Mari Kenali 7 Jenis Batuk dan Gejalanya

Jenis Batuk dan Gejalanya – www.herbaltv.co.id – Batuk merupakan sebuah kondisi yang normal yang dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Dan banyak hal bisa menjadi penyebab batuk tersebut, akan tetapi sebenarnya batuk merupakan cara tubuh dalam melegakan tenggorokan dan juga menyingkirkan sesuatu hal yang mungkin saja menghalangi saluran pernapasan. Ketika zat asing ini masuk kedalam tubuh dan tersangkut dalam tenggorokan maka secara otomatis akan terbatukan.

Namun terkadang gejala dari batuk yang terjadi tidak sesederhana yang kita anggap. Dan jangan pernah kita menyepelekan gejala kecil ini bahkan untuk batuk, dikarenakan batuk dapat menjadi tanda dan gejala dari adanya suatu penyakit. Lantas Apa sajakah jenis batuk yang perlu untuk kita kenali.

7 Jenis Batuk dan Gejalanya

Mari Kenali 7 Jenis Batuk dan Gejalanya

1. Post Nasal Drip

Didalam hidung dan juga tenggrokan akan terdapat lendir yang bertugas dalam menjaga kelembaban dan juga mencegah kekeringan. Pada kondisi post nasal drip ini maka yang ada disekitar hidung dan juga tenggorokan terlalu banyak. Dan hal ini bisa menyebabkan saluran tenggrokan menjadi tersumbat, oleh karena itu batuk ini bisa saja untuk terjadi.

Apabila Anda mengalami sebuah kondisi ini maka batuk yang anda alami dapat berupa batuk kering atau juga batuk berdahak. Lendir yang telah berkumpul dan terakumulasi ini biasanya akan terjadi apabila Anda berada dalam suhu yang dingin atau mengalami alergi terhadap sesuatu.

Dan batuk jenis ini juga biasanya akan semakin bertambah parah ketika malam hari. Anda juga akan sering mengalami gejala dimana merasa gatal pada mata dan juga bersin bersin. Dan disini maka cobalah untuk Anda pergi kedokter, biasanya bila Anda mengalami alergi maka dokter akan memberikan obat anti histamin guna mengatasi batuk yang muncul. Dan jika hal ini terjadi dikarenakan Anda merasa keidnginan maka Anda dapat makan dan minum sesuatu yang hangat. Tetapi jika Anda tetap mengalami batuk dalam beberapa minggu, maka Anda harus diperiksakan kedokter.

2. Batuk Asma

Batuk yang satu ini merupakan salah satu dari gejala yang bisa saja timbul pada penderita asma. Jenis batuk yang dialami oleh penderita asma adalah batuk kering yang diiringi dengan mengi. Penderita asma juga mempunyai peradangan pada saluran pernapasan dan hal ini akan menyebabkan susahnya untuk bernapas sehingga menimbulkan batuk.

Tidak hanya itu gejala yang umumnya dialami oleh pasien asma adalah batuk uang semakin parah yakni dimalam hari, dan ia merasakan kelelahan dan juga sesak dada. Guna mengatasi batuk yang timbul akibat asma, maka pasien harus memeriksakan diri kedokter. Kemudian biasanya nanti dokter akan memberikan obat obatan yang dapat membuat slauran napas Anda lebih lega.

3. Batuk karena asam lambung

GERD atau juga gastroesophagal reflux disease lebih akrab dikenal dengan refluks asam lambung. Dan orang yang mengalami kondisi GERD ini ternyata tidak hanya mengalami masalah pada saluran pencernaannya saja, melainkan juga pada sitem pernapasan sehingga bisa menyebabkan batuk.

Pada kondisi normal, maka asam lambung ini hanya akan berada diperut saja. Tetapi kali ini asam lambung akan naik hingga ke krongkongan, sehingga bisa menyebabkan tenggorokan merasa tidak nyaman dan akhirnya mengalami batuk. Batuk yang dialami ini merupakan batuk kronis dan menurut sebuah studi batuk yang kronis paling sering terjadi dikarenakan GERD. Batuk ini juga akan semakin diperparah apabila sedang berbaring atau ketika makan.

Dan telah diketahui bahwa ada sebanyak 75% dari pasien GERD yang telah diteliti pada studi tersebut dan mengalami kondisi batuk, suara yang serak dan rasa mulas. Kondisi batuk kronis ini dapat diatasi dengan kita mengatasi terlebih dahulu masalah GERD-nya dikarenakan batuk ini merupakan sebuah gejala yang muncul akibat penyakit ini.

4.Penyakit Paru Obstruksi Kronik atau PPOK

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) merupakan penyakit kronis yang terjadi pada paru paru dan ini biasanya ditandai dengan adanya penyumbatan pada saluran napas serta adanya masalah kantung kantung udara dalam paru. Dan salah satu gejala yang paling seirng ditemukan pada penderita PPOK merupakan batuk berdahak dalam jangka lama dan paling sering akan terjadi pada pagi hari. Dan ini biasanya akan terjadi batuk berdahak dan juga diiringi dengan gejala lainnya seperti sesak napas, mengi, kelelahan dan juga merasakan sesak pada dada.

5. Batuk Akibat Obat

Apabila Anda mengalami batuk kering dan sedang dalam masa pengobatan obat tekanan darah tinggi, maka mungkin saja batuk tersebut disebabkan oleh obat yang sedang Anda makan. Sebanyak 20% obat hipertensi ini dapat menyebabkan batuk kering dan akan muncul pada saat setelah Anda mengkonsumsi obat tersebut. Jika batuk yang muncul ini ternyata parah,maka Anda harus memerisakan diri kedokter dan mendiskusikan obat hipertensi yang tepat guna menggantikan obat sebelumnya yang bisa menyebabkan batuk yang parah.

6. Pneumonia

Awalnya akan timbul gejala seperti batuk kering, lantas beberapa hari setelahnya akan menjadi batuk yang berdahak dengan adanya lendir yang berwarna hijau, kuning atau merah dan kebiruan. Dan tidak hanya itu penderita pneumonia juga akan mengalami demam dan sulit untuk bernapas serta merasakan nyeri ketika mengalami napas yang terlalu dalam. Penyakit ini disebabkan oleh virus bakteri, sehingga dokter akan memberikan obat guna bantu mengatasi gejala dan juga tanda yang muncul.

7. Batuk Rejan atau pertusis

Bauk rejan merupakan slah satu penyakit infeksi yang akan sangat mudah sekali untuk menular. Jika seseorang mengalami penyakit ini maka gejala yang akan dialami adalah batuk yang keras dengan tarikan napas awal yang panjang melalui mulut. Batuk dapat terjadi hingga 3 bulan ke depan dan terkadang diiringi dengan gejala lain seperti hidung meler, mata berair, demam, serta merasa pengap.

Mari Kenali 7 Jenis Batuk dan Gejalanya Mari Kenali 7 Jenis Batuk dan Gejalanya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Jenis Batuk dan Gejalanya – www.herbaltv.co.id – Batuk merupakan sebuah kondisi yang normal yang dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Dan banyak hal bisa menjadi penyebab batuk tersebut, akan tetapi sebenarnya batuk...
Berita - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *