Penyebab Gagal Ginjal Yang Harus Kamu Ketahui

Setiap bagian tubuh memiliki tugas pentingnya masing-masing termasuk ginjal. Ginjal merupakan organ yang sangat penting mengingat setiap organ terintegrasi dan terkait satu sama lain. Bila ginjal rusak, maka bagian tubuh yang lain juga akan ikut rusak. Ada banyak penyakit yang dapat menyerang ginjal, salah satunya adalah gagal ginjal. Secara garis besar, ginjal berfungsi untuk menyaring dan kemudian membuang sampah-sampah yang terdapat dalam darah. Ginjal juga berfungsi untuk mengonsentrasi cairan tubuh.

cir-r gagal gnjal awal

Ginjal secara langsung tersambung dengan saluran urine kita. Oleh karena itu, bila ada kelainan pada ginjal bisa segera terdeteksi dengan mengetahui jenis urine kita seperti pada video dibawah ini :

Fungsi ginjal sangatlah penting untuk mengontrol unsur utama dalam tubuh manusia yaitu air. Ginjal juga menerima dan mengirim aliran darah ke jantung. Gagal ginjal dapat disebabkan oleh beberapa hal baik itu dari kecelakan fisik maupun akibat dari komplikasi penyakit lain. Bila seseorang terkena penyakit gagal ginjal pada salah satu ginjal, maka ini bisa disembuhkan melalui perantara operasi. Ginjal yang rusak dapat di disfungsikan sedangkan ginjal yang masih sehat masih bisa berjalan seperti biasa. Namun bila kedua ginjal yang rusak, maka diperlukan donor transplan ginjal. Adapun penyebab spesifik dari gagal ginjal diantaranya ialah :

Penyebab Prerenal

Penyebab gagal ginjal prerenal pada umumnya disebabkan oleh kurangnya darah yang mensuplai ginjal seperti :

  1. Hypovolmia yang disebabkan karna hilangnya darah yang dibutuhkan oleh ginjal secara drastis
  2. Dehidrasi berlanjut juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal, oleh karena itu pastikan untuk mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya
  3. Pengobatan yang berkaitan dengan peningkatan laju urinasi atau diuretik jangka panjang yang bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan
  4. Terdapat gangguan pada pembuluh darah maupun arteri renal yang menyebabkan tidak seimbangnya aliran darah yang keluar dan masuk pada ginjal.

Penyebab Gagal Ginjal Renal

Kerusakan yang terjadi pada gagal ginjal renal adalah kerusakan yang langsung diterima oleh ginjal. Adapun penyebabnya ddiantaranya ialah :

  1. Kelebihan sistem imun saat tubuh terserang infeksi. Memiliki imun yang terlalu banyak dapat mengganggu kinerja ginjal dan bahkan menghentikan fungsinya.
  2. Kerusakan ginjal ini juga bisa disebabkan oleh pengobatan. Beberapa pengobatan jangka panjang yang dapat merusak ginjal diantaranya ialah berbagai obat pereda nyeri seperti naproxen dan juga ibuprofen, lithium, antibiotik jenis tobramicyn dan juga garamicyn serta obat-obatan yang dikenal mengandung iodin
  3. Kerusakan otot tubuh yang bernama rhabdomiolysis dimana otot tersebut melepaskan pigmen mioglobin dalam darah yang bisa menghambah sistem penyaringan ginjal.Kerusakan otot sprti ini bisa disebabkan karena kecelakaan, trauma fisik maupun karena luka terbakar.

Penyebab lainnya diantaranya karena terdapat batu ginjal yang lama tidak diobati, komplikasi penyakit diabetes, darah tinggi yang tidak dirawat secara baik, tumor, kanker prostat dan kerusakan sistem urin lainnya.

Penyebab Gagal Ginjal Yang Harus Kamu Ketahui Penyebab Gagal Ginjal Yang Harus Kamu Ketahui
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Setiap bagian tubuh memiliki tugas pentingnya masing-masing termasuk ginjal. Ginjal merupakan organ yang sangat penting mengingat setiap organ terintegrasi dan terkait satu sama lain. Bila ginjal rusak, maka bagian tubuh yang lain juga akan...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *