Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Rubella Atau Campak Jerman

Penyakit rubella atau disebut juga dengan sebutan campak jerman merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang cukup menular. Pada awalnya orang-orang mengira penyakit rubella ini sama dengan penyakit campak biasa sehingga penanganannya juga hampir sama dengan campak. Padahal penyakit campak dan rubella merupakan penyakit yang berbeda meskipun gejalanya sedikit mirip. Pada tahun 1814 di Jerman barulah diketahui bahwa penyakit rubella berbeda dengan campak pada umumnya. Oleh karena itu, penyakit rubella sering dikenal sebagai penyakit campak jerman. Nama Rubella diambil dari bahasa latin yang artinya adalah sedikit kemerahan.

penyakit rubella

Bahaya Penyakit Rubella atau Campak Jerman

Penyakit rubella disebabkan oleh virus menular bernama virus RNA. Virus ini biasanya menyerang anak-anak. Virus ini dapat hilang dengan sendirinya dalam 3 hari. Namun, bila seorang anak telah terserang penyakit rubella, virus RNA tersebut dapat menular melalui udara pada orang-orang disekitarnya. Virus RNA akan menjadi sangat berbahaya jika menular pada orang yang sedang hamil muda trimester pertama. Bila orang hamil tertular virus RNA, maka janinnya akan beresiko terkena cacat fisik dan beresiko mengalami keguguran. Bayi yang lahir nantinya beresiko mengalami kebutaan, cacat jantung, kelainan kecerdasan dan lainnya. Oleh karena itu penyakit ini sangat berbahaya bagi para ibu hamil.

Seorang anak yang terjangkiti penyakit Rubella, tidak akan mengalami gejala apapun selama dua minggu pertama virus masuk. Namun, pada saat itu, virus bisa saja sudah menular kemana-mana. Siapa saja bisa dengan mudah terkena penyakit Rubella terutama anak-anak dan ibu hamil muda. Anak-anak dan Ibu hamil muda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah. Maka dari itu, sebelum merencanakan kehamilan, seorang ibu disarankan untuk melakukan imunisasi Rubella. Melakukan imunisasi pada anak-anak juga dapat membantu menghentikan rantai penyebaran virus tersebut.

Virus rubella sangat jarang ditemukan pada negara-negara yang telah menerapkan imunisasi rutin Rubella. Diantaranya seperti negara-negara Eropa, Australia, Amerika, Malaysia, Singapura, Saudi Arabia dll. Negara-negara asia lain seperti Indonesia, India dan China masih rentan terhadap penyakit ini. Adapun gejala-gejala penyakit Rubella diantaranya ialah demam, hidung terasa gatal, ruam-ruam kemerahan pada wajah dan leher, mata berair dan nyeri sendi. Gejala-gejala ini biasanya hanya berlangsung selama dua sampai tiga hari. Adapun pengobatan untuk anak yang terkena penyakit ini tidak terlalu spesifik, bila terasa nyeri cukup dengan diberikan obat pereda nyeri saja, selanjutnya gejala kan hilang secara cepat dan komplit. Bila ibu hamil yang terkena Rubella, maka wajib untuk memeriksakan diri ke dokter untuk menjaga kesehatan kandungan anda.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Rubella Atau Campak Jerman Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Rubella Atau Campak Jerman
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyakit rubella atau disebut juga dengan sebutan campak jerman merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang cukup menular. Pada awalnya orang-orang mengira penyakit rubella ini sama dengan penyakit campak biasa sehingga penanganannya juga...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *