Penyebab Kelelahan Saat Bekerja dan Cara Mengatasinya

mengantuk saat bekerjaBekerja merupakan suatu keharusan bagi banyak orang. Setiap hari manusia melakukan rutinitas yang sama. Saat bekerja, diperlukan konsentrasi dan vitalitas yang tinggi. Namun adakalanya para pekerja merasa cenderung kelelahan saat bekerja terutama setelah jam makan siang. Sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab kelelahan bekerja setelah jam makan siang. Bagi seorang pekerja, merasa mengantuk dan lelah saat jam bekerja benar-benar sangat mengganggu. Lelah dan mengantuk setelah jam makan siang dapat terjadi pada sebagian orang yang bahkan memiliki siklus tidur yang baik. Selain kelelahan, sebagian pekerja juga mengalami masalah migrain saat stress pekerjaan menumpuk. Untuk anda yang sering mengalami migrain saat bekerja, anda harus mengetahui dahulu penyebab sakit migrain dan cara mengatasinya.

Penyebab Kelelahan Kerja

Kelelahan yang terjadi setelah jam makan siang dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Jenis kelelahan yang terjadi biasanya kelelahan otot atau fatigue dan rasa kantuk yang luar biasa. Fatigue atau kelelahan yang menyerang para pekerja dapat berupa fatigue akut maupun kronis. Untuk anda yang mengalami gejala kelelahan lebih dari dua minggu, anda sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke Dokter. Adapun penyebabnya yaitu sebagai berikut :

1. Level Hormon yang Terus Berubah

penyebab kelelahan hormon kortisol

Hormon yang mengendalikan energi dan tingkat stress adalah hormon kortisol. Jenis hormon ini merupakan pelengkap dari hormon adrenalin. Secara natural, hormon kortisol dapat meningkat dan menurun secara rutin setiap harinya. Ritme peningkatan dan penurunan hormon kortisol ini bergantung pada gaya hidup setiap orang. Orang yang biasa bekerja pagi sampai sore, maka kadar tertinggi hormon kortisolnya terjadi pada pagi hari sekitar jam 7.00 dan akan terus menurun seiring berjalannya waktu. Untuk orang yang bekerja pada malam hari, kadar hormon kortisol tertinggi terdapat pada malam hari pula dan akan merasa sangat lelah pada pagi harinya disebabkan oleh kadar hormon yang menurun. Untuk anda yang bekerja pada pagi sampai sore hari, bila anda anda sering mengantuk dan merasa sangat lelah setelah jam makan siang, anda disarankan untuk mengambil waktu beristirahat atau tidur siang selama 5 – 10 menit.

2. Kurang Tidur

kurang tidur

Penyebab kelelahan yang kedua yaitu kekurangan tidur. Bila anda memiliki ritme tidur yang kurang baik, maka dapat dipastikan anda akan mengalami fatigue pada siang hari. Orang yang terkena insomnia tidak memiliki cukup istirahat pada malam hari sehingga akan merasa sangat lelah pada siang harinya. Supaya fatigue anda tidak bertambah buruk pada siang hari, anda disarankan agar tidak mengkonsumsi minuman bersoda saat makan siang. Untuk meringankan kelelahan anda, kopi, dark chocolate dan teh merupakan pilihan yang lebih baik.

3. Kadar Darah Terlalu Tinggi atau Terlalu Rendah

insulin kadar gula darah diabetes

Penyebab kelelahan juga dapat disebabkan karena kadar gula darah anda yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Gula darah sendiri dapat meningkat atau menurun berdasarkan makanan yang telah dikonsumsi. Bila anda terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan gula maka kadar gula darah anda akan meningkat pesat. Bila hal ini tidak diiringi dengan kadar insulin yang mencukupi, maka kelelahan akan menyerang anda. Begitupun sebaliknya, bila kadar insulin dalam darah anda tinggi namun kadar gula darah rendah, hal ini juga bisa mendatangkan kelelahan pada anda. Maka dari itu, anda harus mengkonsumsi makanan bernutrisi yang seimbang. Penuhi kebutuhan protein, lemak, vitamin dan karbohidrat secara seimbang.

4. Stress Berlebihan

stress dan kelelahan fatigue

Stress merupakan salah satu penyebab kelelahan yang sering dialami para pekerja. Bila anda sedang mengalami stres, maka hormon kortisol dalam tubuh akan dipacu bekerja secara berlebihan. Hal ini akan membuat tubuh anda kelelahan dan mengantuk. Untuk mengurangi rasa lelah akibat stres, maka anda harus mengatasi penyebabnya dahulu. Jauhi hal-hal yang dapat membuat stress anda memburuk. Dekatkan diri pada hal-hal yang anda cintai. Anda dapat mendekatkan diri pada Tuhan YME. Anda juga dapat berkutat dengan hobi maupun hewan peliharaan anda.

5. Kurang Berolahraga

olah raga golf

Bila anda kurang berolahraga, maka kadar gula darah dalam tubuh menjadi tidak stabil. Hal ini dapat mengakibatkan kelelahan saat anda bekerja. Olahraga juga meningkatkan serotonin yang baik untuk mood anda. Bila anda seorang pekerja yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk pergi berolahraga, anda dapat mengatasinya dengan cara memperbanyak berjalan kaki dikantor. Anda juga dapat menghindari pemakaian lift dan beralih menggunakan tangga. Hal ini dapat memperlancar peredaran darah dari tubuh ke kepala.

Itulah beberapa penyebab kelelahan yang sering terjadi. Dengan mengetahui penyebabnya, maka diharapkan anda dapat mengatasi kelelahan yang terjadi. Namun, bila anda sering mengalami fatigue lebih dari dua minggu berturut-turut padahal anda cukup tidur, maka anda harus memeriksakan diri ke dokter. Kelelahan juga dapat terjadi karena adanya suatu penyakit seperti diabetes, kekurangan zat besi, maupun gangguan sistem kekebalan tubuh. Nah sahabat Herbal TV, setelah membaca penyebab kelelahan saat bekerja, semoga anda dapat mengatasi penyebab-penyebabnya dan menjadi bugar kembali.

Penyebab Kelelahan Saat Bekerja dan Cara Mengatasinya Penyebab Kelelahan Saat Bekerja dan Cara Mengatasinya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bekerja merupakan suatu keharusan bagi banyak orang. Setiap hari manusia melakukan rutinitas yang sama. Saat bekerja, diperlukan konsentrasi dan vitalitas yang tinggi. Namun adakalanya para pekerja merasa cenderung kelelahan saat bekerja terutama setelah jam...
Gaya Hidup - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *