Mari Mengenal Berbagai Mitos dan Fakta Tentang Mata

Mitos dan fakta tentang mata merupakan hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Ada banyak sekali mitos dan fakta yang beredar. Bagi semua orang, mata merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Dengan mata, manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan segala sesuatu. Tanpa mata, manusia akan sangat kesulitan melakukan berbagai macam hal karena jumlah informasi yang masuk ke otak terbatas. Maka dari itu, pembahasan mengenai mata tidak ada habisnya. Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengenalan konjungtivitis mata, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa mitos dan fakta yang berkaitan dengan mata. Lalu apa saja sih mitos dan fakta tersebut? Mari kita simak keterangan dibawah ini.

Mitos dan Fakta Tentang Mata

1. Memakan Wortel Dapat Memperbaiki Penglihatan Mata

Memang sudah menjadi rahasia umum di masyarakat bahwa wortel dikatakan dapat meningkatkan kualitas penglihatan mata. Hal ini merupakan fakta. Wortel merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Namun jangan salah, vitamin A tidak hanya terdapat pada wortel, kamu juga bisa mendapatkan sumber vitamin A dari makanan lain seperti hati, kuning telur, keju dan juga susu.

2. Melihat Televisi Terlalu Dekat Dapat Merusak Mata

Selama ini kita sering mendengar bahwa bila kita melihat televisi terlalu dekat, maka mata kita akan rusak. Hal ini sebenarnya merupakan mitos belaka. Melihat televisi terlalu dekat hanya memberimu sakit kepala dan tidak akan merusak pandangan mata.

3. Memakai Kacamata Dapat Merusak Mata dan Membuat Ketergantungan

Ada beberapa orang yang menyebutkan bahwa bila kita memakai kacamata maka mata kita akan ketergantungan dan semakin tahun akan semakin memburuk. Hal ini merupakan mitos belaka. Memakai kacamata atau kontak lensa tidak akan membuat mata menjadi tambah lemah. Bila saat memakai kacamata, minus plus atau silinder bertambah, maka hal itu biasanya disebabkan oleh faktor lain seperti usia dan penyakit yang diderita.

4. Anak Yang Memiliki Mata Juling Dapat Diobati

Hal ini merupakan fakta. Seorang anak yang menderita mata juling akan lebih mudah diobati dibandingkan orang dewasa. Kunjungilah dokter terpercaya untuk melakukan terapi pengobatan tersebut.

5. Melihat Matahari Secara Langsung Dapat Merusak Mata

Hal ini merupakan fakta. Melihat matahari secara langsung dengan mata telanjang dapat mendistorsi penglihatan sementara, menyebabkan sakit kepala hingga membuat kerusakan permanen pada mata. Hal ini karena matahari memiliki sinar radiasi ultraviolet yang kuat sehingga dapat merusak mata. Maka dari itu, hindarilah menatap matahari secara langsung dengan mata telanjang.

6. Memakan Pemanis Buatan Menyebabkan Mata Sensitif Pada Cahaya

Hal ini mungkin terdengar seperti mitos, namun sebenarnya hal ini merupakan fakta. Bila kamu sering mengonsumsi pemanis buatan seperti cyclamates, hal ini akan membuat matamu lebih sensitif terhadap cahaya.

Itulah beberapa mitos dan fakta yang sering dibahas oleh masyarakat. Menjaga kesehatan mata sangatlah penting karena mata merupakan harta yang sangat berharga.

Mari Mengenal Berbagai Mitos dan Fakta Tentang Mata Mari Mengenal Berbagai Mitos dan Fakta Tentang Mata
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mitos dan fakta tentang mata merupakan hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Ada banyak sekali mitos dan fakta yang beredar. Bagi semua orang, mata merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Dengan mata, manusia menjadi...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *