya, apabila masyarakatnya kurang memperhatikan kebutuhan seratnya, maka faktor resiko berbagai penyakit kronis akan meningkat.

manfaat serat dalam kehidupan sehari hari

Manfaat Serat Pangan

Selain dapat menurunkan berbagai faktor resiko penyakit-penyakit kronis, serat pangan juga bisa membantu melawan berbagai macam penyakit. Serat pangan dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan juga kadar gula darah dalam tubuh. Mengonsumsi serat secara rutin juga dapat mencegah datangnya penyakit kardiovaskular lainnya seperti penyakit jantung dan stroke. Selain itu, manfaat serat lainnya yang dapat kita peroleh diantaranya ialah dapat mencegah maupun membantu mengobati masalah wasir, sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Terakhir, hal yang paling menyenangkan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi serat ialah serat dapat mencegah kegemukan atau obesitas.

Untuk mendapatkan manfaat serat yang banyak itu, kita bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Secara umum, makanan-makanan yang banyak mengandung serat berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan biji-bijian yang disinyalir kaya akan serat diantaranya ialah gandum utuh, kemudian kulit padi, jagung, gandum hitam, oats, beras merah dan masih banyak lagi. Sedangkan dari jenis kacang-kacangan kita bisa mendapatkannya dari kacang polong, kacang kapri, kacang tanah dan masih banyak lagi. Selain dari biji-bijian dan kacang kacangan, serat juga dikenal dapa didapatkan dengan mudah dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Dari jenis buah-buahan, kita bisa mendapatkannya dari pepaya, buah apel, berbagai macan buah beri, buah pisang, pir dan masih banyak lagi. Dari jenis sayuran, kita bisa mendapatkannya dari brokoli, kol, buncis, kentang, ubi, bayam, kangkung dan masih banyak yang lainnya.

Serat pangan sangat mudah didapat begitu pula manfaatnya. Dengan rajin mengonsumsi serat pangan maka kesehatan kita akan terjaga dengan baik. Sistem pencernaan akan menjadi lancar dan berbagai macam penyakit kronispun akan udah dihindari. Itulah berbagai macam manfaat serat pangan beserta sumbernya yang sangat mudah didapatkan. Mari jalani hidup sehat dengan rajin mengonsumsi serat pangan.

Baca Juga : Inilah 9 Makanan Sumber Probiotik Untuk Kesehatan

Manfaat Serat Yang Mengagumkan Bagi Kesehatan Manfaat Serat Yang Mengagumkan Bagi Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ada banyak sekali manfaat serat yang dapat kita peroleh bila kebutuhan serat harian tercukupi dengan baik. Serat benar-benar menakjubkan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Orang yang rutin mengonsumsi makanan berserat, maka ia...
Makanan Sehat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *