Mengenal Lebih Jauh Penyakit Mata Katarak

Katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan paling tinggi di Indonesia maupun di dunia. Penyakit katarak merupakan suatu kondisi kekeruhan lensa internal mata yang mengakibatkan menurunnya kemampuan penglihatan secara drastis. Saat seseorang terkena penyakit katarak, terkadang orang tersebut tidak menyadarinya dikarenakan katarak ini tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Katarak ini bersifat progresif dimana perlahan-lahan mata akan semakin memburuk bahkan hingga menyebabkan kebutaan. Kebanyakan penedrita katarak adalah orang-orang yang sudah berumur senja, namun tidak menutup kemungkinan katarak ini diderita pula oleh anak muda. Katarak sendiri lebih sering muncul di perkotaan dibanding pedesaan.

Pada mata normal, saat cahaya memasuki mata, maka cahaya tersebut akan langsung difokuskan ke retina, namun pada mata yang terkena katarak, cahaya sulit untuk menembus lensa mata dikarenakan terhalang awan katarak sehingga cahaya yang masuk tidak sempurna bahkan pada sebagian kasus cahaya tidak dapat masuk sama sekali. Penyakit katarak bisa disembuhkan dengan jalan operasi. Biaya untuk melakukan operasi katarak relatif murah dan untungnya bisa ditanggung oleh BPJS.

Ciri-Ciri Penyakit Mata Katarak

Ciri ciri yang dapat menjadi pertanda adanya katarak pada mata diantaranya ialah keburaman penglihatan. Berbeda dengan rabun jauh yang buram saat melihat benda jauh atau rabun dekat yang buram saat melihat benda dekat, seseorang yang terkena katarak mengalami keburaman pada setiap jarak penglihatan baik itu jauh maupun dekat. Selain buram, objek yang dilihat juga bisa terlihat berkabut atau berawan. Ciri kedua ialah mata yang terlalu sensitif terhadap cahaya, bahkan lampu diruangan pun sangat tidak nyaman bagi penderita katarak. Selain ciri-ciri diatas, saat penderita katarak melihat objek dengan satu mata, maka objek tersebut akan terlihat ada dua secara samar.  Penderita katarak juga mengalami perubahan penglihatan pada warna.

Sampai saat ini, penyebab munculnya katarak pada mata belum dapat ditemukan secara pasti, namun ada beberapa faktor resiko yang dapat mempengaruhi tingginya peluang terkena katarak yaitu merokok, komplikasi penyakit diabetes, trauma pada mata, radiasi pada mata, sering mengonsumsi alkohol dan sebagainya.

Mengenal Lebih Jauh Penyakit Mata Katarak Mengenal Lebih Jauh Penyakit Mata Katarak
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan paling tinggi di Indonesia maupun di dunia. Penyakit katarak merupakan suatu kondisi kekeruhan lensa internal mata yang mengakibatkan menurunnya kemampuan penglihatan secara drastis. Saat seseorang terkena penyakit katarak,...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *