Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Leukimia

Penyakit leukimia singkatnya merupakan kanker pada sel-sel darah. Sel-sel darah yang terinfeksi biasanya merupakan sel-darah putih yang diproduksi di sumsum tulang belakang. Pada kondisi normal, sel darah putih berfungsi untuk melawan infeksi pada tubuh namun pada kondisi abnormal leukimia, sel darah putih berkembang dengan pesat bahkan sangat banyak sehingga menghalangi sel darah normal lain dan mengacaukan lalu lintas oksigen dalam darah. Sel darah putih yang abnormal tidak mampu lagi melawan infeksi-infeksi yang menyerang tubuh. Pada penyakit leukimia, sel darah putih tersebut selain menumpuk juga dapat menyebar ke berbagai organ vital dalam tubuh sehingga dapat mengganggu kinerjanya.

penyakit leukimia

Jenis-Jenis Penyakit Leukimia

Leukimia atau kanker darah secara umum dapat dibedakan menjadi leukimia akut dan leukimia kronis. Pada leukimia kronis, sel darah putih berkembang perlahan dan pasti dalam jangka waktu yang cukup panjang sedangkan leukimia akut, sel darah putih berkembang secara cepat dalam jangka waktu yang singkat. Karena cepatnya sel darah yang berkembang, leukimia akut lebih mudah terdeteksi pada masa-masa awal. Adapun gejalanya yaitu penderita akan mengalami kelelahan, mudah sakit, kekebalan tubuh menurun dan memar. Leukimia kronis sulit dideteksi pada masa-masa awal namun akan terasa gejalanya setelah bertahun-tahun. Leukimia juga terbagi menjadi dua jenis bila dilihat dari jenis sel darah putih yang terserang. Sebut saja leukimia mieloid dan leukimia limfotik.

Penyakit Leukimia secara spesifik terbagi menjadi empat kategori yaitu sebagai berikut :

  1. Leukimia Limfotik Akut – merupakan satu jenis leukimia yang paling sering menyerang anak-anak. Leukimia jenis ini juga dapat menyerang orang dewasa tanpa terkecuali. Dalam penyakit leukimia jenis ini, sel limfoid yang belum matang berkembang secara berlebihan dan pesat dalam darah.
  2. Leukimia Mieloid Akut – merupakan jenis leukimia yang terjadi disebabkan oleh berlebihannya sel mieloid yang berkembang. Jenis leukimia ini secara umum dapat menyerang baik dewasa maupun anak-anak.
  3. Leukimia Limfotik Kronis – merupakan kanker sel limfoid yang terus berkembang secara perlahan-lahan. Penyakit ini diketahui setelah beberapa tahun diserang. Leukimia jenis ini jarang menyerang anak-anak namun banyak diderita oleh orang tua diatas 55 tahun.
  4. Leukimia Mieloid Kronis – merupakan leukimia mieloid yang tumbuh perlahan dan menyerang orang dewasa.

Penyebab Leukimia

Sebenarnya, penyebab pasti adanya penyakit leukimia sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Yang telah diketahui hanyalah penyakit ini terjadi berdasarkan pengaruh lingkungan dan juga faktor keturunan. Dalam penyakit leukimia, terjadi mutasi DNA yang menyebabkan sel darah rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Meskipun penyebabnya secara pasti belum diketahui namun ada beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan peluang terkena penyakit tersebut. Faktor resiko tersebut diantaranya ialah sering terpapar bahan kimia sehari-hari, terutama seseorang yang bekerja dekat dengan radiasi yang kuat seperti atom nuklir dan benzene. Orang yang pernah menjadi korban bom atom maupun keturunannya juga memiliki faktor resiko leukimia. Merokok juga dapat meningkatkan peluang terkena penyakit leukimia. Selain itu, kemoterapi juga bisa menjadi faktor resiko penyakit ini.

Gejala Leukimia Akut

Beberapa gejala leukimia yang dapat dirasakan diantaranya ialah sering mengalami pendarahan dan mudah memar di kulit. Gejala lainnya yaitu sering mengalami infeksi, kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, sakit punggung maupun sendi-sendi punggung, sering berkeringat di malam hari, sering demam, kelelahan, sakit dibagian abdomen, dan atau bengkak di bagian limfa.

Untuk perawatan dan pengobatan penyakit leukimia biasanya menggunakan kemoterapi, terapi menggunakan radiasi maupun operasi transplantasi sumsum tulang belakang.

Baca Juga : Cara Membedakan Penyakit Kanker Usus Besar dan Wasir

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Leukimia Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Leukimia
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyakit leukimia singkatnya merupakan kanker pada sel-sel darah. Sel-sel darah yang terinfeksi biasanya merupakan sel-darah putih yang diproduksi di sumsum tulang belakang. Pada kondisi normal, sel darah putih berfungsi untuk melawan infeksi pada tubuh...
Berita - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *