3 Obat Tradisional Batu Ginjal Alami Terbaik

Batu ginjal merupakan penyakit yang cukup menyakitkan. Hal ini dikarenakan adanya suatu material keras yang terbentuk dalam organ ginjal. Material tersebut menyerupai batu yang kasar. Material ini sebenarnya hanya berasal dari sisa-sisa limbah penyaringan ginjal yang mengendap dan tidak dikeluarkan. Pada akhirnya, material-material tersebut mengkristal dan berubah menjadi seperti batu. Secara umum, ada empat jenis batu ginjal yang berbeda yaitu batu asam urat, kemudian batu sistin, lalu batu struvit dan terakhir batu kalsium. Adapun gejala yang mengiringi penderita batu ginjal diantaranya ialah sakit daerah pinggang dan sekitarnya, mual, air kencing keruh, badan menggigil, terasa lemah dan juga demam. Terkadang, air kencing juga bisa bercampur dengan darah apabila batu ginjal tersangkut didalam saluran kencing dan menyebabkan luka.

Pengobatan untuk penyakit batu ginjal bervariasi tergantung ukuran batu tersebut. Bila ukurannya masih kecil maka dapat disembuhkan dengan cara meminum air putih yang banyak. Namun, bila ukurannya sudah melebihi saluran air kencing, maka harus dilakukan tindakan medis. Selain cara medis, sebenarnya ada beberapa obat tradisional batu ginjal yang dapat digunakan. Adapun obat tradisional batu ginjal yang dimaksud yaitu sebagai berikut :

1. Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing dikenal efektif dalam melarutkan batu ginjal berkalsium. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BATAN Pemerintah Indonesia diketahui bahwa daun kumis kucing dapat melarutkan batu ginjal berkalsium lebih baik daripada daun tempuyung. Selain dapat melarutkan kalsium pada batu ginjal, kumis kucing ini juga bersifat diuretik yang sangat baik untuk para penderita batu ginjal.

2. Daun Tempuyung

Obat tradisional batu ginjal lainnya yang telah teruji pada berbagai penelitian adalah daun tempuyung. Daun tempuyung memiliki esktrak etanol yang dapat menghancurkan batu ginjal. Daun tempuyung juga memiliki kandungan flavonoid yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat. Batu ginjal asam urat dan batu ginjal berkalsium dapat dikikis menggunakan daun tempuyung ini.

3. Daun Keji Beling

Selain daun kumis kucing dan daun tempuyung, daun keji beling juga dapat digunakan untuk melarutkan batu ginjal berkalsium. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan secara in vitro.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat tradisional batu ginjal. Ketiga bahan tersebut sangat mudah didapatkan di Indonesia terutama didaerah pegunungan.

Baca Juga : Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal

3 Obat Tradisional Batu Ginjal Alami Terbaik 3 Obat Tradisional Batu Ginjal Alami Terbaik
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Batu ginjal merupakan penyakit yang cukup menyakitkan. Hal ini dikarenakan adanya suatu material keras yang terbentuk dalam organ ginjal. Material tersebut menyerupai batu yang kasar. Material ini sebenarnya hanya berasal dari sisa-sisa limbah penyaringan...
Tanaman Obat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *