Mengenal 6 Manfaat Besar Dari Tanaman Rempah Kunyit

Herbal TV – Kunyit yang selama ini  dikenal sebagai salah satu bahan pelengkap makanan yang juga memiliki cita rasa dan warna khas. Kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja, namun masyarakat juga sering memanfaat rempah ini karena manfaat besar dari tanaman rempah kunyit ini ampuh untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Kunyit bukanlah sembarang rempah rempah ataupun bumbu masakan untuk menu masakan anda. Namun rempah rempah yang satu ini memiliki manfaat serbaguna yang besar bagi kesehatan tubuh anda. Kunyit telah banyak digunakan untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit hati hingga bermanfaat untuk mengatasi depresi.

Selain itu berikut ini ada enam manfaat besar kunyit untuk kesehatan :

6 Manfaat Besar Dari Tanaman Rempah Kunyit

  1. Bantu redakan nyeri lambung atau maag.
    Manfaat Besar Dari Tanaman Rempah Kunyit  yang pertama yaitu bantu untuk meerdakan nyeri lambung. Dari sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada tahun 1989, suplemen atau vitamin yang terbuat dari tanaman rempah kunyit, terbukti bisa lebih efektif untuk meredakan nyeri lambung, maag serta gangguan pencernaan. Hal ini karena kunyit memiliki khasiat untuk melawan radang.
  2. Mencegah Penyakit Jantung
    Kurkumin yang terkandung dalam kunyit ini memiliki banyak sekali manfaat yang serba guna khususnya bagi kesehatan. Senyawa yang terkandungnya ini membuat kunyit menjadi terkenal dengan warna khasnya yaitu kuning

    Dalam sebuah penelitian yang telah melibatkan 121 pasien yang pernah mengalami bedah pisau, penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 ini telah membuktikan bahwa salah satu manfaat besar dari kurkumin. Dalam penelitian yang dilakukan tersebut tiga hari dan juga lima hari sesudah pembedahan, separuh pasien dibiarkan mengkonsumsi kapsul kurkumin, sementara itu sisanya mengkonsumsi kapsul plasebo. Dan selama rawat inap dirumah sakit usah membedahan, lebih banyak diantara pasien dikelompok yang mengkonsumsi plasebo terkena serangan jantung dari pada pasien dari kelompok yang mengkonsumsi kurkumin.

    Dari penelitian diatas, maka dapat kita simpulkan kandungan antioksidan dan juga anti radang dalam kukumin mampu mengurangi serangan jantung sebanyak 65 persen.

  3. Membantu Menghambat Penyakit Diabetes
    Kurkumin telah terbukti mampu mencegah munculnya diabetes tipe 2 pada orang orang yang memiliki kemungkinan untuk terkena diabetes atau pradiabetes, dan menurut sebuah penelitian yang dilaukan pada tahun 2012, dan selama sembilan bulan, peserta peneliti tersebut ada yang diberikan kapsul kurkumin serta ada juga yang diberikan kapsul plasebo. Namun hasilnya lebih dari 16 pesen bagi orang orang yang mengkonsumsi pil plasebo didiagnosis dengan diabetes tipe dua diakhir penelitian tersebut. Dan bagi orang orang yang mengkonsumsi kapsul kurkumin tidak terkena diabetes.
  4. Mencegah kanker
    Meskipun penelitian terhadap manusia masih belum berkembang, namun penelitian dilabolatorium dan penelitian pada hewan sudah memerlihatkan efek efek positif dari  kurkuming guna mencegah kanker. Dan menurut American Cancer Society, kurkumin yang terkandung dalam kunyit ini mampu menghambat perkembangan dan juga penyebaran kanker. Tidak hanya itu kurkumin juga bisa membunuh sel sel kanker sebagaimana yang telah dilakukan dilabolatorium, mengecilkan tumor, dan juga meningkatkan efek kemoterapi.
  5. Bantu Melindungi Otak
    Turmerone aromatik atau juga ar turmerone mungkin tidak sepopuler kurkumin. namun ar tumerone yang terdapat dalam kunyit ini mampu memperbaiki sel sel batang diotak. Seperti dalam sebuah penelitian baru baru ini, terlihat bahwa ar tumerone memiliki potensi guna digunakan sebagai pengobatan bagi orang orang yang sedang menderita penyakit neurodegenerative seperti stroke dan juga alzheimer’s
  6. Mencegah Nyeri Sendi
    Manfaat Besar Dari Tanaman Rempah Kunyit  yang selanjutnya yaitu untuk suplemen atau vitamin yang terbuat dari ektrak kunyit ternyata bisa berfungsi layaknya ibuprofen yang biasa kita gunakan sebagai obat oleh seorang pasien dengan kondisi penyakit osteoartritis lutut

Dari hasil pembahasan diatas, kunyit ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Namun ada baiknya bila anda ingin mengkonsumsi suplemen yang terbuat dari ektrak kunyit, maka berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Karena kondisi tubuh serta riwayat kesehatan anda menjadi penentu menganai aman tidaknya anda mengkonsumsi suplemen tersebut.

Mengenal 6 Manfaat Besar Dari Tanaman Rempah Kunyit Mengenal 6 Manfaat Besar Dari Tanaman Rempah Kunyit
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Herbal TV – Kunyit yang selama ini  dikenal sebagai salah satu bahan pelengkap makanan yang juga memiliki cita rasa dan warna khas. Kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja, namun masyarakat juga sering...
Tanaman Obat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *