Mengenal Fakta Maag Kambuh yang Disebabkan Stress

Fakta Maag Kambuh yang Disebabkan Stress – Penyakit maag yang dapat dialami oleh pria maupun wanita ini pada umumnya memang sering kali terjadi karena pola makan yang tidak teratur. Akan tetapi fakta gangguan kesehatan yang pada datanya lebih banyak dialami oleh perempuan ini dapat juga dipicu oleh berbagai faktor lainnya seperti disebabkan oleh kafein, alkohol, stress dan lain sebagainya. Terkait akan hal ini maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Mengenal Fakta Maag Kambuh yang Disebabkan Stress.

Mengenal Fakta Maag Kambuh yang Disebabkan Stress

Mengenal Fakta Maag Kambuh yang Disebabkan Stress

Guna mengetahui lebih jauh mengenai bagaimana stress ini dapat menjadi faktor penyebab penyakit maag serta mengapa keduanya dikaitkan, maka Anda dapat menyimak ulasan mengenai lambung terlebih dahulu.

Salah satu organ pencernaan yaitu lambung yang mempunyai keadaan sehat pada umumnya mempunyai mucous barrier. Ini merupakan penghalang lendir yang berfungsi dalam mencegah asam lambung untuk melakukan kontak langsung dengan lapisan permukaan organ lambung. Dan pada dinding lambung ini, sel sel lendir dan juga kelenjar lambung akan memproduksi lendir yang secara terus menerus. Lendir yang dihasilkan inilah yang berfungsi guna melindungi lambung.

Sifat mucous barrier atau lendir yang bertindak melapisi dinding lambung ini mempunya sifat kebalikan dengana asam lambung. Asam lambung mampunyai sifat perusak sedangkan untuk lendir bersifat penyembuh. Dengan kedua sifat inilah, maka muncul sistem keseimbangan pada organ lambung. Dan pelru untuk diketahui bahwa sel sel dinding lambung ini bisa mempengaruhi diri saat terjadinya kerusakan pada sel dinding lambung.

Dan saat sistem kesiembangan kedua unsur didalam organ lambung ini terganggu atau tidak bisa berjalan dengan baik, maka lapisan lendir yang melindungi dinding lambung akan dikalahkan oleh asam lambung. Sebagai akibatnya seseorang bisa saja mengalami maag atau asam lambung berlebih.

Lantas mengapa sistem keseimbangan dalam organ lambung ini bisa untuk terjadi. ?

Dan salah satu penyebabnya yaitu adanya kenaikan produksi asam almbung sehingga lendir dinding lambung kalah oleh asam lambung yang meningkat.

Stress inilah salah satu penyebab peningkatkan produksi asam lambung. Dan tidak hanya itu, stress juga dapat menyebabkan sensitifitas otak terhadap rasa nyeri yang menjadi ikut meningkat. Karena hal ini rasa nyeri pada ulu hati yang diakibatkan oleh asam lambung akan bisa dirasakan oleh mereka yang memang sedang kambung penyakit maagnya. Bahkan asam lambung atau maag ini juga bisa terasa amat menyakitkan bagi seseorang yang sedang stress.

Selain ada keterkaitan antara stress dengan peningkatan asam lambung yang dapat memperparah kondisi maag, stress ini juga bisa mengakibatkan penyakit maag dikarenakan uraian berikut ini :

Stress pada seseorang bisa menyebabkan terjadinya penurunan kadar hormon prostaglandin. Hormon ini merupakan hormon yang berperan dalam memperkuat mucous barrier pada dinding lambung. Dan saat terjadinya penurunan hormon postaglandin, maka lapisan lendir dinding lambung ikut menjadi lemah sehingga akan kalah dengan asam lambung yang justru meningkatkan produksinya akibat dari faktor stress.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa stress ini bisa menyebabkan maag melalui 2 sisi, yaitu dari melemahnya mucous barrir dan juga peningkatan asam lambung.

Mengenal Fakta Maag Kambuh yang Disebabkan Stress Mengenal Fakta Maag Kambuh yang Disebabkan Stress
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Fakta Maag Kambuh yang Disebabkan Stress – Penyakit maag yang dapat dialami oleh pria maupun wanita ini pada umumnya memang sering kali terjadi karena pola makan yang tidak teratur. Akan tetapi fakta gangguan kesehatan...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *