Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Liver

Penyakit liver atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit hati diderita oleh cukup banyak orang di Indonesia. Organ hati merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh. Terdapat banyak proses yang dilakukan oleh hati mulai dari pembekuan darah, produksi sejumlah protein, mengatur metabolisme tubuh dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, saat organ hati mulai rusak, maka dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lain. Seseorang yang terkena penyakit liver atau penyakit hati pada dasarnya mengalami gejala-gejala seperti mual dan muntah, berat badan yang berkurang secara drastis, sakit perut kanan atas, badan terasa lemah,  dan lesu serta yang paling khas ialah warna kulit yang berubah menjadi kekuningan.

gejala penyakit liver hati

Penyebab Penyakit Liver

Penyakit hati sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan oleh rusaknya organ hati. Bila organ ini rusak, maka tubuh pun akan ikut rusak dikarenakan hati memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Penyakit hati ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan hati dan mengganggu fungsi kerjanya yaitu penyakit hepatitis, terjadinya kolestasis yaitu suatu kondisi dimana aliran empedu terhambat, lalu adanya steatosis dimana lemak-lemak terakumulasi di hati, bahan-bahan kimia berbahaya dan juga sel kanker. Selain penyebab-penyebab diatas, ada satu penyebab lain yang paling banyak menyebabkan kerusakan pada jaringan hati. Penyebab itu ialah sering meminum alkohol.

Berdasarkan sebuah data disebutkan bahwa alkohol menjadi penyebab utama kerusakan hati di daerah Amerika Utara. Pada dasarnya, alkohol merupakan racun bagi jaringan hati. Alkohol dapat secara langsung merusak jaringan hati dan dapat menyebabkan inflamasi hati. Selain alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu secara terus menerus juga bisa mengakibatkan kerusakan organ hati. Contohnya, terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan jenis acetaminophen dapat menyebabkan gagalnya fungsi hati. Obat-obatan statin untuk mengurangi kadar kolesterol juga bisa mengakibatkan kerusakan hati bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Selain penyakit-penyakit dan obat-obatan, virus juga bisa mengakibatkan kerusakan hati. Biasanya, virus yang bisa menyebabkan inflamasi pada organ hati dinamakan Hepatitis. Hepatitis sendiri terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya Hepatitis A, Hepatitis B dan juga Hepatitis C, Hepatitis D dan juga Hepatitis E. Semua virus tersebut dapat merusak jaringan hati.

Pencegahan Penyakit Liver

Penyakit liver dapat diturunkan resikonya dengan menjauhi berbagai macam faktor resiko. Pertama, kita harus menjauhi konsumsi alkohol karena alkohol sangat merugikan organ hati. Melakukan vaksin hepatitis juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit ini. Selanjutnya, hindari mengkonsumsi obat-obatan yang dapat merusak hati dalam jangka panjang kecuali atas saran dari dokter. Jaga pola hidup yang sehat, jauhi makanan-makanan instan dan rajin berolahraga.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Liver Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Liver
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyakit liver atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit hati diderita oleh cukup banyak orang di Indonesia. Organ hati merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh. Terdapat banyak proses yang dilakukan oleh hati mulai...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *