Mengenal Jenis Penyakit Gigi dan Gusi Untuk Diwaspadai

Gigi merupakan bagian tubuh yang penting. Selain untuk mempercantik diri, gigi juga berperan penting bagi sistem penernaan kita. Ludah dan gigi yang terdapat di alam mulut berfungsi untuk melumatkan makanan supaya lambung dan usus dapat bekerja lebih mudah dan lebih baik. Mulut dan tenggorokan juga mengandung sel imun yang sangat berguna bagi tubuh. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan tenggorokan. Bila mulut kita bersih, maka makanan yang akan masuk ke dalam usus pun akan ikut bersih, namun apabila mulut kita kotor dan penuh kuman, maka hal tersebut akan berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh kita.

Adapun penyakit-penyakit yang dapat menjadi masalah pada gigi kita diantaranya ialah :

Abses Gigi

Bila anda terkena penyakit abses gigi, biasanya anda akan merasa demam, bau mulut, gusi merah dan rasa tidak nyaman karena nanah. Nanah yang terdapat pada bagian dalam gigi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Bila terdapat rongga pada gigi anda maka, harus segera diobati supaya kedepannya tidak terjadi abses gigi. Pengobatan abses biasanya dengan melakukan pemersihan abses. Bila sudah sedemikian parah maka akan dilakukan pencabutan gigi. Bila tidak diobati maka hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Gigi Berlubang

Gigi menjadi berlubang biasanya disebabkan oleh asam yang dihasilkan oleh bakteri pada gigi. Bakteri tersebut biasanya terdapat pada plak gigi yang jarang dibersihkan. Oleh karena itu sangat penting untuk menyikat gigi dengan benar supaya plak gigi tidak terbentuk dan bakteri tidak bersarang pada plak tersebut. Asam yang dikeluarkan oleh bakteri tersebut mampu merusak lapisan enamel gigi hingga membuat gigi berlubang.

Alveolar Osteitis

Penyakit lainnya yang dapat menyerang gigi ialah alveolar osteitis atau biasa disebut sebagai dry socket. Dry socket ini hanya bersifat sementara. Penyakit sementara ini muncul sebagai efek lanjutan dari pencabutan gigi permanen. Bila gigi dicabut secara permanen maka tulang rahang dan daerah sekitar akan mengalami sakit yang luar biasa. Kondisi ini menyerang sekitar dua puluh persen pada orang-orang yang mencabut giginya secara permanen.

Gingivitis

Penyakit umum lainnya yang dapat menyerang gigi dan gusi ialah gingivitis atau lebih dikenal dengan sebutan radang gusi. Radang gusi terjadi akibat menumpuknya bakteri maupun plak pada gigi. Penyakit ini biasanya disertai oleh gusi berdarah, bau mulut, gusi bengkak dan terasa sangat sakit. Radang gusi sendiri disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan di area gigi.

Xerostomia

Xerostomia sendiri merupakan sebutan untuk kondisi dimana mulut menjadi sangat kering karena produksi ludah yang sedikit. Kondisi ini dapat muncul karena adanya pengobatan penyakit seperti diabetes dan HIV.

Gigi Sensitif

Ada banyak orang yang mengalami gigi sensitif. Gejalanya muncul saat anda mengonsumsi makanan manis, panas, dingin maupun makanan asam. Gigi sensitif muncul karena adanya lubang kasat mata pada gigi yang mempengaruhi syaraf dalam gigi.

Itulah beberapa penyakit yang dapat menyerang gigi dan gusi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan gusi setiap saat. Anda juga dapat memanfaatkan trik membersihkan plak berikut ini :\

 

Mengenal Jenis Penyakit Gigi dan Gusi Untuk Diwaspadai Mengenal Jenis Penyakit Gigi dan Gusi Untuk Diwaspadai
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gigi merupakan bagian tubuh yang penting. Selain untuk mempercantik diri, gigi juga berperan penting bagi sistem penernaan kita. Ludah dan gigi yang terdapat di alam mulut berfungsi untuk melumatkan makanan supaya lambung dan usus...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *