Pengobatan Depresi : Cara Mengatasi Depresi Secara Alami

Depresi merupakan sebuah penyakit yang menyerang mental secara berkelanjutan. Di dunia ini, ada banyak orang yang mengalami depresi. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO, disebutkan bahwa lebih dari 300 juta orang menderita depresi dan setiap hari ada orang melakukan bunuh diri karena depresi. Rendahnya kepedulian masyarakat sekitar pada penderita menyebabkan depresi menjadi lebih buruk. Sebenarnya, pengobatan depresi sendiri tidaklah sulit. Pengobatan depresi tergantung seberapa kuat kemauan penderita dan faktor dukungan dari pihak keluarga maupun teman terdekat. Penyakit mental ini dapat memicu dan memperparah penyakit-penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Depresi juga dapat memicu penyakit diabetes dan penyakit tidak menular lainnya.

pengobatan depresi

Saat seseorang mengalami depresi, orang terdekat haruslah membantunya dan membangun kembali kepercayaan dirinya. Jangan pernah ragu dan malu untuk berkonsultasi pada psikolog. Tinggalkan stigma-stigma negatif tentang konsultasi pada psikolog. Wanita lebih rentan terkena depresi dibandingkan pria terlebih setelah wanita melahirkan. Oleh karena itu, peran suami sangat dibutuhkan disini. Depresi juga lebih sering menyerang pada usia produktif manusia.

Pengertian Depresi

Depresi sendiri merupakan sebuah gangguan perasaan yang berlangsung cukup lama. Adapun gangguan perasaan yang dialami oleh orang depresi diantaranya adalah kehilangan minat hidup, kehilangan ketertarikan pada banyak hal, sering merasa bersalah pada diri sendiri maupun orang lain, kurang percaya diri, waktu tidur dan nafsu makan terganggu dan sangat sulit untuk berkonsentrasi. Depresi sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu depressive dissorder (unipolar) dan manic depressive (bipolar).

Gejala & Diagnosa Depresi

Berbeda dengan stress, depressi berlangsung lebih lama dan lebih intens. Ada tiga faktor yang harus diperiksa guna mendiagnosa depresi yaitu faktor medis, faktor psikis dan juga faktor konsumsi alkohol maupun obat terlarang. Rasa depresi biasanya berlangsung berbulan-bulan (lebih dari dua bulan) dan disertai dengan keinginan untuk mengakhiri hidup, merasa tidak berguna, dan lain sebagainya. Gejala dan tanda gangguan depresi dapat dilihat dari faktor-faktor berikut ini :

  1. Berat badan mulai berkurang atau bertambah secara drastis disertai dengan anomali nafsu makan
  2. Tidak tertarik melanjutkan hidup
  3. Tidak tertarik dan tidak perduli pada semua hal disekitar
  4. Setiap harinya, selalu merasa tertekan, bimbang dan depresi
  5. Sulit untuk tidur tepat waktu, sering mengalami insomnia yang mengganggu
  6. Mengalami gangguan psikomotor
  7. Mengalami penurunan daya ingat
  8. Tertarik/Terfikir untuk bunuh diri berulang kali
  9. Merasa lelah dan tidak berenergi
  10. Merasa tidak berguna

Pengobatan Depresi Secara Alami

Seperti halnya penyakit fisik, penyakit mental juga dapat diobati dengan berbagai macam cara. Salah satu cara paling ampuh untuk sembuh dari depresi adalah dengan menggunakan terapi psikoreligius yaitu benar-benar mendekatkan diri pada Yang Maha Menciptakan disertai mensyukuri segala nikmat yang masih ada pada diri mulai dari nikmat melihat, nikmat berjalan, nikmat mendengar dan masih banyak lagi. Terapi psikoreligius berbeda-beda sesuai dengan keyakinan masing-masing. Adapun cara lain yang dapat digunakan sebagai tambahan yaitu sebagai berikut :

  1. Memahami semua penyebab depresi lalu mencari solusi untuk mengatasinya bersama orang terkasih
  2. Membicarakan semua keluh kesah pada orang terdekat, jika anda tidak memiliki orang terdekat sama sekali, anda dapat membicarakan semua keluh kesah anda pada Yang Maha Esa.
  3. Perbanyak melakukan aktivitas ringan seperti olahraga, berjalan dengan hewan peliharaan atau bahkan mulai memelihara hewan peliharaan lucu dirumah.
  4. Bangun pagi juga dapat dilakukan untuk mengurangi gejala depresi anda. Bangun pada waktu fajar lalu berjalan keluar rumah menghirup udara segar pagi disertai kerlap-kerlip lampu akan menenangkan pikiran anda
  5. Memperbanyak senyum dan pergi jalan-jalan keluar rumah juga akan sangat membantu
  6. Membaca ataupu menggambar juga dapat mengurangi gejala depresi tersebut
  7. Mainlah ke panti asuhan, maupun daerah-daerah kumuh. Lihatlah betapa bahagianya hidup sederhana mereka meski tidak memiliki apa-apa.

Cobalah tarik nafas dalam dalam lalu ingat kembali hal terindah yang pernah terjadi dalam hidup anda. Kemudian hitunglah berapa banyak nikmat Tuhan yang anda miliki namun orang lain tidak memilikinya. Bersyukur merupakan kunci utama untuk memiliki kebahagiaan hidup.

Baca Juga : Apa Itu Demensia dan Alzheimer ?

Pengobatan Depresi : Cara Mengatasi Depresi Secara Alami Pengobatan Depresi : Cara Mengatasi Depresi Secara Alami
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Depresi merupakan sebuah penyakit yang menyerang mental secara berkelanjutan. Di dunia ini, ada banyak orang yang mengalami depresi. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO, disebutkan bahwa lebih dari 300 juta orang menderita depresi...
Gaya Hidup Informasi Kesehatan Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *